News
·
6 Agustus 2020 22:03

Pengrajin Omprog Gandrung (Man Jainik) Tinjau Pembangunan Patung Omprog Terbesar

Konten ini diproduksi oleh Banyuwangi Connect
Pengrajin Omprog Gandrung (Man Jainik) Tinjau Pembangunan Patung Omprog Terbesar (266381)
Man jainik Pengrajin Omprog gandrung Banyuwangi yang di lakoni Sejak Masih Muda
Mendengar kabar di social media tentang adanya Pembangunan Patung Omprog Gandrung besar yang ramai dibicarakan para seniman dan budayawan Osing, Pengerajin Omprog Gandrung ternama (Jainik) dari Cungking, penasaran. Pada hari Kamis 6 Agustus 2020 siang hari ini, mengunjungi langsung ke tempat pembuatan patung Omprog tersebut, tepatnya di Waroeng Kemarang, Jl. Perkebunan Kalibendo, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Datang bersama-sama dengan Jainik adalah juga para seniman Patung, Budayawan Begawan Tjiptoroso, Aekanu, Samsudin Adlawi, dan para seniman-seniman lainnya.
ADVERTISEMENT
Adalah suatu kehormatan bagi kami Waroeng Kemarang, telah beberapakali kedatangan tamu-tamu baik Seniman dan Budayawan, Media, dan Masyarakat yang ingin langsung melihat ke lokasi dan bertanya-tanya tentang perencanaan pembuatan patung Omprog Gandrung ini, kata Wowok Meirianto-Owner Waroeng Kemarang. Patung Omprog Gandrung terbesar yang dikerjakan pematung Slamet Sugiono ini direncanakan adalah setinggi 12 Meter dan diameter 8 Meter dimana didalamnya dan dibagian depannya akan difungsikan sebagai Panggung Terbuka guna menampilkan Kesenian-kesenian Osing Banyuwangi, demikian penjelasan tambahan dari Wowok.
Pengrajin Omprog Gandrung (Man Jainik) Tinjau Pembangunan Patung Omprog Terbesar (266382)
Seniman dan Budayawan Osing Meninjau Lokasi Patung Omprog terbesar
Dalam sambutannya, Jainik menceritakan kisah kehidupannya bahwa, Kerajinan Omprog Gandrung yang dijalani sejak masih muda, mampu mengangkatnya menjadi pengerajin professional, seniman ternama, bahkan produksi Omprog hasil karyanya sampai dikirim ke luar jawa dan Luar Negeri. Keharuman namanya oleh karena kerajinan Omprog ini, sampai-sampai membawa berkah diangkatnya menjadi Pegawai Negri Sipil, di Dinas Pariwisata Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, demikian kata pengerajin Omprog dan Pelatih Tari Gandrung Jainik, yang sangat rendah hati ini. Jainik yakin bahwa Patung Omprog Gandrung terbesar yang sedang dibangun ini juga akan mengangkat martabat Banyuwangi pada umumnya dan khususnya Waroeng Kemarang yang menjadi inisiatornya.
Pengrajin Omprog Gandrung (Man Jainik) Tinjau Pembangunan Patung Omprog Terbesar (266383)
Direktur Radar banyuwangi Samsudin adlawi Turut Hadir Di Waroeng Kemarang
Budayawan Senior Begawan Tjiptoroso juga mengungkapkan dukungannya atas pembangunan patung Omprog Gandrung ini, sambil bercerita tentang filosofi dan sejarah Gandrung. Sambil menitikkan airmata karena emosinya, Begawan bercerita tentang perjalan Gandrung Marsan ketika berjuang melawan penjajah, ketika itu. Begawan menyimpulkan, Omprog Gandrung adalah merupakan sebuah Mahkota, yang diperuntukkan kepada sosok figur atau panutan Pemimpin Banyuwangi, yang mampu membawa kemajuan, perbaikan, kedamaian, serta kemakmuran bagi semua warga masyarakatnya.
ADVERTISEMENT
Usai kunjungan ke lokasi, jamuan Tumpeng Serakat yang adalah merupakan Menu Ucapan Syukur Masyarakat Osing, bersama-sama disantap, di rumah adat Osing (Tikel) yang terletak ditepi Sawah, sambil menghirup udara segar di Waroeng Kemarang. (ww/cakwer)