Bisnis
·
7 April 2021 17:08

5 Tips Kelola THR Lebaran Saat Masa Pandemi

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
5 Tips Kelola THR Lebaran Saat Masa Pandemi (543654)
searchPerbesar
Tips Kelola THR Lebaran/Freepik.com
Ramadan segera tiba, penghujung Ramadan adalah momen yang dinantikan semua masyarakat yaitu perayaan idul fitri. Tentu saja banyak momen selain perayaan idul fitri yang dinantikan, THR pun menjadi salah satu yang paling ditunggu.
ADVERTISEMENT
Tapi sayangnya perayaan Ramadan dan idul fitri tahun ini masih diselimuti dengan pandemi COVID-19. Rencana mudik pun harus ditunda, berbagai rekreasi dan liburan juga demikian.
Maka dari itu, alokasi THR pun selama pandemi juga berubah. Agar pengelolaan THR lebaran lebih baik, simak tips kelola THR lebaran saat masa pandemi berikut ini.
Bersumber dari Dimas Ardhinugraha selaku Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) terdapat sejumlah tips mengenai bagaimana mengatur ulang prioritas alokasi THR di tengah situasi pandemi saat ini.

Prioritas Utama

Jangan lupa membayar zakat. Setelah menerima sejumlah THR dari perusahaan, utamakan untuk menunaikan kewajiban saat bulan Ramadan tiba yaitu membayar sejumlah zakat. Alokasikan THR untuk membayar zakat fitrah dan sedekah. Tentu saja pandemi seperti ini membuat banyak orang kehilangan mata pencahariannya sehingga tentu saja wajib menyisihkan dana untuk berbagi.
ADVERTISEMENT

Prioritas Kedua

Bayarlah utang-utang terutama utang yang bersifat konsumtif seperti kartu kredit. Hal tersebut untuk menghindari snowball effect dari bunga kredit. Hal tersebut juga berguna untuk berjaga-jaga jikalau tiba-tiba penghasilan berkurang atau hilang sebagai efek pandemi yang belum jelas kapan berakhir

Prioritas Ketiga

Prioritas selanjutnya adalah dana THR yang masuk ke pos dana darurat. Jika masih memiliki sisa dana THR, selanjutnya jangan digunakan untuk belanja konsumtif atau berbagai hal yang tidak perlu dan lebih baik memanfaatkan dana tersebut masuk ke dana darurat.
Hal tersebut tentu saja akan sangat berguna di saat tiba-tiba terjadi musibah yang tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, mobi dan motor rusak, dan lain sebagainya.

Prioritas Keempat

Sisihkan dana THR untuk disimpan sebagai rencana mudik jika semua suasana telah normal. Hal tersebut sangat penting apabila kondisi telah stabil, Anda tak perlu bingung mengenai masalah biaya untuk mudik kembali.
ADVERTISEMENT

Prioritas Kelima

Jika dana THR masih tersisa atau tidak memiliki rencana mudik, Anda bisa mengalokasikan pada ‘dana nganggur’ prioritas terakhir ini dapat Anda gunakan untuk membeli segala kebutuhan hari raya. Anda juga bisa mengalokasikan untuk ditabung kembali atau memasukkan pada dana investasi seperti reksa dana atau lainnya.
Itulah lima tips dan prioritas kelola THR lebaran saat masa pandemi. Upayakan selalu membagi beberapa prioritas utama atau kewajiban terlebih dahulu. Agar lebih detail dan tidak ada yang lupa, Anda bisa menuliskannya secara detail di notebook.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white