Peradi Gorontalo Layangkan Somasi Kepada Hotman Paris Hutapea

Konten Media Partner
25 April 2022 22:41 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Hotman Paris Hutapea  Foto: Munady
zoom-in-whitePerbesar
Hotman Paris Hutapea Foto: Munady
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Gorontalo - Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) cabang Gorontalo melayangkan somasi terbuka kepada pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.
ADVERTISEMENT
Somasi yang dilayangkan para pengacara muda Gorontalo itu buntut dari pernyataan Hotman Paris kepada Ketua Umum Peradi, Otto Hasibuan yang ia unggah melalui laman media sosial pribadinya. Unggahan itu dinilai telah melukai dan menyinggung serta meresahkan para advokat.
“Dalam peryataannya, Hotman Paris Hutapea mengatakan bahwa Peradi dibawa kepemimpinan Otto Hasibuan tidak sah,” ungkap Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Limboto, Susanto Kadir pada konferensi pers, Senin (25/4).
Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) cabang Gorontalo saat menggelar konferensi pers. Foto: Dok istimewa
Menurut Susanto, pernyataan tersebut tak selayaknya dilontarkan Hotman Paris, sebab Hotman adalah seorang advokat, juga tokoh masyarakat. Ia juga menilai tindakan Hotman Paris tak mencerminkan profesi advokad.
Pasalnya dalam rilis Mahkama Agung menegaskan status Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) tidak berpengaruh dengan putusan MA.
Rongki Gobel, advokat lainnya mengatakan, pernyataan yang bersifat tuduhan, persangkaan menyesatkan maupun kebohongan yang dilontarkan tanpa adanya bukti yang valid merupakan perbuatan melawan hukum. Peradi Gorontalo mendesak Hotman Paris agar meminta maaf atas perilakunya tersebut.
ADVERTISEMENT
“Somasi kepada Hotman Paris Hutapea ini berlangsung di seluruh Indonesia yang dilakukan oleh Advokat Muda Indonesia Bergerak (AMIB),” pungkas Rongki.