10 Cara Kirim CV Lewat Email yang Baik

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
13 Oktober 2022 12:03
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sedang kirim CV lewat email. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sedang kirim CV lewat email. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Cara kirim CV lewat email kini menjadi salah satu alternatif yang dipakai untuk melamar pekerjaan. Sebab, mengirim CV lewat email lebih efisien karena cepat sampai ke tujuan dan mudah dilakukan.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pelamar ketika ingin mengirim CV lewat email. Mulai dari segi keterampilan, kelengkapan informasi, hingga tata bahasa dan kelayakan isi email yang akan diterima recruiter.
Sebagai informasi, CV dan surat lamaran yang baik dapat menjadi penentu bagi recruiter apakah kamu calon kandidat yang cocok atau tidak untuk tahapan berikutnya. Berikut cara mengirim CV lewat email yang baik dan perlu diketahui pelamar.

Cara Kirim CV Lewat Email

Ilustrasi email. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi email. Foto: Unsplash
Berdasarkan informasi dari laman Support Google, selain penggunaannya yang praktis, email juga memungkinkan perekrut maupun pencari kerja mengirim berkas dalam jumlah besar hingga 25 megabita.
Bagi fresh graduate atau lulusan baru, tidak sedikit yang bingung terkait apa saja yang perlu disiapkan sebelum mengirim CV lewat email. Adapun berkas yang perlu disiapkan antara lain CV, surat lamaran, berkas pendukung seperti portofolio, SKCK, sertifikat pelatihan, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Format berkas tersebut biasanya dikirim dalam bentuk PDF atau DOC. Namun, kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan ketentuan yang diminta oleh perusahaan.
Agar lamaran kamu dilirik oleh perekrut, sebaiknya gunakan format yang tepat saat mengirim CV melalui email. Hal ini akan memberikan kesempatan besar untuk bisa melanjutkan ke tahap proses seleksi selanjutnya seperti wawancara.
Ilustrasi sedang melakukan cara kirim CV lewat email. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sedang melakukan cara kirim CV lewat email. Foto: Unsplash
Merujuk buku Sukses Melamar Pekerjaan Lewat Internet karya Jarot Setyaji, berikut cara kirim CV lewat email yang perlu diketahui pelamar kerja:
  1. Buka aplikasi email atau buka melalui peramban.
  2. Lakukan login ke akun email kamu dan pastikan alamat email yang digunakan memakai nama yang wajar, sebab, hal ini akan memberikan kesan profesional sebagai calon karyawan.
  3. Klik opsi “Tulis” atau “Compose” yang ada di bagian kanan bawah (versi HP) atau di bagian kiri atas (versi peramban di laptop).
  4. Masukan alamat email perusahaan pada bagian penerima.
  5. Pada kolom “Subjek Email” masukan dengan format [ Posisi yang dilamar ] - [ Nama Pelamar ] atau sesuaikan dengan format yang sudah ditentukan perusahaan. Jangan sampai bagian subjek email dibiarkan kosong.
  6. Masukan surat lamaran kerja ke dalam body atau isi email. Ini berguna sebagai surat pengantar ke perekrut untuk melihat CV yang kamu kirim.
  7. Unggah berkas yang dibutuhkan dengan menekan opsi Attach Files yang ditandai dengan ikon seperti paper clip. Pada langkah ini kamu bisa mengunggah CV dan berkas pendukung lainnya.
  8. Periksa kembali dan jangan sampai ada tulisan yang typo dan pastikan semua berkas sudah sesuai.
  9. Terakhir, klik tombol Kirim atau ikon pesawat kertas.
  10. Selesai, kamu berhasil mengirim CV lewat email.
ADVERTISEMENT
(NDA)
Mengirim CV lewat email subjeknya apa?
chevron-down
Apa saja isi CV email?
chevron-down
Mengirim CV format apa?
chevron-down