News
·
7 Februari 2021 21:04

Akhir Pekan, Kawasan Wisata Tawangmangu Lengang

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Akhir Pekan, Kawasan Wisata Tawangmangu Lengang (101898)
Kondisi lalu lintas di Kawasan Wisata Tawangmangu, Karanganyar, lengang
KARANGANYAR-Lalu lintas di kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar, lengang saat pemberlakuan gerakan Jateng 2 Hari di Rumah Saja pada akhir pekan ini. Kunjungan wisatawan di obyek wisata yang ada di kawasan lereng Gunung Lawu itu juga merosot.
ADVERTISEMENT
"Ada penurunan jumlah kendaraan yang melintas sekitar 50 persen," kata Kepala Bagian Operasi Satlantas Polres Karanganyar, Ipda Anggoro, Minggu (07/02). Sepinya kendaraan terjadi selama Sabtu dan Minggu.
Dia mengatakan biasanya arus kendaraan yang naik ke kawasan Tawangmangu selalu padat setiap Sabtu. Sebaliknya, pada Hari Minggu kepadatan lalu lintas didominasi kendaraan yang turun. Sedangkan pada akhir pekan ini, arus lalu lintas jauh lebih lengang.
Kondisi itu diduga disebabkan oleh dampak dari gerakan Jateng 2 Hari di Rumah Saja yang dicanangkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beberapa hari lalu. Banyak masyarakat yang menduga kawasan wisata itu tutup pada akhir pekan ini. "Padahal hotel di Tawangmangu masih banyak yang buka," katanya.
Sepinya wisatawan juga diakui oleh pengelola Obyek Wisata Grojogan Sewu, Sukirdi. Selama akhir pekan ini hanya segelintir wisatawan yang memasuki tempat wisata air terjun itu.
ADVERTISEMENT
"Hari Sabtu kemarin wisatawan yang masuk hanya 60 orang. Sedangkan Hari Minggunya tidak jauh berbeda," kata Sukirdi.
Padahal, selama ini jumlah wisatawan yang masuk pada akhir pekan bisa mencapai 1.000 orang per hari. Saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), jumlah wisatawan pada akhir pekan merosot hingga menjadi 200-500 orang per hari.
(Agung Santoso)