kumparan
Otomotif11 Maret 2020 0:08

Pertamina Enduro, Jagonya Oli?

Konten kiriman user
23154775_365347930570866_6090301061986036978_o.jpg
Produk Enduro (Foto : facebook.com/SahabatEnduroID)
Pelumas motor merupakan hal penting untuk diperhatikan agar mesin motor dapat mengeluarkan performa terbaiknya.
ADVERTISEMENT
Untuk memilih pelumas juga tidak bisa sembarangan, jika salah pilih maka akan berpengaruh pada kinerja mesin.
Salah satu pelumas terbaik untuk mesin motor adalah Pertamina Enduro.
Pelumas terbaik disematkan pada anak perusahaan Pertamina ini bukan tanpa alasan, selain tersedianya berbagai jenis pelumas sesuai dengan spesifikasi motor, kualitas yang prima serta harga yang relatif terjangkau juga menjadi paket komplit pelumas enduro patut dijadikan andalan motor anda.
Untuk mengoptimalkan kinerja mesin maka pelumas yang dipakai juga harus menyesuaikan dengan tipe mesin motor, karena berbeda mesin beda pula kebutuhannya.
Lebih khusus, untuk motor dengan transmisi manual Enduro menyediakan pelumas untuk mesin motor 2T dan mesin motor 4T yang dibagi lagi menjadi tipe racing dan sport.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya untuk motor dengan transmisi manual, Enduro juga menyediakan pelumas mesin dan pelumas roda gigi motor matic.
Kelebihan Enduro tidak hanya sebatas kualitas produk saja, namun mencakup wilayah pelayanan yang luas dan tersedia diseluruh Indonesia.
Lantas apa saja alasan Enduro cocok menjadi pilihan anda?

Kualitas dan Mutu yang terjamin

64612138_679093139196342_4386237477048811520_o (1).jpg
Jargon Enduro (Foto : facebook.com/SahabatEnduroID)
Pertamina Enduro konsisten untuk terus memberikan pelayanan terbaiknya. Sehingga kualitas dari produk Pertamina Enduro sudah tidak diragukan lagi.
Selain itu Pelumas Enduro sudah memenuhi standar mutu Japan Automobile Standard Organization (JASO) dan America Petrolium Institute Service (API) yang merupakan lembaga yang bertugas mensertifikasi kualitas oli yang dipakai secara Internasional.
Untuk itu anda tidak perlu khawatir akan kualitas produk Pertamina Enduro dan pastinya pelumas ini cocok untuk segala merk Motor.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya kualitas produk yang baik, Pertamina juga menyediakan bergam jenis pelumas mesin motor dengan kandungan dan tingkat kekentalan yang berbeda, hal ini ditujukan agar pelumas dapat menyesuaikan dengan spesifikasi mesin motor yang ada pada saat ini sehingga dapat memaksimalkan kinerja dari mesin.

Jenis Pelumas yang beragam dan harga yang relatif terjangkau

Infografik Produk 4T Enduro.png
Pelumas Mesin Motor 4T Enduro. Infografis : Benny B Hendri/Argumentasi
  1. Pertamina Enduro Matic 10W-30
Pertamina Enduro Matic 10W-30. Foto : shopee.co.id
Untuk standar dan kualitas oli ini sudah tidak diragukan lagi karena telah berstandar JASO MB dan API SL sehingga dapat digunakan untuk semua merk motor matic bersistem dry clutch.
Kandungan Moly additive didalamnya membantu mesin untuk mengeluarkan performa terbaiknya namun tetap efisien dalam penggunaan bahan bakar minyak (BBM).
Pertamina Enduro Matic 10W-30 dibagi menjadi dua varian yaitu, 0,8 liter dan 1 liter yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan motor anda.
ADVERTISEMENT
Harga berkisar : Rp. 35.000,-
  1. Pertamina Enduro Matic-G SAE 20W-40
unnamed.png
Pertamina Enduro Matic-G SAE 20W-40. Foto : shoope.co.id
Pertamina Enduro Matic-G SAE 20W-40 memiliki viskositas lebih tinggi daripada pelumas lainnya sehingga dapat menjaga temperatur mesin agar tetap stabil.
Untuk kualitas, Pelumas ini telah mendapat pengakuan mutu JASO MB, yang merupakan standar Jepang untuk motor empat langkah matik dan memenuhi tingkat performance API SL.
Selain itu, Pertamina Enduro Matic-G SAE 20W-40 memiliki ketahanan tinggi terhadap oksidasi dan degradasi akibat radiasi panas dari mesin, sehingga memperpanjang masa pakai pelumas dan dapat melindungi mesin sepanjang pemakaian.
Pertamina Enduro Matic-G SAE 20W-40 dibagi menjadi dua varian yaitu, 0,8 liter dan 1 liter yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan motor anda.
ADVERTISEMENT
Pelumas ini direkomendasikan bagi pengguna matic yang sering terjebak kemacetan, karena masa pakainya yang lebih panjang.
Harga berkisar : Rp. 33.000,-
  1. Pertamina Enduro 4T Sport SAE 5W-30
42945464_6f02ab08-bb63-43cc-b651-03484385285c_660_1130.png
Pertamina Enduro 4T Sport SAE 5W-30 merupakan pelumas yang diperuntukkan untuk memaksimalkan performa dari motor sport.
Pelumas ini berfungsi meningkatkan akselerasi dan power dapur pacu pada motor 4Tak yang menggunakan tipe kopling basah, sehingga membuat motor sport anda terasa lebih bertenaga dan menghindari slip pada kopling.
Untuk mutu sudah tidak diragukan lagi karena Pertamina Enduro 4T Sport SAE 5W-30 telah berstandar mutu JASO MA2 dan API Service SL. Sehingga anda tidak perlu khawatir terganggu saat berakselerasi tinggi menggunakan motor yang memakai pelumas ini.
ADVERTISEMENT
Pelumas ini direkomendasikan untuk mesin motor 250cc keatas, baik untuk penggunaan sehari-hari atau untuk balapan sekalipun.
Harga berkisar : Rp. 170.000,-
  1. Pertamina Enduro 4T Racing 10W-40
raja-motor_raja-motor-ome1112-mesran-enduro-racing-10w40-oli-mesin-1-liter_full01.jpg
Pertamina Enduro 4T Racing 10W-40. Foto : blibli.com
Dari segi kualitas, Pertamina Enduro 4T Racing 10W-40 telah lolos pengujian variable speed friction test dengan hasil melebihi high friction reference oil, sehingga tidak menyebabkan slip pada kopling.
Selain itu, Pertamina Enduro 4T Racing 10W-40 dapat menjaga kebersihan mesin, serta mencegah terbentuknya deposit pada piston, korosi dan menjaga komponen mesin cepat aus.
Kekentalan dari pelumas ini cocok untuk segala jenis motor transmisi manual keluaran baru yang memiliki akselerasi tinggi.
Harga Berkisar : Rp. 45.ooo,-
  1. Pertamina Enduro 4T Racing SAE 20W-50
hjhhhj.png
Pertamina Enduro 4T Racing SAE 20W-50. Foto : mobilaku.com
Pertamina Enduro 4T Racing SAE 20W-50 termasuk sebagai oli synthetic yang memenuhi tingkatan mutu API SJ dan JASO MA.
ADVERTISEMENT
Produk ini menawarkan stabilitas oksidasi dan degradasi yang sangat baik pada temperatur operasi mesin yang tinggi.
Mampu mengoptimalkan performa mesin pada temperature rendah ataupun tinggi. Kelebihan tersebut menjadikan proses starter semakin mudah dan motor dapat berakselerasi pada kecepatan tinggi.
Harga Berkisar : Rp. 33.ooo,-
Salinan dari Biru Ikon Badan Amal Infografik.png
Jenis Pelumas Enduro. Infografis : Benny B Hendri/Argumentasi
  1. Pertamina Enviro 2T SAE 20
pertamina_pertamina-enviro-2t-min-20-jaso-fc-pl1-oli-mesin-sepeda-motor--0-8-l-_full02.jpg
Pertamina Enviro 2T SAE 20. Foto : tokopedia.com
Pertamina Enviro 2T SAE 20 diperuntukan bagi yang memiliki motor bermesin 2 Tak, seperti Yamaha RX King dan Vespa.
Pelumas ini telah memenuhi persyaratan mutu internasional JASO FC ( Full Approval) dan ISO L-EGD yang menjadikannya sebagai salah satu oli motor 2T terbaik.
Enviro 2T mampu mencegah pengotoran pada busi dan ruang bakar sehingga performa mesin akan stabil dan tahan lama. Selain itu, Enviro 2T mampu menghasilkan kadar asap knalpot lebih rendah dan mampu mencegah penyumbatan pada saluran gas buang.
ADVERTISEMENT
Harga Berkisar : Rp. 45.ooo,-
  1. Pertamina Enduro Gear
Pertamina-Enduro-Gear-Matic-120-ml.jpg
Pertamina Enduro Gear. Foto : shoope.co.id
Pertamina Enduro Gear atau pelumas roda gigi motor matic Enduro dapat diandalkan dalam kecepatan tinggi.
Enduro Gear Matic mampu melindungi roda gigi dari berbagai kondisi ekstrim, dengan harga terjangkau oli ini dapat jadi pilihan diantara merk lain nya.
Harga Berkisar : Rp. 20.ooo,-

