Apa Pentingnya Membuat Rencana Aksi dalam Perencanaan Usaha?

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
28 Maret 2023 14:02 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mempelajari perencanaan usaha. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mempelajari perencanaan usaha. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Langkah awal yang wajib dilakukan pengusaha dalam membangun bisnisnya adalah membuat perencanaan usaha atau business plan. Perencanaan usaha merupakan rencana strategis yang akan dilakukan suatu bisnis untuk bisa mencapai target.
ADVERTISEMENT
Ada banyak komponen yang perlu dimasukkan dalam perencanaan usaha, salah satunya rencana aksi. Lantas, apa pentingnya membuat rencana aksi dalam perencanaan usaha atau business plan?
Bagi kamu yang baru terjun ke dunia bisnis, simak informasi seputar manfaat dari membuat rencana aksi dalam perencanaan bisnis dan komponen penyusun business plan lainnya dalam uraian artikel di bawah ini.

Pentingnya Membuat Rencana Aksi dalam Perencanaan Usaha

Ilustrasi mempelajari perencanaan usaha. Foto: Pixabay
Penyusunan rencana usaha sangat diperlukan, karena jika tidak ada rencana bisnis maka akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan investor. Selain untuk menarik investor, rencana usaha juga sangat diperlukan untuk kemajuan sebuah bisnis ke depannya.
Dalam menyusun perencanaan usaha, tentu akan sangat berhubungan dengan suatu aksi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) aksi dapat dimaknai sebagai gerakan atau tindakan. Dalam bisnis, aksi merupakan tindakan yang dipilih untuk mencapai target.
ADVERTISEMENT
Merangkum dari buku Entrepreneurship (Pengantar Kewirausahaan) oleh Suryadharma Sim, alasan dari pentingnya membuat rencana aksi dalam perencanaan usaha adalah sebagai berikut.

1. Untuk Mengawali Sebuah Bisnis atau Usaha

Perencanaan usaha berfungsi untuk merancang strategi dan rencana awal bisnis. Sebuah bisnis akan sulit berkembang apabila dijalankan tanpa rencana ataupun rancangan bisnis.
Untuk itu, sangatlah penting bagi seorang pengusaha untuk menyusun sebuah rencana aksi agar bisnis yang ditekuni lebih terarah dan terorientasi dengan benar dan dapat mencapai kesuksesan.

2. Untuk Mencari Sumber Dana

Rencana aksi yang telah disusun menjadi semacam proposal atau pelengkap proposal bisa diberikan kepada pihak untuk mendapatkan modal usaha.
Ilustrasi membuat perencanaan usaha. Foto: Pixabay

3. Membuat Bisnis Lebih Fokus dan Terarah

Seorang pengusaha perlu menyusun sebuah rencana dan rancangan aksi dalam menjalankan usaha agar bisnis yang akan dijalankan lebih fokus dan terarah dalam berbagai aspek. Mulai dari menentukan jenis bisnis, modal, strategi bisnis, serta jenis pemasaran yang akan digunakan.
ADVERTISEMENT

4. Memprediksi Masa Depan

Business plan juga dapat digunakan untuk memprediksi masa depan bisnis yang akan dijalankan. Sebab, saat menyusun rencana bisnis, maka akan terlihat gambaran jangka pendek, menengah dan panjang bagi bisnis yang akan dijalankan.

5. Untuk Menaikkan Level Bisnis

Perencanaan usaha juga dapat menaikkan level bisnis yang sedang dijalankan. Rencana dan rancangan usaha yang disusun dengan baik akan membuat gairah tersendiri bagi pebisnis untuk menjalankan usaha mereka.

Komponen dalam Perencanaan Usaha

Menurut buku Manajemen Bisnis oleh Dr. Muhammad Rifa’i, M.Pd, selain rencana aksi, komponen dalam perencanaan usaha pada umumnya meliputi:
(NDA)