News3 Maret 2020 11:45

Hujan Abu Selimuti Kota Solo dan Sekitarnya

Konten Redaksi Bengawan News
Hujan Abu Selimuti Kota Solo dan Sekitarnya (81831)
Suasana hujan abu di kawasan Grogol, Sukoharjo. (Foto : Agung Santoso)
SOLO - Dampak hujan abu dari letusan Gunung Merapi merambah ke Solo dan kabupaten sekitarnya. Bahkan aktivitas latihan teritorial Angkatan Udara Adi Soemarmo tertunda. Abu yang keluar dari Gunung Merapi sejak pukul 06.30 WIB ini juga berdampak ke Kabupaten Sukoharjo.
ADVERTISEMENT
"Tipis-tipis abunya. Menempel di mobil dan rumah. Sejak pagi juga tampak di Kartasura perbatasan Boyolali," jelas Kepala Pelaksana BPBD Sukoharjo, Sri Marjoko, saat dikonfirmasi pada Selasa (03/03/2020).
Dia mengatakan abu akan terbang dari Boyolali sesuai arah angin sehingga wilayah Sukoharjo juga terkena. Wilayah di Kabupaten Sukoharjo yang paling terkena dampak abu ada di Gatak, Grogol, Kartasura serta Bulakrejo. Hujan abu mulai menipis pukul 10.00 WIB pagi ini meskipun masih ada sedikit abu yang turun. Terlihat abu menempel di helm dan kaca mobil pengguna jalan yang melintas.
Hujan Abu Selimuti Kota Solo dan Sekitarnya (81832)
Suasana hujan abu di kawasan Grogol, Sukoharjo. (Foto : Agung Santoso)
"Semoga segera turun hujan untuk mengguyur abu. Dan kami sudah membagi 300 masker lebih di Jalan Ciu pagi ini," jelasnya.
Kepala Penerangan dan Perpustakaan Angkatan Udara Adi Soemarmo Surakarta, Bambang Supriyatno, dalam kesempatan yang berbeda membenarkan bandara ditutup. Sedangkan landasan terbang untuk latihan memang tidak ada jadwal latihan tapi tetap menunda bila ada pelatihan. Menurutnya, abu di lokasi komplek latihan angkatan udara cukup tebal sejak pagi tapi berangsur mulai menipis siang ini. (Agung Santoso)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white