News
·
23 Juli 2020 21:40

Lokasi Pembuatan Patung Omprog Gandrung Dikunjungi Seniman dan Budayawan Osing

Konten ini diproduksi oleh Banyuwangi Connect
Lokasi Pembuatan Patung Omprog Gandrung Dikunjungi Seniman dan Budayawan Osing (218330)
View dari Udara Waroeng Kemarang area yang akan dibangun Omprog gandrung Banyuwangi Terbesar
Siang hari Kamis 23 Juli 2020, area persawahan Waroeng Kemarang di Jl. Perkebunan Kalibendo, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah Banyuwangi ramai dikunjungi oleh para seniman dan budayawan Osing Banyuwangi. Tujuan mereka adalah tidak lain yaitu mendukung dan menyemangati rekan seniman pematung rekannya, yaitu Slamet Sugiono yang akrab dipanggil Kang Giono, yang sedang membangun sebuah Patung “Omprog Gandrung” Terbesar, yang akan menjadi panggung terbuka atau Outdoor Stage, tempat pertunjukan kesenian di area persawahan Waroeng Kemarang.
Lokasi Pembuatan Patung Omprog Gandrung Dikunjungi Seniman dan Budayawan Osing (218331)
Owner Warung Kemarang Kang Wowok Memberi Sambutan Tentang Pembangunan Omprog Gandrung.
Sebuah Patung Omprog Gandrung dengan ketinggian 12,5 Meter, dan panggung terbuka dengan lebar 8 Meter sedang dibangun di tempat ini. Diperkirakan sekitar 2 bulan patung akan dapat selesai, ungkap Kang Giono ketika ditanya oleh teman-teman seniman lainnya. Selain Omprog Gandrung, didepannya akan dibangun 3 buah segmen tribun untuk penonton yang berjenjang meninggi dengan atap setengah lingkaran menyerupai Kipas Gandrung. Demikian kata Wowok Meirianto, owner Waroeng Kemarang yang sangat menggemari kesenian Osing dan bahkan juga bisa memainkan dengan piawai semua peralatan musik tradisional Osing ini.
Lokasi Pembuatan Patung Omprog Gandrung Dikunjungi Seniman dan Budayawan Osing (218332)
Kang Sugiono pematung Banyuwangi Yang Akan Mewujudkan Proyek Omprog Terbesar ini
Hadir dalam kunjungan ke lapangan ini adalah Bambang Lukito Sekjen Dewan Kesenian Belambangan (DKB), mengatakan bahwa siapapun orangnya yang akan mengangkat dan mengharumkan Seni Budaya Banyuwangi akan didukung oleh DKB. Khususnya kepada Waroeng Kemarang yang mau mengangkat dan menjadikan Omprog Gandrung, yang adalah merupakan lambang MAHKOTA kebesaran Banyuwangi, sehingga kesenian Gandrung semakin kita banggakan. Budayawan senior Banyuwangi Aeikanu yang ikut hadir juga menyampaikan salut dan Selamat kepada Mas Wowok dan Mbak Ririt (Owner Waroeng Kemarang), atas ide yang sangat kreatif ini, bahwa Patung Omprog terbesar ini akan menambah icon yang dimiliki oleh Waroeng Kemarang selain Rumah Adat Osing (Tikel) terbesar yang telah ada saat ini.
Lokasi Pembuatan Patung Omprog Gandrung Dikunjungi Seniman dan Budayawan Osing (218333)
Seniman & budayawan Banyuwangi Sedang Meninjau Lokasi Yang akan dibangun Omprog Terbesar
Seusai gesah atau bincang-bincang bersama di VIP Room Waroeng Kemarang yang berupa rumah adat tikel terbuka dengan udara segar persawahan, acara dilanjutkan dengan kunjungan para seniman dan budayawan turun dan melihat langsung ke lokasi pembuatan Patung Omprog Gandrung Terbesar ini. Seusai kunjungan, para seniman dan budayawan disuguhi dengan makanan khas syukuran suku Osing Banyuwangi, yaitu sebuah Tumpeng Serakat serta kue Kucur best seller nya Waroeng Kemarang.
Lokasi Pembuatan Patung Omprog Gandrung Dikunjungi Seniman dan Budayawan Osing (218334)
ADVERTISEMENT