Apakah yang Dimaksud dengan MVP dalam Product Development?

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
20 September 2023 12:18
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apakah yang Dimaksud dengan MVP dalam Product Development. Foto: Unsplash.com/Jakob Owens
ADVERTISEMENT
MVP dalam product development atau pengembangan produk diartikan sebagai produk yang digunakan untuk mendapatkan umpan balik dari konsumen yang menggunakannya.
ADVERTISEMENT
Contoh produk MVP ini adalah produk demo yang biasanya diperkenalkan divisi pemasaran untuk pertama kali.
Untuk mengetahui apakah yang dimaksud dengan MVP dalam product development lebih lanjut, simak pembahasan selengkapnya di artikel Berita Bisnis berikut ini.

Apakah yang Dimaksud dengan MVP dalam Product Development? Ini Jawabannya

Ilustrasi Apakah yang Dimaksud dengan MVP dalam Product Development. Foto: Unsplash.com/M. Cooper
Apakah yang dimaksud dengan MVP dalam product development adalah minimum viable product yang digunakan untuk mengembangkan produk yang lebih baik.
Mengutip coursera.org, MVP adalah versi produk yang mungkin tak sepenuhnya lengkap, tetapi fungsional bagi konsumen untuk menguji dan memberikan umpan balik.
Tujuan adanya produk ini adalah untuk mendapatkan ide dari konsumen guna menambahkan fitur baru atau menyempurnakan fitur yang sudah ada pada produk tersebut.
ADVERTISEMENT
Produk MVP menjadi penting untuk membawa produk baru ke pasar dengan lebih cepat dan menjangkau pengguna awal guna mendapatkan umpan balik, sehingga perusahaan mampu merancang produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
Salah satu contoh produk MVP adalah awal munculnya Amazon yang didirikan Jeff Bezos. Ia membuat versi beta dari situs web yang hanya menjual buku dan meminta 300 teman dan kolega untuk menguji situs tersebut. Setelah menerima umpan balik positif, ia meluncurkan situs tersebut di 46 negara.

Manfaat adanya MVP bagi Perusahaan

Ilustrasi Apakah yang Dimaksud dengan MVP dalam Product Development. Foto: Unsplash.com/airfocus
Merujuk volumetree.com, berikut manfaat lainnya dari adanya MVP bagi perusahaan:

1. Produk Masuk ke Pasar Lebih Cepat daripada yang Lain

MVP sering kali hanya membutuhkan sedikit waktu untuk dikembangkan, sehingga perusahaan dapat dengan cepat membawa produk ke pasar dan mendapatkan keuntungan sebagai yang pertama.
ADVERTISEMENT
Selain itu, MVP juga dapat membantu perusahaan mengevaluasi ide dan proposisi nilainya sebelum membuat produk yang sebenarnya. Ini membantu bisnis mengulang dan menciptakan produk yang lebih baik untuk pelanggan.

2. Mudah Melakukan Validasi Pasar

MVP dibuat untuk mempelajari dan memahami penerimaan produk di pasar dengan pelanggan yang sebenarnya. Ini juga dapat membantu bisnis memelihara komunitas pembeli potensial untuk produk yang akan dipasarkan.

3. Mendapatkan Umpan Balik

Melalui MVP, perusahaan akan mendapatkan masukan dari pelanggan, dan dengan cepat melakukan perubahan untuk menciptakan produk yang akan pelanggan hargai dan sukai.

4. Membangun Produk tanpa Menghabiskan Banyak Uang

MVP membantu bisnis membuat produk tanpa menghabiskan uang yang banyak untuk biaya pengembangan dan pemasaran. Karena biaya masuknya rendah, bisnis dapat membuat beberapa iterasi MVP hingga akhirnya membuat produk yang dibutuhkan pelanggan.
ADVERTISEMENT
(MQ)