News
·
22 Maret 2021 16:19

Dinas ESDM Jawa Tengah Terjunkan Tim untuk Meneliti Sumur Aneh di Karanganyar

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Dinas ESDM Jawa Tengah Terjunkan Tim untuk Meneliti Sumur Aneh di Karanganyar (472943)
Tim dari Cabang Dinas ESDM Jawa Tengah Wilayah Solo memeriksa sumur aneh di Karanganyar (FOTO: Istimewa)
KARANGANYAR-Cabang Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah Wilayah Solo menerjunkan petugas untuk meneliti sumur aneh di Karanganyar, Jawa Tengah. Selain mengeluarkan air asin, sumur itu bisa menyala api saat disulut dengan korek.
ADVERTISEMENT
Salah satu petugas dari Cabang Dinas ESDM Wilayah Solo, Puguh Dwi Hartanto mengatakan pada tahap awal ini pihaknya baru melakukan orientasi lapangan. "Kami mengambil posisi koordinat sumur ini," kata dia, Senin (22/03/2021).
Titik koordinat itu nantinya akan dikorelasikan dengan peta geologi yang dimiliki. Dengan demikian mereka akan bisa memperkirakan jalur air di dalam tanah yang bisa mengeluarkan air asin itu.
Selain itu, pihaknya juga mengambil sampel air untuk diperiksa di laboratorium. Pemeriksaan perlu dilakukan untuk memastikan kandungan mineral yang ada di air dari sumur aneh di Karanganyar itu.
Sebelumnya, pakar lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Pranoto memperkirakan air itu memiliki kandungan gas metana serta garam. Kandungan itu membuat air terasa asin dan bisa menyala saat disulut api.
ADVERTISEMENT
"Air tersebut juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi," katanya. Hal itu membuat air yang mengalir dari sumur bisa dikelola agar tidak mencemari lingkungan.
(Tara Wahyu)