Apa Itu Testimoni dan Peran Pentingnya untuk Pengembangan Bisnis

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
8 September 2022 17:44 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi testimoni. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi testimoni. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Tidak sedikit orang akan mengecek testimoni pelanggan lain ketika hendak membeli suatu barang. Karenanya, penting bagi para pebisnis untuk membuat testimoni penjualan agar banyak pembeli yang percaya dengan usahanya. Lantas, apa itu testimoni?
ADVERTISEMENT
Testimoni adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah bisnis. Dengan menambahkan testimoni, bisnis dapat terlihat semakin profesional dan kredibel, sehingga pelanggan pun merasa teryakinkan untuk memilih produk maupun jasa yang ditawarkan.
Testimoni tersebut bisa positif maupun negatif, semuanya tergantung dari sang pebisnis sebagai penjual, apakah ia benar profesional atau tidak dalam menjalankan bisnisnya. Untuk penjelasan lebih dalam mengenai apa itu testimoni, simak uraian artikel di bawah ini hingga tuntas.

Apa Itu Testimoni

Ilustrasi testimoni. Foto: Pixabay
Andrew Griffiths menyebutkan dalam buku 101 Strategi Jitu Bisnis Pasti Sukses dengan Creative Marketing!, testimoni adalah pernyataan dari pelanggan tentang betapa luar biasanya suatu bisnis.
Sementara menurut Widya Ariyadi dalam buku Jurus Jitu Menguasai Copywriting, testimoni adalah kesaksian, pendapat, opini, atau saran yang disampaikan oleh seseorang tentang sebuah produk atau jasa yang sudah mereka gunakan, tentang kepuasan dan komentar pribadi mereka terhadap produk atau jasa tersebut.
ADVERTISEMENT
Diterangkan pula oleh Chandra Hartanto dalam buku Membangun Kerajaan Bisnis Bersama, testimoni adalah unggahan yang berisi pengalaman konsumen bertransaksi dengan suatu bisnis.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa testimoni adalah pernyataan kepuasan pelanggan dalam bentuk komentar, saran, atau opini, yang berisi pengalamannya setelah bertransaksi dan atau menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan suatu bisnis.
Tidak sembarangan orang bisa memberikan testimoni dalam suatu bisnis. Jika seseorang memberikan testimoni padahal dia belum mencoba atau menggunakan produk yang ditawarkan, itu sama saja seperti pembohongan publik dan akan merugikan diri sendiri pada akhirnya.
Kendati demikian, selama suatu bisnis memiliki produk atau jasa yang bagus dan sesuai dengan yang dipromosikan, kebanyakan testimoni akan berisi pujian dari pelanggannya.
ADVERTISEMENT

Pentingnya Testimoni

Ilustrasi testimoni. Foto: Pixabay
Dikutip dari buku Testimonial karangan Zainal Abidin Partao, berikut beberapa alasan mengapa testimoni dianggap sangat penting untuk sebuah bisnis:
ADVERTISEMENT
(NDA)