Rasa Bangga Cen Sui Lan sebagai Srikandi Golkar di Hari Perempuan Internasional

Konten Media Partner
9 Maret 2021 13:55
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Provinsi Kepulauan Riau, Cen Sui Lan. (Foto: ist)
zoom-in-whitePerbesar
Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Provinsi Kepulauan Riau, Cen Sui Lan. (Foto: ist)
ADVERTISEMENT
Batam - Sebagai Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar dari daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Kepulauan Riau, Cen Sui Lan saat ini merasa bangga.
ADVERTISEMENT
Cen Sui Lan bangga sebagai perempuan dan jadi Srikandi Golkar, pada momen Hari Perempuan Internasional 2021, Senin (8/3/2021) kemarin.
Sebagai wanita yang terjun ke dunia politik, Cen Sui Lan mengungkapkan siapa dirinya di peringatan International Womens Day 2021 itu.
Cen Sui Lan yang biasa disapa CSL ini tergerak hatinya untuk terjun di politisi, untuk menjawab permasalahan yang terjadi di Provinsi Kepri. Ia pun tak segan mengatakan, banyak masalah kemiskinan dan pembangunan yang belum merata di Provinsi Kepri.
Cen Sui Lan merasa terpanggil untuk mengabdikan diri di DPR RI, supaya bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat dan kemajuan untuk Dapil Kepri.
Karena menurutnya letak Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sangat strategis, berseberangan langsung dengan Singapura dan Malaysia.
ADVERTISEMENT
Namun pembangunan di Kepri dibandingkan dengan negara tetangga itu, sangat bertolak belakang, Cen Sui Lan mengibaratkan bagai langit dan bumi.
“Jadi, saya terpanggil untuk mengabdi di DPR RI, dan berkontribusi untuk kemajuan dapil saya (Kepri),” ucap Cen Sui Lan.
Cen Sui Lan Berjuang
Lantas, apa yang ingin Cen Sui Lan perjuangkan untuk Kepri saat dudu di DPR RI?
Menurutnya, banyak yang harus diperjuangkan. Cen Sui Lan memperjuangkan disparitas (perbedaan) yang terjadi di Kepulauan Riau. Karena, Kepri itu daerah yang terdiri dari pulau-pulau. Justru itu, Cen Sui Lan berjuang, bagaimana disparitas itu dihilangkan.
Wajar saja, Cen Sui Lan selalu berjuang untuk pembangunan daerah terluar, yang memerlukan perhatian dari pemerintah pusat. Tak cuma disparitas, Cen Sui Lan juga memperjuangan pembangunan infrastruktur-infrastruktur.
ADVERTISEMENT
“Ya, tentunya sesuai dengan tupoksi saya di Komisi V DPR RI. Saya berjuang untuk kemajuan masyarakat Kepri,” tegas Cen Sui Lan.
Cen Sui Lan Etnis Tionghoa
Selama menjabat Anggota DPR RI, Cen Sui Lan ternyata punya hal yang paling berkesan. Yang paling berkesan itu adalah, Cen Sui Lan satu-satunya perempuan Golkar, yang duduk di DPR RI mewakili Kepulauan Riau. Sampai saat ini, Golkar belum punya tokoh perempuan yang duduk di DPR RI dari Dapil Provinsi Kepri.
“Dan, saya satu-satunya dari perempuan etnis tionghoa, yang ada di DPR RI, dari Dapil Kepri,” ungkap Cen Sui Lan.
Sehingga, setiap Cen Sui Lan turun ke daerah-daerah, masyarakat sangat antusias. Bahkan ada yang menganggap atau bertanya.
ADVERTISEMENT
“Ini siapa sih perempuan yang berjuang untuk kita? Begitu kata masyarakat saya. Jadi, setiap saya turun, mereka datang dan menceritakan masalah mereka, sampaikan aspirasi mereka,” tuturnya.
Bahkan ketika Cen Sui Lan turun, ada aspirasi yang sudah terlalu lama, yang disampaikan masyarakat. Mereka ada yang menyampaikan masalah di tahun 1965. Mereka mengadu ke Cen Sui Lan, dan mengharapkan Cen Sui Lan berjuang untuk mereka.
“Jadi, saya merasa pengabdian saya ini, benar-benar memberikan harapan untuk mereka,” kata Cen Sui Lan.
Dukungan Keluarga
Dalam menjalankan tugas, kira-kira bagaimana Cen Sui Lan mengelola waktu sebagai politisi atau pejabat publik, dan sebagai anak/istri/ibu? Cen Sui Lan pun tak segan berbagi tips dalam keluarganya.
Cen Sui Lan menyampaikan, menunaikan kewajiban kepada anak itu, adalah hal yang wajib. Artinya, perempuan itu wajib mendidik anak. membesarkan anak.
ADVERTISEMENT
Cen Sui Lan merasa beruntung, karena didukung keluarganya. Baik dari suami, anak maupun saudara-saudaranya. Orang-orang di sekitarnya, mendukung Cen Sui Lan untuk bisa berkiprah di politik.
“Kalau dukungan dari suami, itu sudah pasti. Karena, selama saya berkiprah di Partai Golkar, suami juga berbarengan dengan saya. Kami berdua di Golkar itu, sudah 15 tahun sama-sama,” ucapnya.
Nah, ketika Cen Sui Lan duduk di DPR RI, semua keluarganya merasa bangga. Suami bangga, anak-anaknya bangga, keluarga bangga, masyarakat Kepri pun bangga.
Ketika Cen Sui Lan terjun di pemilihan wakil rakyat, Cen Sui Lan bukan hanya pelengkap kuota keterwakilan perempuan.
Cen Sui Lan selalu optimis bisa memberikan warna, atau mempunyai pengaruh yang besar.
Bagi Cen Sui Lan, peran keterwakilan perempuan itu, tidak hanya mencukupi kuota 30 persen. Meski dirinya masuk kuota 30 persen saat pencalonan legislatif, tapi Cen Sui Lan menunjukan atau membuktikan, sama seperti mereka (laki-laki).
ADVERTISEMENT
“Itu, sama dengan mereka itu diartikan untuk berjuang lho. Dan bagi saya, kalau bisa ditingkatkan kuota perempuan itu lebih dari 30 persen, ya harus ditingkatkan,” sebutnya.
Cen Sui Lan pun mengharapkan, semua perempuan itu aktif dan ikut berpolitik. Berjuang bersama-sama. Supaya bisa bersama membangun daerah pemilihan.
“Dan membangun negara kita, Indonesia,” tegasnya.
Hari Perempuan Internasional
Pada momen Hari Perempuan Internasional 2021 ini, Cen Sui Lan berpesan dan mengajak para perempuan di luar politik, agar melihat dirinya.
“Kalau saya bisa, Anda pun bisa,” tuturnya.
Cen Sui Lan duduk di DPR RI, karena dipilih. Jadi menurut Cen Sui Lan, perempuan bukan hanya berhak memilih. Tapi, perempuan punya hak untuk dipilih.
“Ayo bergabung bersama saya. Majukan negara kita, majukan bangsa kita, supaya kita bersama-sama maju,” ajaknya.
ADVERTISEMENT
“Saya bangga sebagai perempuan Golkar. Saya bangga sebagai srikandi Golkar. Selamat Hari Perempuan Internasional 2021,” demikian ditutup Cen Sui Lan, Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar dan Dapil Provinsi Kepulauan Riau ini.
(ude)
Baca berita lainnya di www.batamnews.co.id
Berita ini pertama kali terbit di