Etape Kedua Tour de Flores Jadi Milik Pebalap Indonesia, Imam Arifin
15 July 2017 15:46 WIB
0
0
Tour de FloresJuara TdF etape kedua, Imam Arifin. (Foto:kumparan/Yoga Cholandha)
Langit cerah belum jua beranjak dari Pulau Flores. Hari ini (15/7) para peserta Tour de Flores 2017 dihadapkan pada rute yang cukup menantang dari Maumere menuju ke Ende.
Balapan dimulai pukul 09.00 WITA dan berakhir kurang lebih empat jam kemudian. Waktu yang dibutuhkan para pebalap memang lebih banyak lantaran jalur ini memiliki empat tanjakan dan hanya satu jalur sprint.
Pada etape kedua ini, pebalap Indonesia dari tim KFC Cycling Team, Imam Arifin, sukses menjadi yang tercepat. Imam sendiri harus bersaing ketat dengan tiga pebalap lain, Nick Miller (Futuro Pro Cycling/Selandia Baru), Felipe Marcelo (7 Eleven Cycling Team/Filipina), dan Thomas Lebas (Kinan Cycling Team/Prancis).
Keempat pebalap tersebut sama-sama mencatatkan waktu 4 jam 2 menit dan 18 detik. Hanya saja, Imam mampu unggul sepersekian detik dalam mencapai garis finis atas lawan-lawannya tersebut.
Atas keberhasilannya meraih posisi terdepan pada etape kedua ini, Imam berhak untuk mengambil alih kaus merah-putih (Best Indonesian Rider) dan biru (Best ASEAN Rider) dari tangan rekan setimnya, Jamal Hibatullah. Namun, Imam belum berhasil meraih kaus kuning yang kali ini jatuh ke tangan Miller. Meski begitu, time gap kedua pebalap ini saat ini hanya 23 detik.
Tour de FloresImam Arifin jadi juara TdF etape kedua. (Foto:kumparan/Yoga Cholandha)
Selain kaus merah-putih dan biru, kaus yang juga berganti pemilik adalah kaus polkadot. Pebalap Jepang, Keisuke Aso (Kinan Cycling Team), berhasil menjadi King of Mountain pada hari ini dan merebut kaus polkadot dari tangan pebalap Taiwan, Wu Chih Hei (Action Cyling Team). Adapun, kaus hijau untuk Best Sprinter masih jadi milik Cheo Hyeong-min (Geumsan Insam Cello/Korea Selatan).
Nah, meski tim KFC Cycling Team secara berturut-turut mampu menempatkan dua pebalap mereka di podium dalam dua etape pertama, di klasemen umum tim mereka masih tertinggal dari Kinan Cycling Team. Ini menarik karena Kinan baru sekali menempatkan wakilnya di podium, dan itu pun ada di peringkat ketiga. Namun, mereka selalu memiliki pebalap-pebalap di papan atas. Belum lagi kesuksesan Aso menjadi King of Mountain juga berkontribusi atas keberhasilan Kinan memuncaki klasemen.
Balapan ini dimulai dari depan Kantor Bupati Sikka di Maumere dan berakhir di depan Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Ende. Untuk menuju garis finis, para pebalap dihadapkan pada dua tanjakan yang ketinggiannya terus meningkat sebelum mendapat jalur sprint.
Tanjakan pertama ada di kilometer 9,2 di Nita dengan ketinggian 269 meter dpl. Kemudian, tanjakan berikutnya ada di Nirang Kliung (kilometer 28,9) dengan ketinggian 301 meter dpl.
Sebelum mencapai tanjakan ketiga, para pebalap mendapat kans untuk memacu sepeda sekencang-kencangnya di daerah Paga yang terletak di kilometer 41,3. Ini adalah kesempatan langka bagi para pebalap karena medan yang harus mereka lalui senantiasa berkelok tanpa henti.
Pada kilomter 60,6, tanjakanketiga itu tiba. Nama daerah yang dilalui di situ adalah Tanaroga yang memiliki ketinggian 482 meter dpl. Namun, bukan inilah tanjakan terberat yang harus dilalui para pebalap karena di kilometer 96,2, mereka harus melewati daerah Liakutu yang berketinggian 1.015 meter dpl.


Adapun, jarak tempuh total yang dilalui para pebalap pada etape kedua ini adalah 142,8 km. Namun, sebelumnya mereka harus menempuh rute seremonial terlebih dahulu mengelilingi Maumere dengan jarak tempuh 7,7 km.
Etape ketiga yang akan menempuh rute Ende-Mbay akan digelar besok pagi (16/7). Balapan ini akan dimulai dari depan Kantor Bupati Ende dan berakhir di Lapangan Berdikari, Mbay.
Hasil etape kedua:
1. (84) Muhammad Imam Arifin (Indonesia), KFC Cycling Team (Indonesia) 4:02:18
2. (32) Nick Miller (Selandia Baru), Futuro Pro Cycling Team (Australia) +00:00
3. (4) Marcelo Felipe (Filipina) , 7 Eleven Cycling Team (Filipina) +00:00
4. (141) Thomas Lebas (Prancis), Kinan Cycling Team (Jepang) +00:00
5. (142) Jai Crawford (Australia), Kinan Cycling Team (Jepang) +00:02
6. (2) Jesse Ewart (Australia), 7 Eleven Cycling Team (Filipina), +05:08
7. (145) Genki Yamamoto (Jepang), Kinan Cycling Team (Jepang) +06:07
8. (81) Jamal Hibatullah (Indonesia), KFC Cycling Team (Indonesia) +06:19
9. (61) Hari Fitrianto (Indonesia), CCN Cycling Team (Laos) +06:34
10. (85) Muhammad Abdurrohman (Indonesia), KFC Cycling Team (Indonesia) +07:54
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab redaksi. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: