kumparan
KONTEN PUBLISHER
15 Februari 2019 19:52

Berbagi Makanan, Masjid At-Taubah Beri Makan Gratis Usai Sholat Jumat

IMG_8576.JPG
Masjid At-Taubah berada di Jalan Hasanudin No 117 Solo (Foto : Fernando Fitusia)
Solo - Setiap hari Jum’at bagi yang beragama Islam selalu menunaikan ibadah wajib yaitu Sholat Jum’at di Masjid daerahnya masing-masing. Tetapi ada yang berbeda ketika bagi yang beragama Islam menunaikan ibadah sholat Jum’at di Masjid At-Taubah yang berada di Jl. Hasanudin No. 117 Solo. Bagi yang menunaikan sholat Jum’at disini akan mendapatkan makanan nasi gratis seusai ibadah sholat Jum’at.
ADVERTISEMENT
“Kegiatan berbagi nasi gratis ini sudah diadakan sejak tahun 2017. Awalnya itu dari sumbangan para donator di luar Masjid yang kemudian akhirnya dikembangkan menjadi seperti sekarang ini. Dulu itu awalnya cuma berupa bingkisan kardus atau bingkisan roti yang dibagikan kepada jamaat sholat Jum’at. Kemudian dari Ta’mir masjid mempunyai ide bagaimana kalau setiap Jumat kita membuat nasi model piringan, supaya lebih sopan dan akhirnya berjalan sampai sekarang dengan dibuat model piringan seperti ini. Untuk pengelolanya sendiri ada dari donator-donatur tetap, ada juga dari sebagian Ta’mir Masjid At-Taubah,” jelas Anang selaku Panitia berbagi nasi gratis Masjid At-Taubah.
IMG_8573.JPG
Nasi piringan yang sudah disiapkanoleh panitia Ta'mir Masjid At-Taubah Solo. (Foto : Fernando Fitusia)
Tujuan berbagi nasi gratis setiap hari Jum’at ini adalah untuk mempererat ukhuwah Islamiyah, biar saling lebih akrab. Untuk menu makanannya sendiri, disini selalu berbeda-beda setiap hari Jumat. “Biasanya dulu dari donatur ada yang menyetor makanan tapi sekarang sudah berbeda donatur cukup menyalurkan uang saja nanti yang membelanjakan Ta’mir Masjid,”ucap Anang.
ADVERTISEMENT
“Untuk menunya sendiri tidak ada jadwal khusus, jadi nanti dirapatkan dulu dengan panitia untuk menu minggu depan. Jadi semua panitia menuangkan ide tentang masakan minggu depan dan nanti langsung dijalankan untuk memasak. Jadi idenya dadakan, yang terpenting setiap jumat berganti ganti menunya,” tutur Anang.
IMG_8572.JPG
Para Jamaah seusai sholat jumat mengambil makanan yang sudah disiapkan oleh panitia. (Foto : Fernando Fitusia)
Berbagi nasi gratis di Masjid At-Taubah sendiri tidak hanya dilaksanakan setiap hari Jumat saja, tetapi juga dilaksanakan saat ibadah sholat Subuh berjamaah. Kalau untuk ibadah subuh berjamaah biasanya dilaksanakan setiap minggu ketiga setiap bulannya, diadakan pembagian nasi gratis.
“Jadi setiap hari Jumat di Masjid At-Taubah selalu menyediakan 200 porsi lebih piring makanan lengkap dengan lauk dan minumannya,” tutur Anang selaku panitia Masjid At-Taubah Jl. Hasanudin No. 117.
ADVERTISEMENT
IMG_8574.JPG
Para jamaah menikmati hidangan makan nasi gratis di halaman Masjid At-Taubah Solo. (Foto : Fernando Fitusia)
Untuk persiapannya sendiri dari panitia sejak subuh sudah berangkat ke pasar. Setiap subuh pergi ke Pasar Legi dan sudah dibagi-bagi tugasnya. Untuk yang masak itu ada sendiri, untuk yang berbelanja juga ada sendiri dan yang bagian menata-nata juga sudah dibagi.
Anang berharap agar kegiatan berbagi nasi gratis ini tetap berjalan lancar. Jadi bagi para donatur yang biasanya memberikan makanan, juga bisa memberikan berupa uang supaya dari pihak panitia mengelola uang tersebut dan di belanjakan dengan bahan makanan. /Fernando Fitusia
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan