News
·
22 Maret 2021 9:20

Sumur Aneh di Karanganyar Keluarkan Air Asin, Ikan Air Tawar Bisa Hidup

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Sumur Aneh di Karanganyar Keluarkan Air Asin, Ikan Air Tawar Bisa Hidup (258718)
Api menyala dari ujung pipa sumur Bor di Karanganyar
KARANGANYAR-Sumur bor yang tidak lazim ditemukan warga di Desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar. Selain mengeluarkan air asin, sumur itu bisa menyala api saat disulut dengan korek. Uniknya lagi, banyak ikan air tawar yang hidup di sumber air tersebut.
ADVERTISEMENT
Bengawan News menyambangi desa itu pada akhir pekan lalu, Sabtu (20/03/2021). Pemilik lahan tempat sumur bor itu berada, Solikhin menyambut dengan cukup ramah dan menunjukkan beberapa keanehan sumur bor itu.
Sumur aneh di Karanganyar yang dibuat pada 2019 itu menjadi sebuah mata air yang mengeluarkan air terus menerus. Airnya mengalir ke selokan yang ada di desa itu.
Sumur Aneh di Karanganyar Keluarkan Air Asin, Ikan Air Tawar Bisa Hidup (258719)
Salah watu warga, Solikhin menunjukkan sumur bor yang bisa menyala api yang berada di pekarangannya
Air yang keluar dari pipa sumur bor itu sangat asin seperti air laut. Uniknya, banyak ikan air tawar berukuran kecil-kecil yang berenang di selokan tersebut. Masyarakat Jawa Tengah biasa menyebutnya sebagai ikan cethul.
Menurut Solikhin, sumur itu awalnya dibuat oleh warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih. "Dapat bantuan dari Baznas karena desa ini kesulitan air bersih," katanya.
ADVERTISEMENT
Namun, warga tidak bisa memanfaatkan airnya untuk minum maupun mencuci lantaran airnya yang asin. Mereka justru memanfaatkan sumur itu sebagai tempat memasak.
Pasalnya, ujung pipa sumur bor itu bisa menyala saat disulut dengan korek api. Nyala apinya cukup besar. "TIap pagi ada warga yang memasak di sumur ini," kata Solikhin.
(Tara Wahyu)