Apa Itu KTT G20? Ini Penjelasan dan Daftar Anggotanya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
11 Maret 2022 16:08
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Presidensi G20 Indonesia. Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Presidensi G20 Indonesia. Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Indonesia secara resmi memegang Presidensi G20 pada tahun ini. Hal tersebut berarti Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan G20, mulai dari 1 Desember 2021 hingga KTT G20 di November 2022.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari KumparanBisnis, Presidensi G20 Indonesia 2022 mengusung tema “Recover Together Recover Stronger”. Melalui tema tersebut, Indonesia ingin mengajak negara anggota G20 untuk bersama mendukung pemulihan perekonomian dunia agar tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.
Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu KTT G20 dan juga forum G20 secara umum, kamu dapat menyimak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini berikut ini.

Mengenal G20

Sebelum membahas apa itu KTT G20, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu tentang G20 dan sejarahnya.
Melansir dari laman resmi Bank Indonesia, G20 atau singkatan dari Group of Twenty merupakan sebuah forum kerja sama multilateral yang beranggotakan 19 negara utama dan juga Uni Eropa (EU).
Forum G20 merupakan bentuk representasi lebih dari 60 persen populasi di Bumi, 75 persen perdagangan global, 80 persen ekonomi, dan Produk Domestik Bruto (PDB) di dunia.
ADVERTISEMENT
Negara anggota G20, yaitu Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, dan Brasil. Kemudian negara lain yang tergabung dalam G20 adalah India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Prancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.
Setiap tahun, negara anggota G20 bergilir untuk menjadi tuan rumah atau presidensi. Fungsi presidensi dipegang oleh salah satu negara anggota yang berganti setiap tahun.
Presidensi G20 ditetapkan secara konsensus pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) berdasarkan sistem rotasi kawasan dan berganti setiap tahunnya. G20 tidak memiliki sekretariat tetap dan terdiri atas Jalur Keuangan (Finance Track) dan Jalur Sherpa (Sherpa Track).

Apa Itu KTT G20?

Presidensi G20 Indonesia. Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Presidensi G20 Indonesia. Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO
Lalu, apa itu KTT G20? Mengutip dari situs resmi Bank Indonesia, KTT merupakan singkatan dari Konferensi Tingkat Tinggi yang diadakan dalam forum G20.
ADVERTISEMENT
Merujuk hal tersebut, KTT G20 adalah puncak utama dari segala pertemuan utama G20. Prosesi tersebut berupa rapat yang akan dihadiri oleh berbagai kepala negara atau pemerintahan yang ada di dunia.
Meskipun forum ini memiliki fokus pada isu ekonomi, pertemuan para pemimpin negara dalam KTT G20 juga akan membahas berbagai isu non-ekonomi. Contohnya isu kesehatan dan keamanan setiap negara.

Jenis Pertemuan G20

Selain KTT G20, terdapat berbagai jenis pertemuan lainnya yang diadakan dalam forum G20. Mengutip dari laman Bank Indonesia, berikut ini berbagai jenis pertemuan G20:
1. Pertemuan tingkat Menteri dan Deputi (Ministerial & Deputies Meetings)
Pertemuan tingkat menteri dan deputi merupakan pertemuan yang dihadiri menteri dan deputi negara anggota G20 pada pembahasan dengan substansi Finance Track dan Sherpa Track.
ADVERTISEMENT
2. Peran kerja (Working Groups)
Pertemuan ini akan dihadiri oleh para ahli dari negara anggota G20 untuk membahas mengenai berbagai isu spesifik mengenai agenda G20.
(FNS)