5 Peluang Usaha 2024 yang Mendatangkan Keuntungan

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
23 Februari 2024 18:57 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi peluang usaha 2024. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi peluang usaha 2024. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Bagi yang tertarik untuk merintis bisnis di tahun ini, mungkin ingin tahu apa saja peluang usaha 2024 yang menjanjikan. Untuk memulai usaha, memikirkan ide bisnis apa yang cocok seringkali menjadi tantangan tersendiri.
ADVERTISEMENT
Seorang wirausaha perlu berpikir kreatif untuk memunculkan inovasi agar bisnis yang dijalankan mampu bersaing dengan bisnis lainnya. Selain itu, pengusaha juga perlu mengikuti perkembangan pasar yang saat ini menjadi tren.
Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang dapat dijadikan peluang usaha.

Ide Peluang Usaha 2024

Ilustrasi peluang usaha 2024. Foto: Pexels

1. Bisnis Dropship

Bisnis dropship menjadi peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2024. Cara untuk memulai bisnis ini terbilang cukup mudah, bahkan seseorang tidak perlu mempersiapkan modal yang banyak.
Pada sistem dropship, seseorang bekerja dengan cara orang menjual produk orang lain tanpa menyiapkan pengiriman produk karena produk akan disiapkan dan dikirim oleh penjual langsung.
Dropshiper bertugas dalam merekap pesanan, menerima pembayaran, dan memastikan barang dikirimkan ke konsumen dengan baik.
ADVERTISEMENT

2. Program Affiliate Marketing

Perkembangan internet juga menciptakan peluang untuk mendapatkan penghasilan. Salah satu yang menawarkan keuntungan menarik adalah tergabung dalam program affiliate marketing.
Caranya adalah dengan mempromosikan produk atau layanan yang tersedia di berbagai platform dengan membagikan kode referral ataupun tautan (link).
Saat pelanggan menggunakan kode atau mengeklik link affliasi dan membeli produk yang ditawarkan, maka seorang affiliator berhak mendapat komisi sekian persen sesuai perjanjian.

3. Layanan Kursus Online

Membuka usaha pelatihan atau kursus online merupakan pilihan yang tepat untuk memaksimalkan peluang di era digital. Terlebih lagi, saat ini pendidikan online sangat diminati oleh banyak orang karena menawarkan kemudahan dalam mendapatkan pembelajaran di berbagai bidang.
ADVERTISEMENT
Seseorang dapat membuka kursus online sesuai dengan bidang atau materi yang dikuasai. Misalnya mata pelajaran sekolah, bahasa asing, musik, hobi, pengembangan diri, dan, masih banyak lagi.
Untuk memulai usaha ini seseorang perlu menyiapkan perangkat yang memadai dan koneksi internet yang tinggi.

4. Bisnis Franchise

Bagi yang tertarik untuk membuka bisnis di tahun ini, maka bisa mempertimbangkan ikut franchise atau waralaba. Hal ini dapat dipilih bagi seseorang yang belum memiliki pengalaman di bidang bisnis.
Namun untuk melakukan bisnis waralaba, seseorang perlu menyiapkan modal yang cukup besar. Hal ini untuk membayar biaya yang digunakan untuk penggunaan merek dagang, membeli peralatan dan perlengkapan, hingga menyewa lahan untuk berjualan.
Ada berbagai macam bisnis franchise yang tersedia, mulai dari kebab, es teh, minuman, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT

5. Usaha Katering

Usaha katering masih menjadi peluang usaha yang menarik saat ini. Apalagi makanan merupakan kebutuhan pokok yang tidak ada habisnya.
Katering dibutuhkan untuk menyediakan makanan untuk acara kantor, pernikahan, pengajian, dan masih banyak lagi.
Jika memiliki hobi memasak, katering adalah ide bisnis yang paling cocok untuk ditekuni. Menu yang ditawarkan bisa berasal dari menu sehari-hari.
Pada tahap awal dalam menjalankan usaha katering tidak terlalu membutuhkan modal besar. Karena dapat memanfaatkan dapur dan barang-barang peralatan memasak yang sudah ada.
(SA)