News
·
21 Juni 2021 11:23
·
waktu baca 2 menit

Hewan Kukang Bikin Listrik Pemukiman Warga di Bintan Padam

Konten ini diproduksi oleh BATAMNEWS
Hewan Kukang Bikin Listrik Pemukiman Warga di Bintan Padam (970137)
searchPerbesar
Kukang. (Foto: ist)
Bintan, Batamnews - Seluruh pemukiman masyarakat yang berada di Jalan Nusantara Km 18, Kecamatan Bintan Timur gelap gulita selama 15 menit, Sabtu (19/6/2021). Hal itu dikarenakan terjadinya pemadaman listrik secara mendadak.
ADVERTISEMENT
Salah seorang warga setempat, Putra mengaku kaget listrik di rumahnya mendadak padam 10 menit. Lalu kembali hidup dan padam lagi selama 5 menit. "Lampu di rumah kami tiba-tiba mati. Lalu hidup lagi, mati lagi dan hidup lagi," sebutnya.
Pemadaman listrik secara tiba-tiba itu terjadi sekitar pukul 21.16 WIB. Suasana di sekitar pemukiman yang ditempatinya juga mendadak gelap gulita. Lalu 10 menit kemudian tepatnya 21.27 WIB listrik di rumahnya kembali nyala.
Namun kondisi itu tidak bertahan lama karena 21.39 WIB listrik padam lagi dan 21. 44 WIB hidup kembali. "Kami kawatirkan ini bisa menyebabkan elektronik di rumah menjadi rusak. Jadi kita harapkan PLN bisa segera mengatasinya," katanya.
ADVERTISEMENT
Kepala PLN Rayon Kijang, Laisurani, membenarkan adanya pemadaman listrik secara tiba-tiba di Km 18 arah Kijang. Pemadaman itu terjadi karena ada gangguan jaringan listrik di Penyulang Malaka.
"Sepertinya kabel tegangan menengah yang melintas di sekitar Km 18 mengalami trip/off dari Gardu Induk (GI) Kijang," ujar Laisurani.
Pihaknya telah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekkan jaringan di Jalan Nusantara Km 18. Hasilnya ditemukan adanya masalah yang terjadi pada Penyulang Malaka. "Lokasi tepatnya jaringan yang bermasalah itu di sekitaran RT 4," jelasnya.
Ternyata listrik itu padam karena ada seekor kukang yang memanjat di tiang listrik besar dekat SR Mart. Akibat kukang tersebut, kabel tegangan menengah itu bermasalah sehingga aliran listrik dari GI Kijang mengalami trip.
ADVERTISEMENT
"Kita juga dapat laporan bahwa telah terjadi bunyi ledakan dan bola api besar sebanyak 3 kali di kabel tiang yang dipanjat kukang tersebut. Namun masalah itu sudah teratasi dan listrik kembali teraliri atau menyala," ucapnya.
(ary)
Baca berita lainnya di www.batamnews.co.id
Berita ini pertama kali terbit di