Tips memilih Pelumas Pertamina Enduro yang tepat untuk motor

Untuk menentukan oli Enduro yang tepat untuk motor, anda harus mengetahui dulu arti kode pada botol oli Enduro.
Pada kemasan oli akan tertulis SAE 5W-30, 10W-30, 10W-40 atau 20W-40, 20W-50. Huruf "W" yang terletak di belakang angka merupakan singkatan dari "Winter". Formulasi oli disesuaikan untuk musim dingin dan panas, sehingga saat suhu mesin motor dingin olinya tidak mengental.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, angka paling depan adalah tingkat kekentalan oli pada suhu dingin dan angka setelah "W" atau paling belakang adalah tingkat kekentalan oli ketika mesin dalam kondisi bekerja atau sudah panas.
Semakin besar angkanya maka semakin kental oli pada kondisinya. Semakin dingin suhu suatu wilayah, maka semakin encer tingkat kekentalannya, biasanya pada angka SAE 5W-30.
Untuk motor keluaran lama yang sudah berumur, disarankan untuk memakai oli yang tingkat kekentalannya tinggi seperti Enduro Racing 20W-50 atau Enduro Racing 10W-40.
Sedangkan untuk motor dengan tingkat akselerasi tinggi seperti motor 250cc keatas disarankan untuk menggunakan oli Enduro dengan tingkat kekentalan yang rendah seperti Enduro Sport 5W-30.
Untuk motor keluaran baru juga disarankan untuk menggunakan oli dengan tingkat kekentalan yang rendah seperti Enduro Matic SAE 10W-30 atau Enduro Racing 10W-40.
ADVERTISEMENT

Jangkauan produk yang luas dan Pelayanan yang memadai

Kemudahan Pengguna Enduro.png
Ketersediaan Produk dan Layanan Enduro. Infografis : Benny B Hendri/Argumentasi
Produk Pertamina Enduro dapat dengan mudah anda dapatkan di Bengkel atau layanan service motor terdekat, untuk anda yang suka berbelanja tanpa ribet Pertamina Enduro juga tersedia di toko online.
Dari aspek jangkauan produk, Pertamina Enduro sudah memiliki 1798 cabang Enduro Express yang menyediakan service ringan dan produk Pelumas Enduro. Enduro Express juga dilengkapi dengan layanan tambahan berupa servis ringan dan penambahan angin nitrogen.
Dengan membeli pelumas di outlet Enduro Express, benefit yang anda dapatkan diantaranya, jaminan keaslian produk, harga yang bersaing, hingga pelayanan maksimal.
Dalam pelayanan, Enduro Express mengedepankan layanan yang praktis , teruji dan terpercaya. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan pelayanan Enduro Express.
aa_ex.png
Prospek Enduro Express. Infografis : ownchannel.pertaminalubricants.com
Bagi anda yang tertarik untuk membuka Outlet Own-Channel Pertamina Lubricants Enduro Express sekarang tidak perlu khawatir kesulitan dalam pengajuan kemitraan .
ADVERTISEMENT
Pengajuan kemitraan dapat dilakukan secara online melalui website resmi Pertamina Lubricants yaitu www.pertaminalubricants.com
Benefit yang anda dapatkan adalah keuntungan dan poin dari penjualan yang dapat ditukar dengan reward yang tersedia. Untuk informasi lebih lengkap, anda bisa mengunjungi https://ownchannel.pertaminalubricants.com/
Jadi itulah alasan kenapa Oli Pertamina Enduro merupakan "Jagoannya Oli", produk yang berkualitas serta pelayanan yang luas dan maksimal menjadikan Produk Pertamina Enduro cocok untuk dijadikan andalan motor anda.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan