News
·
20 Januari 2021 19:02

Cleret Tahun, Puting Beliung yang Rutin Sambangi Wonogiri

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Cleret Tahun, Puting Beliung yang Rutin Sambangi Wonogiri (90010)
Tangkapan layar akun Instagram yang membagikan video viral kejadian puting beliung di wonogiri
WONOGIRI-Angin puting beliung terjadi di kawasan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Rabu (20/01). Bagi masyarakat setempat, fenomena yang sering terjadi tiap musim hujan itu dikenal dengan sebutan cleret tahun.
ADVERTISEMENT
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto mengatakan puting beliung memang menjadi salah satu potensi bencana yang selalu diwaspadai di Wonogiri. "Karena memang hampir setiap tahun terjadi, biasanya saat musim hujan," katanya saat dihubungi.
Sedemikian rutinnya, masyarakat setempat menamai fenomena itu sebagai cleret tahun. Dalam terjemahan bebasnya berarti sesuatu yang bergerak cepat yang datang setiap tahun.
Cleret Tahun, Puting Beliung yang Rutin Sambangi Wonogiri (90011)
Tangkapan layar video viral kejadian puting beliung di wonogiri
Lokasi terjadinya cleret tahun sering berpindah. "Terkadang di Kecamatan Nguntoronadi, kadang di Kecamatan Baturetno," katanya. Dua kawasan yang disebutnya merupakan hulu Bengawan Solo yang menjadi sumber air Waduk Gajah Mungkur.
Bambang menduga waduk yang sangat luas itu memang menjadi pemicu munculnya puting beliung alias cleret tahun. "Waduk kan tempat terbuka yang sedemikian luas," katanya. Tidak jarang angin tersebut menyapu hingga ke permukiman.
ADVERTISEMENT
Video amatir yang merekam puting beliung di Waduk Gajah mungkur itu viral. Beberapa warga merekam video kejadian itu dan membagikannya di media sosial.
Salah satunya adalah akun Instagram @wonogirikita yang membagikan video berdurasi 12 detik. Baru satu jam diunggah, video itu telah mendapatkan lebih dari 4 ribu tombol suka dan seratusan komentar.
"Angin puting beliung di sekitaran Waduk Gajah Mungkur sore tadi," tulis akun tersebut memberikan keterangan pada videonya.
Di video tersebut terdengar teriakan warga yang ketakutan melihat puting beliung yang memutar di atas permukaan waduk. Apalagi, angin itu nyaris melintasi karamba yang ada di tengah waduk.
Lebih dari seratus warganet memberikan komentar di video viral tersebut. Rata-rata dari mereka memberikan doa agar masyarakat terhindar dari bencana alam. "Lindungilah keluarga hamba di Wonogiri Ya Allah," tulis pemilik akun @ekadeldr13.
ADVERTISEMENT
(A Rafiq)