CFC Store, Menjadikan Baju Bekas Bernilai Bagi Pendidikan Dhuafa

Bambang Samiono
Lecturer at University Al Azhar Indonesia
Konten dari Pengguna
31 Maret 2021 14:35 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Bambang Samiono tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Pengelola CFC Store
Divisi Clothes for Charity (CFC) adalah salah satu divisi yang di bentuk di Yayasan Sosial Gemilang Indonesia (GI) dalam bentuk program donasi baju untuk pendidikan gratis dhuafa melalui CFC Store. Melalui toko seluas 50 M2 yang berada di Jatipadang, baju donasi dari para donatur akan dijual kembali kepada masyarakat sekitar atau reseller. Hasil penjualannya akan digunakan untuk biaya operasional pendidikan anak-anak dhuafa yang ada dalam binaan Yayasan GI. Seperti untuk biaya operasional PAUD Harapan, Quranic School, Kelas mimpi ataupun program lain di dalamnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa CFC merupakan salah satu program penting yang menopang pembiayaan operasional kegiatan-kegiatan Yayasan Gemilang Indonesia. Saat ini CFC telah membuka 10 chapter CFC di berbagai kota di Indonesia.
ADVERTISEMENT
“Tujuan lain dari didirikannya CFC ini adalah memberi kesempatan bagi masyarakat menengah ke bawah dalam memperoleh pakaian berkualitas dengan harga murah, atau bahkan gratis” demikian dijelaskan ketua CFC store Wali El Mahfuzh.
Setiap bulan CFC store mengelola 200 lebih donasi dan menyalurkannya pada lebih dari 100 anak penerima manfaat. Setiap donasi dikelola oleh Tim CFC dibawah naungan GI dan dilaporkan secara transparansi kepada Yayasan maupun donatir. Saat ini CFC dikelola oleh 6 orang relawan yang menjalankan bisnis CFC store secara offline maupun online.
Dalam 3 tahun perjalanannya beberapa hal yang menjadi permasalah bagi CFC store perlu untuk segera di solusikan diantaranya: rendahnya kemampuan pengelolaan bisnis online dan tidak adanya pelaporan keuangan yang sistematis sehingga pengelolaan toko dikerjakan apa adanya, proses pelaporan secara transparansi dan cepat sulit untuk dilakukan.
ADVERTISEMENT
Menelaah permasalahan ini CFC Store berkolaborasi dengan tim pelaksana pengabdian masyarakat UAI di bawah koordinator Dr. Bambang Samiono ST MM CHRP berusaha untuk mengatasi kondisi ini. Usulan program yang diberikan adalah memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut berupa: 1) Memberikan Program Business Workshop: Materi workshop ini merupakan materi dasar-dasar berbisnis berupa motivasi, manajemen marketing dan manajemen keuangan pada 6 anggota CFC. Dan 2) Penyediaan apikasi Pelaporan Keuangan Sederhana: Aplikasi ini untuk mengatasi permasalahan adanya proses manual yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan mempermudah proses bisnis.
Dalam program ini tim pelaksana pengabdian masyarakat ini merupakan gabungan 3 prodi yaitu prodi Manajemen, Prodi Teknik Informatika dan Teknik Elektro. Ibu Riri Safitri, S.Si., M.T. dan Octarina Nur Samijayani, S.T., M.Sc. sebagai koordinator tim teknis berkonsentrasi untuk mempersiapkan aplikasi pelaporan keuangan sementara Dr. Bambang Samiono ST MM CHRP berfokus pada training manajerial. Project ini berlangsung selama 8 bulan mulai dari Maret – Oktober 2021 dengan yang mengusung program hibah internal pengabdian masyarakat UAI.
Pelaksanaan workshop
Dalam pelaksanaannya workshop yang sedianya direncanakan diadakan secara offline sebanyak 3 kali dengan materi 2 materi softskill (motivasi, manajemen pemasaran dan keuangan) serta 1 kali materi pelatihan penggunaaan aplikasi akhirnya diputuskan dilakukan revisi berkenaan dengan adanya pandemic covid19. Revisi tersebut berupa 1 kali worksop pemberian materi softskill motivasi dan keuangan secara offline serta 1 kali workshop pelatihan penggunaan aplikasi secara online. Sementara untuk pelaksanaan pembuatan aplikasi pelaporan keuangan dijadwalkan 3 kali pertemuan untuk melihat kesesuaian antara system aplikasi yang dibangun dengan kebutuhan mitra di lapangan. Mentoring dilakukan selama 1 bulan dengan menggunakan WA Group. Ketidak mungkinan melakukan monitoring secara offline ini dikarenakan adanya pandemic covid19.
Aplikasi Pelaporan Keuangan
Setelah program berjalan selama 10 bulan. Dari evaluasi dan monitoring akhir diperoleh kesimpulan bahwa program peningkatan pengelolaan usaha Divisi CFC pada Yayasan Sosial Gemilang Indonesia ini telah mencapai sasaran yang tepat dengan pengimplementasian 2 program berupa Program Business Workshop dan penyediaan aplikasi pelaporan keuangan. Kolaborasi antara Tim pelaksana dan anggota CFC juga terjalin cukup akrab dan sinergi. Baik dalam pelaksanaan implementasi online maupun online.
ADVERTISEMENT
Tak dapat dipungkiri bahwa adanya pandemic covid19 cukup memberikan pengaruh berupa diubahnya metode pelaksanaan dari offline menjadi online serta mempersingkat durasi pelaksanaan workshop. Lebih jauh pandemic ini juga memberi akibat belum bisa di evaluasinya aplikasi pelaporan keuangan secara penuh karena tidak beroperasionalnya CFC store selama pandemic ini. Namun dalam evaluasi pelaksanaan program ini terlihat bahwa Hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) pada pelaksanaan program ini sebesar sebesar: 87.0%. Dimana terlihat anggota CFC Store mempunyai kepuasan yang tinggi terhadap pelaksanaan program ini.
Diawal tahun 2021 CFC Store di pacu untuk berbenah dan memperbaiki kinerja dengan dukungan yang telah diberikan dalam program ini. Kemanfaatan nya menjadi tumpuan bagi Yayasan serta menjadi harapan bagi kaum dhuafa serta anak lapak di Kawasan pemulung Jatipadang.
ADVERTISEMENT
Penulis: Bambang Samiono