Arti Departed from Transit dan Istilah Lainnya dalam Pengiriman JNE

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
13 April 2022 16:47
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Arti Departed from Transit dan Istilah Lainnya dalam Pengiriman JNE (157764)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengiriman paket menggunakan JNE. Foto: JNE
ADVERTISEMENT
Saat menggunakan jasa pengiriman JNE, terdapat beberapa istilah khusus yang merujuk pada posisi paket yang dikirim. Salah satunya, departed from transit. Meski muncul saat pengiriman berlangsung, arti departed from transit pada JNE tracking kerap belum diketahui.
ADVERTISEMENT
Sebagai salah satu jasa ekspedisi pengiriman barang yang berkiprah lebih dari 30 tahun di Indonesia, JNE menyediakan fasilitas pelacakan saat proses mengirim paket. Melalui fasilitas tersebut, baik pengirim maupun penerima dapat memastikan posisi paket yang sedang dikirim maupun yang akan diterima.

Arti Departed from Transit

Istilah departed from transit mungkin sudah tak asing lagi di telinga. Kendati demikian, ada beragam istilah lain yang menunjukkan status pengiriman paket saat berada di lokasi tertentu.
Sesuai istilah, departed from transit merujuk pada status paket yang sedang dikirim untuk dipindahkan (transit) ke kota selanjutnya. Umumnya, status tersebut diikuti oleh nama kota ke kota berikutnya. Dihimpun dari berbagai sumber, estimasi pengiriman paket pada status departed from transit, yakni 3-7 hari.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja, kamu mendapati status barang ‘Departed from transit gateway Jakarta’, maka artinya paket sedang dikirim dari Jakarta menuju kota berikutnya.

Arti Istilah Lainnya pada Status Pengiriman Paket JNE

Arti Departed from Transit dan Istilah Lainnya dalam Pengiriman JNE (157765)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencari tahu arti Departed from Transit. Foto: Unsplash.com
Selain departed from transit, terdapat istilah lain yang merujuk pada status pengiriman paket menggunakan JNE, di antaranya:
  • Shipment Received by JNE Counter Officer at (nama kota), artinya barang sudah diantar oleh pengirim ke agen JNE lokasi pengirim.
  • Shipment Pick Up by JNE Courier, berarti paket yang akan dikirim sudah diambil oleh kurir JNE. Nantinya, paket itu dikirimkan ke pusat penyortiran barang.
  • Received at Sorting Center, menandakan paket telah tiba di tempat sortir. Nantinya, paket disortir sesuai dengan kota tujuan.
  • Received at Warehouse, artinya paket sudah sampai di gudang kota tujuan. Kemudian, paket akan dikirimkan ke agen pusat JNE di tingkat kabupaten.
  • With Delivery Courier JNE, berarti kurir JNE sedang mengirimkan paket ke alamat tujuan.
  • Received at Inbound Station, menandakan bahwa paket sudah diterima oleh agen atau kantor cabang JNE terdekat dengan alamat tujuan pengiriman.
ADVERTISEMENT

Cara Cek Resi JNE

Kamu dapat mengetahui status pengiriman dengan mengecek resi paket yang telah didapatkan dari JNE. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Kunjungi situs resmi JNE di alamat jne.co.id/id/tracking/trace melalui peramban.
  2. Masukkan nomor resi pada kolom ‘Lacak Kiriman’. Kamu dapat memasukkan 20 nomor resi sekaligus.
  3. Klik ‘Search’ untuk melacak paket.
  4. Bila perlu, isi kolom ‘Captcha’ dengan kode yang tertera. Lanjutkan dengan mengeklik ‘Enter’.
  5. Selanjutnya, layar akan menampilkan keterangan paket, mulai dari jenis paket JNE, nama penerima, destinasi, lokasi, hingga status pengiriman.
Itulah penjelasan tentang arti departed from transit dan istilah lainnya dalam JNE tracking. Semoga uraian di atas dapat mempermudah kamu dalam memahami status paket yang sedang dikirimkan.
(ANM)