kumparan
21 Mei 2018 12:50 WIB

Langkah Ganjar Pranowo Prioritaskan Bedah Rumah Veteran Perang

Ganjar Pranowo menyadari pentingnya menghargai sejarah: bahwa kemerdekaan bangsa ini dari belenggu penjajahan bukan suatu hal yang gratis melainkan direbut lewat perjuangan. Kemerdekaan yang telah direbut tidak berarti menyudahi perang. Makanya kemudian bangsa ini berperang untuk mempertahankan kemerdekaan.
ADVERTISEMENT
Dengan menyadari sejarah, maka kepala kita sebagai generasi kini bisa tertunduk mengingat dan merenungi perjuangan di masa kemerdekaan. Perang hingga titik darah penghabisan adalah jalan yang ditempuh demi kemerdekaan.
Dengan kesadaran itu, Ganjar Pranowo berjanji untuk memberikan penghargaan kepada para veteran perang yang ada di Jawa Tengah. Salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh petahana Jawa Tengah ini adalah memprioritaskan program bedah rumah bagi veteran.
Dalam pengetahuan Ganjar Pranowo – yang terbiasa meninjau langsung ke lokasi – rumah-rumah para veteran sudah banyak yang tidak layak. Rumah-rumah itu membutuhkan perhatian dari kita untuk diperbaiki. Oleh sebab itu, Ganjar Pranowo akan bergegas nanti memprioritaskan program bedah rumah ini.
Menurut Ganjar Pranowo, pemerintah tidak boleh diam dalam hal ini. Para veteran ini adalah para pahlawan bangsa, para pejuang yang berkorban untuk kemerdekaan kita. Maka negara tidak mungkin membiarkan rumah para pahlawan-pahlawan perang ini (yang berjasa bagi kemerdekaan).
ADVERTISEMENT
Ketua Legiun Veteran RI Ambarawa, Untung Sidik, mengapresiasi dan mendukung program bedah rumah (dari Ganjar Pranowo) ini. Apa yang dilakukan oleh Ganjar, menurut Untung, dapat dipandang sebagai cara negara peduli kepada nasib veteran.
Dia juga mengungkapkan bahwa di Ambarawa, ada sejumlah veteran yang rumahnya telah dipugar. Dia sangat berterima kasih.
Program bedah rumah para veteran ini memberikan tauladan bagi generasi kini untuk semakin sadar sejarah. Generasi kini perlu menyadari bahwa mereka (para veteran perang) adalah orang-orang yang sudah berjasa di masa lalu. Perang merebut dan mempertahankan kemerdekaan hendaknya menjadi pelajaran dan penghayatan bagi generasi kini.
Program bedah rumah ala Ganjar Pranowo perlu digalakkan nanti. Pertama, seperti disebutkan di atas, hal ini bisa merangsang kesadaran pentingnya menghormati sejarah dan menghormati para pejuang di masa lalu. Dengan menyadari dan menghayati perjuangan di masa lalu, semakin kuat tertanam rasa cinta atas tanah air.
ADVERTISEMENT
Kedua, hal itu juga dapat merangsang kepedulian diri untuk merawat persaudaraan. Dulu rakyat Indonesia bersatu untuk memperjuangkan kemerdekaan. Kesatuan itu juga harus diperkuat juga hari ini agar bangsa ini tidak mudah dipecah belah oleh orang-orang luar. Bangsa ini harus kuat kesatuannya. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.
Meski pun kita sadar bahwa kita adalah bangsa dengan keanekaragaman yang begitu kaya, sepatutnya hal itu tidak menimbulkan gesekan dan kecemburuan yang mengakibatkan persaudaraan menjadi hancur. Para bapak bangsa kita telah mengajarkan kita agar saling menjaga perbedaan ini. Semangat dari bhinneka tunggal ika adalah semangat yang harus terus kuat menggema di hati kita semua.
Ganjar Pranowo – dengan memberi perhatian pada para veteran perang melalui program prioritasnya untuk membedah rumah mereka – dapat menjadi langkah yang positif untuk semakin memperkuat cinta atas tanah air dan persaudaraan yang kuat.
ADVERTISEMENT
Keretakan-keretakan sosial harus segera diatasi
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan