kumparan
12 Feb 2019 23:23 WIB

Batu Marmer Tulisan Belanda Ditemukan di Damkar Pedaringan Solo

Salah satu Prasasti peninggalan Belanda yang di temukan di Damkar Solo. (Foto : Tara Wahyu NV)
Sebuah Prasasti ditemukan di Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Surakarta. Prasasti tersebut ditemukan di oleh salah seorang karyawan di Gedung Damkar, Pedaringan, Jebres, Surakarta. Menurut salah seorang karyawan prasasti tersebut sudah ditemukan lama oleh pihak Damkar. Bram, memberikan keterangan bahwa sebenarnya prasasti ini sudah ditemukan lama bahkan sejak ayahnya masih bekerja di Damkar atau sudah sekitar puluhan tahun yang lalu. “Kalau ditanya kapan ditemukan sebenarnya sudah lama. Tapi baru sekarang di beritakan, Sudah sejak ayah saja kerja di Damkar kurang lebih 40 tahun yang lalu ditemukan.” Ujar Bram saat ditemui Bengawan.News, Selasa (12/2) pagi.
ADVERTISEMENT
Penemuan prasasti bermula setelah gedung baru di Damkar Pedaringan ini selesai ada beberapa barang yang dipindah salah satunya meja yang alasnya ada tulisan itu. Menurut Bram, dua hari yang lalu meja itu dipindah oleh salah seorang karyawan Damkar namun saat batu marmernya itu dibalik terdapat tulisan belanda dan juga bertuliskan Pakoe Boewono X. “Kalau tulisan enggak tahu, tapi kalau dilihat seperti tulisan Belanda dan ada tulisan Pakoe Boewono X ,” Tuturnya.
Ditanya mengenai kelanjutan prasasti tersebut, bram belum mengetahui kedepannya akan ditaruh dimana. Lanjutnya ia berharap Prasasti tersebut bisa dijaga dengan baik. “Untuk kedepannya nanti biar kepala Damkar yang memutuskan mau ditaruh dimana. Harapannya semoga peninggalan ini bisa tetap dijaga dengan baik.” Kata Bram. /Tara Wahyu Nor V
ADVERTISEMENT
Salah satu Prasasti peninggalan Belanda yang di temukan di Damkar Solo. (Foto : Tara Wahyu NV)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan