News
·
20 Maret 2021 19:07

Sumur Bor Aneh di Karanganyar, Airnya Asin dan Bisa Menyala Api

Konten ini diproduksi oleh Bengawan News
Sumur Bor Aneh di Karanganyar, Airnya Asin dan Bisa Menyala Api (324164)
Salah watu warga, Solikhin menunjukkan sumur bor yang bisa menyala api yang berada di pekarangannya
SOLO-Sumur bor yang tidak lazim ditemukan warga di Desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar. Selain mengeluarkan air asin, sumur itu bisa menyala api saat disulut dengan korek.
ADVERTISEMENT
Sumur tersebut berada di pekarangan belakang salah satu warga, Solikhin (52). Sumur itu dibuat pada akhir 2019 lalu. "Dapat bantuan dari Baznas karena desa ini kesulitan air bersih," kata Solikhin saat ditemui, Sabtu (20/03/2021).
Warga melakukan pengeboran hingga kedalaman 120 meter dan memasang pipa dengan diameter 4 inchi. Pembuatan sumur bor itu sempat dianggap gagal lantaran air yang keluar hanya sedikit.
Keanehan justru ditemukan oleh beberapa remaja desa yang tengah melihat-lihat sumur bor itu. Lantaran gelap, mereka menyalakan korek api untuk penerangan. Api dari korek itu menyambar ujung pipa. "Pipanya ikut menyala dan air yang keluar tiba-tiba menjadi deras," katanya.
Sumur Bor Aneh di Karanganyar, Airnya Asin dan Bisa Menyala Api (324165)
Api menyala dari ujung pipa sumur Bor di Karanganyar
Pipa yang bisa menyala itu saat ini sering dimanfaatkan oleh warga. Sedangkan air yang keluar dari sumur aneh di Karanganyar itu justru tidak bisa dimanfaatkan lantaran rasanya asin seperti air laut. Menariknya lagi, beberapa ikan air tawar masih tetap bisa hidup di selokan di sekitar sumur tersebut.
ADVERTISEMENT
Hingga kini warga juga belum mengetahui penyebab keanehan itu. Menurut Solikhin, petugas dari Badan Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah pernah melakukan pemeriksaan, namun belum memberikan hasilnya kepada warga.
(Tara Wahyu)