Bisnis
·
3 Mei 2021 16:42

10 Istilah Jual Beli Online yang Perlu Diketahui: PO, Tijek hingga No Afgan

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
10 Istilah Jual Beli Online yang Perlu Diketahui: PO, Tijek hingga No Afgan (72056)
Istilah Jual Beli Online/Freepik.com
Perkembangan dunia digital sangat melejit hal tersebut tentu saja mempengaruhi kegiatan bisnis masyarakat. Hampir seluruh penjualan kini mulai beralih pada jual beli online baik melalui e-commerce, media sosial maupun forum jual beli online.
ADVERTISEMENT
Tak jarang, jual beli online menjadi favorit seluruh masyarakat karena harga yang jauh lebih murah, praktis, dan simpel. Semua dilakukan hanya melalui satu genggaman smartphone mulai dari memilih barang sampai cara pembayaran dan pengiriman.
Dalam transaksi jual beli online inilah terkadang pembeli akan dihadapkan dengan berbagai istilah atau singkayan yang diberikan pada deskripsi produk tersebut. Untuk Anda yang masih merasa awam dengan berbagai istilah tersebut berikut ini akan dijabarkan beberapa istilah-istilah tersebut.
10 Istilah Jual Beli Online yang Perlu Diketahui: PO, Tijek hingga No Afgan (72057)
Istilah Jual Beli Online/Freepik.com

10 Istilah Jual Beli Online

PO (Pre Order)

PO atau Pre Order merupakan istilah untuk pembeli online yang harus menunggu barang untuk dikirim dalam beberapa hari. Pada marketplace, pembeli akan dintruksikan membayar terlebih dahulu dan akan dikirim biasanya maksimal PO tujuh hari. PO biasanya diterapkan pada berbagai produk yang sulit didapat atau yang sifatnya custom atas permintaan pembeli.
ADVERTISEMENT

Cash on Delivery (COD)

Saat berbelanja online, kerapkali Anda sudah tak asing lagi dengan istilah COD. COD berarti mengharuskan pertemuan antara pembeli dan penjual di tempat dan waktu yang telah disepakati. Transaksi ini biasanya berawal dari media sosial atau aplikasi jual beli online bahkan forum jual beli online di berbagai grup media sosial. Penjual akan membawa barang fisik yang dapat langsung dilihat dan dicek dengan seksama. Tapi seiring berjalannya waktu istilah COD sudah mulai bergeser, dalam konteks jual beli online di marketplace, COD artinya tak lagi berarti pertemuan langsung antara penjual dan pembeli.

Testi

Testi adalah kependekan dari testimoni adalah respon kepuasan dari pelanggan mengenai produk ata jasa yang ditawarkan oleh pedagang. Testi sangat penting bagi para penjual karena digunakan para penjual agar calon pelanggan lebih percaya akan produk dan jasa yang mereka tawarkan.
ADVERTISEMENT

PM atau DM

PM atau biasa dikenal dengan istilah private message dan DM berupa direct message sebuah istilah yang digunakan penjual dan pembeli untuk menanyakan seputar produk melalui percakapan pribadi antara penjual dan pembeli.

Ready Stock

Istilah dalam penjualan untuk meyakinkan bahwa stok barang atau produk dalam keadaan mencukupi. Dengan penjelasan ready stock, pembeli tak perlu lagi bertanya apakah produk tersedia atau tidak dan siap untuk dilakukan transaksi

Slow respon

Slow respon merupakan istilah untuk penjual online yang kurang tanggap atau sangat lama dalam menanggapi berbagai pertanyaan konsumen baik melalui pesan pribadi maupun forum jual beli.

WTS dan WTB

Istilah WTS dan WTB juga kerap kali ditemukan dalam forum jual beli online. WTS merupakan kependekan dari ‘Want to Sell’ yang berarti ada seseorang yang ingin menjual barangnya dalam forum jual beli. Sedangkan WTB merupakan istilah untuk orang yang ingin membeli atau mencari barang secara online.
ADVERTISEMENT

No Afgan

No Afgan berarti penjual tidak menerima pembeli yang menawar barang terlalu rendah. Penjual akan membuka tawar menawar tapi dengan selisih yang tidak terlalu jauh. Istilah ini cukup unik karena diambil dari penyanyi terkenal Afgan yang mempopulerkan lagu berjudul sadis. Sadis yang dimaksud adalah istilah yang dipakai untuk menawar barang terlalu rendah dari harga awal. Kebalikan dari sadis adalah nego tipis, yaitu penjual membuka tawar menawar dengan harga sewajarnya.

Tijek

Merupakan kependekan dari mati majek atau mati maja. Istilah ini biasanya digunakan dalam jual beli kendaraan online baik motor atau mobil. Contoh penjual yang menulis deskripsi “tijek 1” yang berarti kendaraan yang ditawarkan pajaknya belum dibayarkan selama 1 tahun.
ADVERTISEMENT

Net

Net merupakan istilah yang digunakan untuk harga barang yang sudah pas dan tak dapat ditawar kembali menurut penjual. Dengan keterangan produk yang diberikan deskripsi Net, penjual menolak pembeli untuk menawar barang.