4 Cara Komplain Paket JNE karena Salah Alamat

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
4 Maret 2022 16:40
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
4 Cara Komplain Paket JNE karena Salah Alamat (8070)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Komplain JNE Salah Alamat. Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
ADVERTISEMENT
Kualitas layanan dari sebuah perusahaan ekspedisi kerap dinilai kurang memuaskan oleh pelanggannya. Salah satu contohnya jika paket yang dikirimkan melewati batas estimasi yang ditentukan hingga kurir yang bertugas salah alamat.
ADVERTISEMENT
Kondisi tersebut lumrah terjadi, termasuk pada ekspedisi besar seperti JNE, sehingga tak jarang banyak pelanggan yang mencari tahu cara komplain JNE salah alamat.
Paket yang salah alamat, tentu saja menyebabkan lambatnya proses mengirim barang. Faktor yang menyebabkan kurir salah alamat di antaranya kesalahan petugas saat memasukkan data hingga kurir tak dapat menjangkau alamat tujuan.
Bagi kamu yang tengah mengalami kendala serupa, simak beberapa cara mengajukan komplain ke pihak JNE saat pengiriman paket salah alamat.

Cara Komplain JNE Salah Alamat

4 Cara Komplain Paket JNE karena Salah Alamat (8071)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi paket salah alamat. Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi.
Mengajukan komplain atau keluhan merupakan langkah terakhir yang dapat dilakukan saat pelanggan mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan. Pun demikian saat paket yang ditunggu ternyata salah alamat.
Akan tetapi, sebelum mengajukan komplain, ada baiknya jika kamu menyiapkan berbagai data penunjang seperti nama, alamat, nomor resi, dan nomor HP pengirim maupun nomor kamu pribadi. Setelah beberapa hal tersebut telah disiapkan, simak empat cara komplain JNE salah alamat berikut ini.
ADVERTISEMENT
1. Ajukan keluhan ke kantor cabang JNE terdekat
Metode pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi paket yang salah alamat, yakni dengan mengajukan keluhan ke kantor cabang JNE terdekat. Kamu bisa menghubungi kontak kantor cabang JNE terdekat melalui Internet.
Bila perlu, datangi langsung kantor cabang tersebut jika dirasa masih bisa dijangkau. Jangan lupa siapkan resi dan identitas seperti KTP. Sampaikan keluhan secara jelas dan mintalah solusi terbaik.
2. Cara komplain JNE melalui platform media sosial
Alternatif lain yang dapat kamu lakukan saat mengalami paket yang salah alamat, yakni dengan mengirim pesan ke platform media sosial JNE berikut:
  • Facebook: JNE
  • Twitter: @JNE_ID
  • Instagram: @JNE_ID
Sampaikan keluhan dan kendala yang kamu alami. Pihak JNE akan merespons paling lama 30 menit setelah komplain diajukan.
ADVERTISEMENT
3. Cara komplain JNE melalui Call Center
Selain dua cara di atas, kamu juga dapat mengajukan komplain melalui call center. Caranya, hubungi nomor (021) 2927 8888. Setelah tersambung, pilih kode layanan yang diberikan oleh bot panggilan.
Kemudian, kamu akan disambungkan ke petugas call center. Sampaikan keluhan dengan runtut dan mintalah solusi terbaiknya. Selanjutnya, petugas akan memberi kode laporan dan menghubungi kamu kembali saat keluhan selesai ditangani.
4. Cara komplain JNE melalui email pengaduan
JNE menyediakan alamat email pengaduan yang dapat diakses melalui [email protected] Untuk mengajukan keluhan mengenai paket yang salah alamat, ikut beberapa cara penulisan email berikut:
  • Pada bagian subjek email, usahakan jangan bertele-tele. Sebutkan jenis kendala yang dialami. Misalnya, “[Komplain] Paket Salah Alamat – Mohon Segera Ditanggapi“.
  • Sementara itu, pada bagian tubuh email, ceritakan keluhan secara jelas dan ringkas. Jangan lupa untuk menyertakan nomor resi, informasi pengirim dan penerima, serta nomor HP.
ADVERTISEMENT
Itulah empat cara komplain JNE salah alamat yang dapat kamu lakukan secara langsung. Semoga bermanfaat!
(ANM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·