Tekno & Sains
·
7 November 2017 13:52

3 Cara Cepat Mengatasi Laptop Not Responding Alias Nge-Hang

Konten ini diproduksi oleh Beny
3 Cara Cepat Mengatasi Laptop Not Responding Alias Nge-Hang (468418)
Nah kali ini urgent.id akan share sterkait hal yang bikin laptop atau computer kamu macet, hang atau Not Responding. Problem ini sering kali terjadi karena banyaknya file sampah dan juga chace pada computer. Kamu pasti tau chace ini akan menambah beban RAM apabila tidak dibersihkan yang pastinya bikin lemot. Selain karena chace yang menumpuk berikut penyebab terjadinya computer kamu hang, yuk simak!
ADVERTISEMENT
Masalah pada OS.
Apabila Sistem Operasi anda bermasalah maka tentunya akan membuat kinerja kurang maksimal, salah satunya terjadi sering terjadi not respon dan akan menimbulkan kegagalan pada saat install software, sehingga software jadi corrupt. Solusi cepat bisa dengan repair atau install ulang.
Masalah Virus Komputer.
Untuk yang pertama, Komputer dapat terjadi Hang karena Virus. Nah, kebanyakan virus pasti akan merusak sistem Windows yang anda miliki. Solusinya bisa mencoba menginstall software antivirus yang powerfull seperti Bitdefender, Eset Security, Avast dll
Masalah Overheat.
Panas yang berlebih pada CPU atau Processor dan VGA tentu akan membuat kinerja laptop atau komputer melambat. Hal inilah yang akan membuat software atau sistem sering terjadi Error, Hang, Macet, dan Not Responding. Solusinya bisa dengan membersihkan debu pada Heatsink/Kipas. Selain itu, cek juga kondisi Processor, pastikan dalam keadaan baik. Segeraganti dan oleskan thermal paste yang baru pada heatsink dan processor.
ADVERTISEMENT
Masalah Hardisk.
Hardisk yang bermasalah pastinya juga akan membuat PC terjadi hang. Solusinya bisa dengan perawatan secara software. Gunakan Aplikasi Cleaner atau Tune Up untuk membersihkan file temporary. Selain itu, jangan memaksakan Hardisk untuk menyimpan file lebih apabila telah terjadi low space dan badsector.
Masalah RAM.
Yang terakhir, masalah pada memori RAM yang penuh tentunya akan membuat kinerja software dan sistem melambat. Hal ini hanya terjadi pada computer atau Laptop Spek rendah, bisa RAM 1 GB atau hanya 2 GB. Lebihnya lagi, jika anda membuka banyak software yang boros RAM seperti game berat dan aplikasi desain contoh produk adobe.
Setelah mengetahui beberapa penyebab yang membuat computer dan laptop ngehang, ok, berikut ini. Beberapa alternative cepat cara mengatasinya.
ADVERTISEMENT
1. Tutup Software Pada Task Manager
Untuk masuk pada Task Manager, kamu bisa tekan tombol CTRL+SHIFT+ESC pada laptop brand Dell (laptop yang saya pakai) atau “CTRL+ALT+Del” untuk kebanyakan laptop, nah nanti tunggu sampai masuk pada Fitur Task manager. Pilih dan Hentikan software dengan klik “End Task”.
Dengan cara ini kamu bisa mencoba untuk menutup software atau aplikasi yang berjalan atau yang mengalami masalah tersebut secara paksa.
2. Paksa Shutdown Laptop
Cara lainnya kamu bisa mencobanya dengan Paksa Shutdown laptop. Caranya cukup mudah, kamu tinggal tekan tombol “Power” selama 5 detik maka secara langsung Laptop atau Komputer kamu akan mati. Dan dari situlah kamu bisa mencoba menghidupkannya kembali.
3. Service Ke Teknisi Komputer
ADVERTISEMENT
Apabila solusi diatas tidak mengatasi masalah laptop kamu, kemungkinan terdapat kerusakan pada bagian hardware maka sebaiknya lakukan perbaikan pada seseorang yang lebih ahli dibidangnya. Nah tempat service rekomended nih yang harus kamu kepoin, kunjungi web nya DISINI.
Semoga membantu!!
https://www.urgent.id/service/laptop/4-lambat-tambah-ram.php
https://dianisa.com/mengatasi-komputer-hang-macet-dan-not-responding/
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white