Apa Kunci Keberhasilan Usaha Jasa dan Bidang Lainnya? Ini Penjelasannya

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
13 September 2023 11:42 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi membahas kunci keberhasilan usaha. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membahas kunci keberhasilan usaha. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penting bagi pengusaha di bidang jasa maupun lainnya untuk mengetahui kunci keberhasilan usaha. Dengan begitu, pengusaha bisa mendeteksi apa saja yang menjadi penyebab bisnis tidak berkembang atau bahkan gagal.
ADVERTISEMENT
Sebagaimana diketahui, sukses tidaknya suatu bisnis pada dasarnya tidak bergantung pada besar kecilnya ukuran usaha, tetapi lebih dipengaruhi oleh bagian pengelolaannya. Percuma saja memiliki modal yang besar, namun sistem pengelolaan usahanya sangat buruk.
Belum lagi ada risiko lain yang tidak terduga seperti musibah akibat bencana alam. Lantas, apa kunci keberhasilan usaha jasa dan bidang lainnya? Untuk mengetahui jawaban lengkapnya, simak uraian Berita Bisnis di bawah ini.

Kunci Keberhasilan Usaha Jasa dan Bidang Lainnya

Ilustrasi membahas kunci keberhasilan usaha. Foto: Pexels
Kunci dari keberhasilan usaha jasa ataupun bidang lainnya adalah paham dengan faktor utama pengembangan suatu bisnis. Merangkum buku Kewirausahaan karya Dr. Ns. Elis Anita Farida, berikut faktor utama pendukung keberhasilan usaha.

1. Faktor manusia

Dengan modal dasar akal, manusia akan mampu mewujudkan tujuan usahanya. Secanggihnya teknologi, tetap membutuhkan manusia dalam pengoperasiannya.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, tetap harus mencari sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Karena jika manusianya pemalas, bodoh, apatis, dan tidak mempunyai semangat untuk maju, maka bisnis tentu akan menemui kegagalan.

2.Faktor keuangan

Seorang wirausaha minimal harus mengetahui dan mampu menerapkan pedoman dasar dalam mengurus keuangan. Kunci utama mengurus keuangan yaitu adanya pembukuan dan administrasi yang rapi, teliti, dan tepat.

3. Faktor organisasi

Dengan adanya organisasi, maka sumber daya manusia akan masuk ke dalam suatu pola. Sehingga, orang-orang di dalam perusahaan dapat bekerja sesuai dengan kemampuannya, dan bisa mencapai suatu tujuan.
Ilustrasi berdiskusi tentang faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha. Foto: Pixabay

4. Faktor perencanaan

Perencanaan usaha berfungsi menentukan dan merumuskan tujuan usaha yang diharapkan. Dengan perencanaan yang matang maka kegiatan usaha yang dilaksanakan dapat terkendali, terukur berhasil tidaknya dan terhindar dari kesalahan. Apabila suatu usaha dilakukan tanpa adanya perencanaan maka usaha tersebut dapat gagal.
ADVERTISEMENT

5. Faktor pengelola usaha

Pengelolaan usaha yang baik akan membantu tercapainya keberhasilan suatu bisnis. Pengelolaan usaha umumnya mencakup banyak hal, di antaranya:

6. Faktor pemasaran

Pemasaran dapat menentukan mati hidupnya perusahaan. Dianggap demikian karena pemasaran dapat menentukan mengalirnya barang-barang dan jasa ke tangan konsumen secara tepat dan cepat.

7. Faktor administrasi

Usaha apapun yang akan dijalankan oleh seorang wirausaha perlu sekali mencatat kejadian-kejadian dalam kegiatan usahanya. Seorang wirausahawan yang berhasil selalu mencatat dan mendokumentasikan segala kejadian usahanya yang berkaitan dengan masalah administrasi.

8. Faktor fasilitas pemerintah

Fasilitas pemerintah juga menjadi faktor utama pendukung keberhasilan suatu usaha. Bentuk fasilitas dari pemerintah yang dibutuhkan para pengusaha di antaranya berupa modal, kemudahan pengurusan izin usaha, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
(NDA)