kumparan
KONTEN PENGGUNA
10 Agustus 2019 13:24

Modifikasi Digital: Nissan Livina NISMO

Pada pertengahan Februari 2019, kita dikejutkan dengan kabar akan ada Nissan Livina baru, ditambah lagi dengan rumor yang beredar soal Nissan Livina baru akan mengambil basis Mitsubishi Xpander.
ADVERTISEMENT
Layaknya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang memiliki basis sama, begitu pula Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander. Banyak yang berspekulasi bahwa bentuk eksterior Nissan Livina akan persis dengan Mitsubishi Xpander. Benar saja, dugaan itu tepat, ubahannya tidak terlalu banyak.
Adapun perubahan jelas terlihat pada bagian depan dan belakang, salah satunya adalah desain signature Nissan, yaitu “V-Motion” yang diaplikasikan pada bagian front grille.
Mengingat nama Nissan, maka erat sekali kaitannya dengan Nissan Motorsport (Nismo). Nismo merupakan tuning house dari Nissan yang sering kali melakukan ubahan dari sektor performance, handling juga aerodynamic pada mobil-mobil Nissan.
Saat ini, varian flagship dari Nismo sendiri adalah Nismo GT-R. Tidak hanya GT-R, line-up Nismo sendiri saat ini mencakup berbagai tipe Nissan terbaru seperti Leaf, Juke, Note, Serena, dan lain-lain.
Nissan Livina Nismo_4x3-01.jpg
Nissan Livina Nismo. Gambar: Bayu Hari Wibisono
Sejauh ini belum ada Nissan Livina yang dirombak oleh Nismo, maka muncul ide untuk memvisualisasikan bagaimana jika Nissan Livina mendapatkan sentuhan oleh Nismo. Ubahan dilakukan dari berbagai sektor yang meliputi eksterior seperti warna, aerodynamic kit, dan kaki-kaki.
ADVERTISEMENT
Pemilihan warna jatuh pada warna Jet Black dari Nissan. Tidak sampai di situ, warna hitam dikombinasikan dengan aksen warna merah pada aerodynamic kit seperti ciri khas yang disematkan pada line-up Nismo.
Nissan Livina Nismo_1x1-02.jpg
Tampak Depan Nissan Livina Nismo. Gambar: Bayu Hari Wibisono
Sektor depan ubahan yang dilakukan cukup banyak, meliputi front grille, bumper, front spoiler, juga penambahan Daytime Running Light (DRL). Pada sektor front grille saya menambahkan aksen merah yang mengikuti bentuk grille V-Motion Nissan yang dipadukan dengan badge Nismo.
Redesign pada bagian bumper depan terinspirasi dari bentuk bumper Serena versi Nismo. Lubang udara yang terbagi dua dengan aksen merah yang ditemani oleh penambahan DRL di sisi bawah kiri dan kanan bumper.
Nissan Livina Nismo_1x1-08.jpg
Tampak Samping Nissan Livina Nismo. Gambar: Bayu Hari Wibisono
Di bagian samping ubahan meliputi bagian side skirt yang dikombinasikan dengan overfender pada setiap spakbor untuk mengimbangi penggunaan velg dan ban yang lebar. Aksen merah hadir pada side skirt sebagai pemanis juga agar terlihat selaras dengan bagian bumper depan dan belakang.
ADVERTISEMENT
Ubahan pada sektor kaki-kaki cukup ekstrem karena saya menggunakan velg Nismo GT-R R35 berukuran 20 inci yang dipadukan dengan ban berukuran lebar di keempat roda. Suspensi pun mengalami ubahan untuk menunjang handling kendaraan dan juga dari sisi estetika.
Nissan Livina Nismo_1x1-05.jpg
Tampak Belakang Nissan Livina Nismo. Gambar: Bayu Hari Wibisono
Memasuki sektor belakang ubahan yang dilakukan meliputi rear bumper, rear light, dan rear spoiler. Redesign pada bumper belakang ditandai dengan hadirnya quad muffler yang dipadukan dengan diffuser.
Hadirnya aksen merah yang mengelilingi sektor bumper belakang menjadi pelengkap layaknya ciri khas ubahan oleh Nismo. Tak hanya itu, lubang udara yang hadir di sisi kiri dan kanan bumper belakang pun menjadi penambah ubahan yang ada di bagian bumper belakang.
Penambahan badge Nismo pada bagasi belakang pun menjadi penanda bahwa mobil ini tuned by Nismo. Ubahan pada rear light ditandai dengan menggunakan mika lampu bening seperti mika lampu belakang Honda Jazz GE8 MMC.
ADVERTISEMENT
Hal ini membuat rumah mika lampu menjadi warna putih dengan led bar sebagai lampu senja dan lampu rem. Redesign pada spoiler memiliki konstruksi 3-piece spoiler di mana spoiler bisa terpisah menjadi tiga bagian, kiri, tengah, dan kanan.
Selain menjadi pemanis, spoiler ini juga dapat meningkatkan downforce pada kendaraan ketika sedang melaju di kecepatan tinggi.
Nissan Livina Nismo_4x3-02.jpg
Nissan Livina Nismo. Gambar: Bayu Hari Wibisono
Hadirnya Nissan Livina membuat pilihan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) menjadi semakin variatif dan beragam. Walaupun memiliki basis yang sama dengan Mitsubishi Xpander tetap saja ada perbedaan-perbedaan yang terdapat pada Nissan Livina ini.
Dengan dibuatnya konsep modifikasi digital Nissan Livina Nismo ini, diharapkan bisa menjadi acuan modifikasi yang dapat terealisasi lalu dapat meramaikan dunia 'permodifikasian' di Indonesia.
Nissan Livina Nismo_4x3-03.jpg
Nissan Livina Nismo. Gambar: Bayu Hari Wibisono
Bagaimana, tertarik untuk memodifikasi Nissan Livina Anda layaknya Nissan Livina Nismo yang telah dibuat digital modifikasinya? Hehe.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan