4 Cara Mengecek Nomor Jamsostek Secara Online

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
3 Maret 2023 13:43
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kartu kepesertaan Jamsostek. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kartu kepesertaan Jamsostek. Foto: Shutterstock
Cara mengecek nomor Jamsostek secara online perlu dipahami oleh para pesertanya. Jadi, apabila lupa dengan nomor Jamsostek dan kartu kepesertaan hilang, kamu tidak lagi perlu khawatir karena tetap bisa mengetahuinya.
Adapun pengecekan nomor Jamsostek secara online ini hanya membutuhkan gadget dan jaringan internet yang stabil. Untuk langkah-langkahnya, kamu bisa mengetahuinya dengan menyimak uraian di bawah ini.

Cara Mengecek Nomor Jamsostek Secara Online

Sebagai badan hukum publik, Jamsostek memberikan fasilitas berupa perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko ekonomi tertentu akibat hubungan kerja.
Melalui fasilitas ini, para pekerja akan memiliki tabungan jaminan hari tua (JHT) yang dananya berasal dari potongan gaji setiap bulannya. Karena itu, kamu perlu mengetahui nomor Jamsostek agar pengurusannya bisa dilakukan dengan mudah.
Jika kartu kepesertaan hilang, tetapi kamu butuh nomor Jamsostek untuk keperluan administrasi atau lainnya, maka bisa lakukan pengecekan secara online. Berikut cara mengecek nomor Jamsostek secara online.
Ilustrasi sedang mengecek nomor Jamsostek secara online. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sedang mengecek nomor Jamsostek secara online. Foto: Pixabay

1. Melalui Website

Pengecekan nomor Jamsostek secara online bisa dilakukan melalui website BPJS Ketenagakerjaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Kunjungi website BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Masukkan alamat email dan password yang sudah terdaftar.
  3. Klik login.
  4. Pilih cek kartu digital.
  5. Selanjutnya nomor BPJS Ketenagakerjaan kamu akan terlihat di layar.

2. Melalui Aplikasi

Pemerintah kini sudah menyediakan aplikasi resmi untuk keperluan pengurusan Jamsostek bernama BPJSKTKU. Tidak hanya cek nomor Jamsostek, kamu juga bisa melakukan pengecekan saldo dan mendapatkan sejumlah informasi lainnya melalui aplikasi ini.
Untuk mengecek nomor Jamsostek melalui BPJSTKU, kamu harus memastikan bahwa sudah melakukan registrasi akun di aplikasi tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah cek nomor Jamsostek melalui aplikasi BPJSTKU:
  1. Buka aplikasi BPJSTKU.
  2. Klik Login.
  3. Masukkan alamat email dan kata sandi dari akun yang sudah terdaftar.
  4. Setelah login, pilih menu kartu digital.
  5. Tunggu hingga muncul kartu digital peserta berupa 11 digit angka.
  6. Nantinya informasi kartu akan muncul beserta nomor BPJSTKU dan nomor referensinya.

3. Melalui Media Sosial

Cara mengecek nomor Jamsostek juga bisa dilakukan melalui media sosial resmi BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mengetahui media sosial resmi BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa langsung saja kunjungi laman www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak.html.
Kamu juga bisa menggunakan aplikasi WhatsApp di nomor +62 811-9115910 dan +62 855-1500910. Namun, layanan Jamsostek via WhatsApp ini hanya terbatas untuk Pekerja Migran Indonesia (TKI) di luar negeri saja.

4. Melalui Call Center

Cara terakhir untuk mengecek nomor Jamsostek secara online yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi call center atau pusat panggilan BPJS Ketenagakerjaan di nomor 175.
Sampaikan apa yang ingin kamu ketahui dan tanyakan secara detail informasinya. Hubungi pusat panggilan pada jam kerja dan pastikan pulsa kamu mencukupi saat menelepon.
(NDA)
Apakah bisa cek nomor Jamsostek online?
chevron-down
Apakah Jamsostek menyediakan layanan pesan WhatsApp?
chevron-down
Berapa nomor call center Jamsostek?
chevron-down