News
·
10 April 2021 21:43

Maestro Keroncong Waldjinah Bikin Galeri Batik di Rumahnya

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Maestro Keroncong Waldjinah Bikin Galeri Batik di Rumahnya (458811)
Pengelola Galeri Walang Kekek menunjukkan beberapa koleksi batik milik Waldjinah
SOLO-Maestro keroncong Waldjinah membuka galeri batik di rumahnya yang berada di kawasan Mangkuyudan, Kota Solo. Galeri batik yang dinamakan Walang Kekek itu memamerkan batik-batik yang berusia hingga seabad.
ADVERTISEMENT
Galeri batik itu dikelola oleh salah satu menantunya, Ester Wulandari. "Ibu (Waldjinah) memiliki 400 pola batik peninggalan keluarganya," katanya di sela-sela pembukaan galeri, Sabtu (10/04/2021).
Dia menyebut koleksi itu rata-rata memiliki motif yang cukup langka. Beberapa merupakan batik buatan era 1910-an. Galeri itu juga menyimpan batik-batik yang pernah digunakan oleh Waldjinah saat pentas di usia mudanya.
Beberapa bahkan memiliki motif yang belum diketahui namanya. Pihaknya akan membuat kajian mengenai batik-batik dengan motif yang belum dikenal itu. "Melibatkan peneliti dan akademisi," kata Ester.
Menurut Ester, ratusan batik lawasan itu akan dijadikan private collection dan tidak dijual. Meski demikian, pihaknya akan membuat reproduksi dari batik itu dan akan dilempar ke pasaran.
Sebelumnya, keluarga Waldjinah juga telah memiliki gerai batik dengan nama serupa, Walang Kekek. Gerai yang berada di kawasan Telukan itu menjual batik tulis halus dengan kualitas premium.
ADVERTISEMENT
(Fernando Fitusia)