Bisnis
·
23 Juli 2021 5:39
·
waktu baca 2 menit

Apa Itu Skimming ATM dan Cara Menghindarinya

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Apa Itu Skimming ATM dan Cara Menghindarinya (78644)
searchPerbesar
Ilustrasi menggunakan mesin ATM Foto: Shutterstock
Skimming ATM pada beberapa bulan lalu sempat menjadi perbincangan. Salah satu modus penipuan ini menyangkut dengan data pribadi dan rekening yang dimiliki nasabah bank. Kasus skimming di bank bisa melibatkan sejumlah rupiah yang tidak sedikit. Bahkan, ada korban yang sempat mengaku kehilangan uang sebesar Rp128 juta akibat dari kasus skimming ATM.
ADVERTISEMENT

Apa Itu Skimming ATM?

Dilansir dari OJK melalui laman situs sikapiuangmu.ojk.go.id, skimming merupakan tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal.
Skimming adalah salah satu jenis penipuan yang masuk ke dalam metode phishing. Phishing merupakan salah satu ancaman kejahatan yang dilakukan dengan cara mencuri data penting orang lain, misalnya data bank seperti nomor rekening, data ATM seperti nomor kartu dan PIN, data kartu kredit seperti nomor dan jenis kartu serta PIN, dan lain sebagainya.
Pelaku skimming ATM biasanya mengincar kartu debit/kredit bersama dengan PIN atau Personal Identification Number dan 16 digit (atau antara 13-19 digit) Payment Account Number (PAN) yang menjadi identitas khusus kartu tersebut.
ADVERTISEMENT
Kartu debit atau kredit ibarat kunci untuk melakukan transaksi keuangan di mesin ATM. Fisik dan penampakan dari kartu yang dimiliki juga biasanya sama dengan kartu Debit/Kredit milik orang lain. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan pelaku untuk melancarkan aksi skimming ATM.
Pelaku akan memodifikasi perangkat keras atau perangkat lunak (hardware dan software) alat pembayaran atau menggunakan skimmer (alat pembaca kartu) yang ditempelkan pada lubang kartu mesin ATM.
Bentuk alat tersebut persis menyerupai bentuk slot kartu mesin ATM. Alat tersebut kemudian akan merekam informasi dari kartu ATM korban dan menduplikat kartu ATM korban menggunakan data yang sudah terkumpul dari alat skimming ke kartu kosong miliknya.
Kartu tersebut nantinya dapat digunakan pelaku dengan menggunakan PIN yang sebelumnya diperoleh dari korban melalui kamera pengintai yang sebelumnya juga dipasang pelaku pada mesin ATM.
Apa Itu Skimming ATM dan Cara Menghindarinya (78645)
searchPerbesar
Suasana di ATM Bank Mandiri di Thamrin City, Jakarta. Foto: Selfy Sandra Momongan/kumparan

Bagaimana Cara Menghindari Skimming ATM?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan dan privasi dari kartu debit/kredit yang dimiliki. Menyadur dari laman situs sikapiuangmu.ojk.go.id, berikut adalah bentuk-bentuk pencegahan modus skimming ATM.
ADVERTISEMENT
  • Menandatangani bagian belakang kartu jika tidak terdapat nomor kartu. Tepatnya adalah di panel tanda tangan pemegang kartu yang diotorisasi (authorized signature) yang berada di bawah pita magnetik.
  • Saat memilih nomor PIN, hindari nomor-nomor atau huruf yang mudah ditebak. Hindari menggunakan inisial, tanggal lahir, nomor telepon, atau kombinasinya.
  • Hapalkan nomor PIN yang kamu miliki dan saat akan menekan nomor PIN, baik di ATM maupun di mesin EDC. Pastikan juga untuk menutupi tombolnya, sehingga tidak bisa dilihat oleh orang lain.
  • Ubahlah PIN kartu secara berkala.
  • Jangan memberikan data atau informasi kartu kamu kepada orang lain atau pihak yang tidak jelas.
  • Memeriksa lembar slip transaksi, memperhatikan aktivitas rekening melalui ATM atau iBanking, dan mencocokkan dengan slip transaksi untuk memastikan bahwa transaksi yang tercetak di lembar laporan rekening terpadu atau consolidated statement sesuai dengan transaksi yang dilakukan.
  • Jangan pernah menandatangani slip transaksi yang kosong.
  • Segera melaporkan kepada bank apabila terdapat perbedaan atau kesalahan.
ADVERTISEMENT
(AMP)