3 Cara Cek Saldo Polis BNI Life dan Tips Klaim Asuransi dengan Mudah dan Cepat

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
4 April 2022 15:39
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Cek Saldo Polis BNI Life. Foto: Mikhail Nilov/Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Cek Saldo Polis BNI Life. Foto: Mikhail Nilov/Pexels
ADVERTISEMENT
Cara cek saldo polis BNI Life dapat dengan mudah dan praktis dilakukan sehingga kamu tidak perlu repot pergi ke kantor cabang BNI. Metode pengecekan saldo dengan empat cara yaitu melalui website, call center, dan SMS di mana pun dan kapanpun.
ADVERTISEMENT
BNI Life merupakan salah satu penyedia layanan polis asuransi di Indonesia. BNI Life hadir dengan berbagai pilihan produk asuransi yang bisa kamu pilih untuk diri sendiri dan juga keluarga terkasih.
Mengutip informasi dari situs resminya, polis BNI Life merupakan sebuah asuransi yang yang dimiliki oleh PT Bank BNI Indonesia sejak tahun 1996. BNI Life telah memperoleh izin usaha dari pemerintah di bidang asuransi jiwa berdasarkan surat Kementerian Keuangan Nomor 305/KMK.017/1997 tanggal 7 Juli 1997.
Sebelum mengetahui cara cek saldo dan klaim polis BNI Life, ketahui terlebih dahulu produk-produk asuransi yang ditawarkan BNI Life di bawah ini.

Produk Asuransi BNI Life

Asuransi BNI Life menyediakan beberapa jenis asuransi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Terdapat empat jenis asuransi yang ditawarkan oleh BNI Life, yaitu:
ADVERTISEMENT
1. Asuransi Jiwa
Asuransi jiwa BNI Life memberikan perlindungan finansial terhadap risiko kematian yang disebabkan dengan atau tanpa kecelakaan. Terdapat berbagai macam produk asuransi jiwa yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan yaitu BNI Life Perisai Plus, BNI Life Digi Micro Protection, BNI Life Double Protection, BNI Life Plan Multi Protection, dan BLife Spectra Link.
2. Asuransi Pendidikan
Asuransi pendidikan hadir bagi orang tua yang ingin menyiapkan dan memberikan pendidikan terbaik bagi anaknya. Terdapat dua jenis asuransi pendidikan, yang pertama yaitu Solusi Pintar yang menyediakan pemberian dana sejak SD hingga Perguruan Tinggi.
Sedangkan jenis asuransi kedua, BNI Life Smart Education, memberikan manfaat dana bagi anak sejak TK hingga Perguruan Tinggi.
ADVERTISEMENT
3. Asuransi Investasi
BNI Life hadir dengan produk kombinasi investasi. Melalui asuransi ini, kamu bisa mendapatkan proteksi dan investasi sekaligus dalam satu polis saja.
Terdapat dua jenis asuransi yang dapat kamu pilih, yang pertama yaitu Hy-End Pro, yaitu asuransi ini memberikan manfaat Endowment (manfaat meninggal dunia dan manfaat hidup) dan nilai tunai.
Sedangkan asuransi Spectra Double Power merupakan asuransi yang menghadirkan manfaat ganda berupa perlindungan dan tabungan ditambah nilai tunai variabel.
4. Asuransi Hari Tua
Jenis asuransi ini memberikan jaminan hari tua kamu melalui produk yang bernama Solusi Abadi Plus, yakni program asuransi jiwa yang memberikan perlindungan seumur hidup atau sampai usia 90 tahun dengan masa pembayaran premi yang singkat.
ADVERTISEMENT

Cara Daftar Asuransi BNI Life

Kamu bisa mendaftar asuransi BNI Life dengan cara datang langsung ke cabang BNI terdekat di kota kamu, dan bertemu dengan bacassurance specialist BNI Life.
Tak hanya itu, kamu juga bisa mendaftarkan diri melalui contact center 1-500-045 atau melalui website pada halaman produk sehingga dapat melakukan pendaftaran dari rumah.
Ilustrasi BNI Life. Foto: BNI Life
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi BNI Life. Foto: BNI Life

Cara Cek Saldo Polis BNI Life

Berikut langkah cek saldo polis BNI Life tanpa harus mengunjungi kantor BNI secara langsung, simak ketiga metode pengecekan di bawah ini:
1. Cek Saldo Polis BNI Life Lewat Website Resmi
Kamu bisa mengecek saldo BNI Life melalui website resmi BNI Life. Cara ini dapat memudahkan kamu untuk mengetahui informasi seputar polis BNI Life tanpa membutuhkan pulsa telepon, cukup dengan perangkat yang terkoneksi internet.
ADVERTISEMENT
  1. Kunjungi laman resmi polis BNI di bni-life.co.id.
  2. Cari menu Customer Portal.
  3. Setelah itu, silakan masukan username dan password.
  4. Kemudian klik "Login".
  5. Saldo polis BNI Life kamu akan ditampilkan di laman tersebut. Kamu dapat langsung melihatnya.
Nah, selain login melalui Customer Portal, kamu juga bisa menggunakan fitur Live Chat yang letaknya di kanan bawah pada website BNI Life untuk menanyakan kendala atau pertanyaan, lho!
2. Cek Saldo Polis BNI Life Lewat Call Center
Cara kedua, kamu bisa mengeceknya melalui call center. Dengan cara ini kamu akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan hanya dari rumah melalui panggilan suara.
Layanan call center dari BNI Life menerima segala pertanyaan nasabah mengenai layanan, produk, kendala, hingga untuk cek saldo BNI Life. Akan tetapi, pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup, ya.
ADVERTISEMENT
  1. Hubungi call center BNI di nomor 1-500-045
  2. Tunggu hingga panggilan kamu terhubung ke petugas.
  3. Setelah telepon diangkat, ikuti arahan telepon sesuai jenis pengaduan.
  4. Sampaikan bila kamu ingin melakukan pengecekan saldo polis BNI Life.
  5. Petugas akan meminta informasi data diri kamu dan melakukan pengecekan ke operator pusat.
3. Cek Saldo Polis BNI Life Lewat SMS
Langkah terakhir, kamu dapat melakukan pengecekan saldo polis BNI Life melalui pesan singkat. Kamu dapat mengirimkan SMS ke nomor pusat BNI Life, nantinya kamu akan mendapat petunjuk lanjutan berupa balasan. Berikut langkah-langkahnya yang bisa kamu ikuti.
  1. Buka aplikasi pesan di HP kamu.
  2. Ketik nomor tujuan yaitu 0811117626.
  3. Tuliskan isi pesan dengan format SALDO [spasi] Nomor Polis.
  4. Kemudian “kirim” pesan tersebut.
  5. Tunggu beberapa saat, pesan akan dibalas otomatis oleh sistem.
ADVERTISEMENT

Cara Klaim Asuransi BNI Life

Menyadur dari BNI Life, klaim asuransi adalah permohonan resmi yang dikirim oleh pemegang polis kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung, untuk melaksanakan hak pemegang polis yang diatur dalam polis asuransi.
Klaim asuransi ini adalah hak yang wajib diterima bagi kamu sebagai nasabah, asalkan kamu membayar premi asuransi secara rutin. Mari ketahui persyaratan klaim berikut ini.
  • Formulir pengajuan klaim, Anda bisa mengunduhnya di website perusahaan asuransi
  • Resume medis yang sudah terisi lengkap dan jelas
  • Kuitansi asli biaya perawatan
  • Rincian biaya yang lengkap
  • Perincian obat-obatan
  • Fotokopi hasil pemeriksaan diagnostik, seperti hasil rontgen, laboratorium, dan lain-lain
Sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan asuransi kesehatan, BNI Life menghadirkan inovasi guna mempercepat proses klaim asuransi, lho! Ada 2 cara klaim asuransi yang bisa dipilih kamu tentunya dengan proses yang singkat.
ADVERTISEMENT
1. Klaim 25 Menit
Proses klaim manfaat dapat ditanggung dengan nominal hingga Rp10 juta melalui transfer hanya dalam 25 menit saja. Cara pengajuannya juga mudah, yaitu nasabah tinggal mendatangi dan menyerahkan dokumen lengkap ke Customer Care Center yang berada di Kantor Pusat BNI Life. Selanjutnya, pihak BNI Life akan memverifikasi manfaat apa yang akan didapatkan oleh nasabah kemudian manfaat cair.
2. Klaim 1 Hari
Adapun manfaat yang dapat ditanggung dengan cara ini hingga Rp100 juta. One day service ini cara pengajuannya tak jauh berbeda dengan klaim 25 menit. Namun, diperlukan beberapa dokumen lain yang lebih rinci sesuai dengan produk layanan yang akan diklaim. Setelah proses penyerahan berkas dokumen dan verifikasi dilakukan, manfaat akan dicairkan dalam waktu 1x24 jam.
ADVERTISEMENT
(SRS)