News
·
23 Oktober 2020 20:20

Kronologi Yulia Dibunuh dan Dibakar di Dalam Mobil

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Kronologi Yulia Dibunuh dan Dibakar di Dalam Mobil (58452)
Pembunuhan yang dilakukan oleh Eko Prasetyo (30) alias Kedel terhadap korban Yulia (42) terungkap dari chat
SUKOHARJO - Pembunuhan yang dilakukan oleh Eko Prasetyo (30) alias Kedel terhadap korban Yulia (42) terungkap dari chat. Aksi dapat dikatakan sadis karena kepala korban yang hendak masuk mobil dihantam dengan linggis. Tidak berhenti di situ, pelaku sempat meminta pin dua ATM korban dengan kondisi sekarat sekaligus menguras uang korban sebesar Rp 8 juta dan Rp 15 juta.
ADVERTISEMENT
"Dari pengecekan handphone terdapat chat antara korban Yulia dan anaknya. Kalau korban ini hendak bertemu pelaku pada hari Senin pukul 17.00 WIB. Di sinilah terlacak pelaku adalah rekan bisnis dan pelaku terungkap aksinya," jelas Kapolda
Berikut kronologi aksi sadis pelaku:
Senin 19 Oktober 2020
Pelaku dan korban janjian melalui WhatsApp atau chatting ketemuan. Chat ini terungkap dari korban kepada putrinya pamit lewat chat.
Kronologi Yulia Dibunuh dan Dibakar di Dalam Mobil (58453)
Kandang ayam tempat kejadian perkara
Selasa 20 Oktober 2020
Pelaku mengaku kalau didatangi korban Yulia naik mobil jenis Daihatsu Xenia AD 1526 EA sekitar pukul 17.00 WIB di kandang ayam. Kandang sejauh 500 meter dari rumahnya di Dusun Ngesong RT 1/ RW 2, Puhgogor, Bendosari, Sukoharjo.
Kedatangan korban ke kediaman pelaku ini, selain berbincang tentang bisnis, juga menagih utang Rp 145 juta. Perbincangan memanas lalu korban memutuskan untuk langsung pulang naik mobil petang itu juga. Namun, ketika korban hendak masuk pintu, pelaku memukul korban menggunakan linggis dua kali tepat di kepala yang saat itu sengaja di bawanya.
ADVERTISEMENT
Pelaku yang pernah menjadi eksekutor jambret ketika di Jakarta itu, membiarkan korban terkapar. Dalam kondisi sekarat, pelaku menanyakan paksa pin mobile ATM Banking dan akhirnya diberikan korban.
Uang yang dipegang korban diambil sebesar Rp 8 juta setelah menyeret korban ke kandang ayam dengan kondisi tangan sudah diikat. Setelah itu, pelaku menyiapkan sarana menghilangkan jejak seperti jerigen berisi bensin. Pelaku juga mengambil uang sebesar Rp 15 juta yang ada di kartu ATM korban.
Kronologi Yulia Dibunuh dan Dibakar di Dalam Mobil (58454)
Sekitar pukul 22.00 WIB diketahui ada dua saksi kebakaran mobil yang membuat laporan ke Polres Sukoharjo dan pemadam kebakaran
Berganti jam, korban yang diketahui meninggal dunia ditaruh di bangku bagian belakang mobil milik korban. Kemudian ketika mulai larut malam, pelaku membawa mobil korban.
Sesampainya di halaman toko material Dukuh Cendono, Sugihan, Bendosari, Sukoharjo, mobil korban kemudian dibakar. 
ADVERTISEMENT
Sekitar pukul 22.00 WIB diketahui ada dua saksi kebakaran mobil yang membuat laporan ke Polres Sukoharjo dan pemadam kebakaran. Setelah berhasil dipadamkan, ditemukan jasad wanita di bangku bagian belakang mobil.
Polisi yang melakukan olah TKP malam itu menemukan chat dengan anaknya pamitan di handphone korban, dan polisi membentuk tim melakukan penyelidikan.
Rabu 21 Oktober 2020
Setelah memeriksa keluarga korban, akhirnya polisi mendatangi rumah pelaku sekaligus memeriksa dan menangkap pelaku sekitar pukul 03.00 WIB. 
Kamis 22 Oktober 2020
Pemeriksaan mendalam dari alibi pelaku, mencocokan TKP, barang bukti, dan pengakuan saksi serta keluarga korban dilakukan pada Rabu hingga Kamis (22/10). Kemudian pelaku diungkap ke publik pada Jumat (23/10) di Mapolres Sukoharjo. 
ADVERTISEMENT
"Kita akan melakukan rekontruksi untuk mendalami penyidikan terhadap pelaku satu orang. Dengan demikian, bisa mengembangkan jika memang ada pelaku lain. Uang masih utuh sebagai barang bukti," jelas Kapolda. (Agung Santoso)