News
·
30 Maret 2021 18:04

Petugas Kebersihan Kreatif, Toilet Pasar Gede Solo Jadi Media Seni

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Petugas Kebersihan Kreatif, Toilet Pasar Gede Solo Jadi Media Seni (302671)
Petugas kebersihan Pasar Gede Solo membersihkan kerak kamar mandi dan membuat bentuk-bentuk siluet vektor
SOLO-Kerak di dinding kamar mandi sering kali memberikan kesan jorok dan tidak sedap dipandang mata. Di tangan Rubianto, seorang petugas kebersihan di Pasar Gede Solo, kerak yang menempel di dinding justru jadi hiasan menarik.
ADVERTISEMENT
Biasanya kerak-kerak yang membandel itu dibersihkan dengan cairan pembersih secara keseluruhan. Sepekan terakhir, Rubianto membersihkannya dengan cara berbeda. Dia mengoleskan cairan pembersih dengan membentuk pola-pola tertentu.
Cara menyikatnya juga dilakukan secara hati-hati mengikuti pola yang telah dibuat. Hasilnya mampu membuat pengunjung berdecak kagum. Dekorasi berupa siluet vektor tercipta dari petugas kebersihan kreatif itu.
Petugas Kebersihan Kreatif, Toilet Pasar Gede Solo Jadi Media Seni (302672)
Petugas kebersihan Pasar Gede Solo membersihkan kerak kamar mandi dan membuat bentuk-bentuk siluet vektor
Siluet gedung-gedung perkotaan menjadi penghias salah satu sisi dinding kamar mandi. Di dinding lain terlihat siluet kelinci yang tengah berkejaran. Sedangkan di dinding lain berhias siluet orang yang sedang memancing.
"Pola gambarnya tentu menggunakan pola-pola yang sederhana, agar tidak terkendala dalam pengerjaannya," kata Rubianto saat ditemui, Selasa (30/03/2021).
Petugas kebersihan itu mengaku selama ini memang menggeluti hobi melukis. Dia juga bergabung dengan sebuah komunitas seni. Jika biasanya dia melukis di atas kanvas, kali ini dia menggunakan dinding berkerak sebagai media seninya.
ADVERTISEMENT
Karya seni itu membuat toilet di pasar tradisional itu menjadi lebih unik. Beberapa pengguna mengapresiasinya. "Saya baru sekali ini menjumpai toilet seperti ini," kata salah satu pengguna, Aryanto.
(Fernando Fitusia)