Bisnis
·
27 Juli 2021 20:59
·
waktu baca 1 menit

Asuransi JNE dan Ketentuan Ganti Ruginya

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Asuransi JNE dan Ketentuan Ganti Ruginya (1003054)
searchPerbesar
Pekerja membungkus paket di Kantor JNE. Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Asuransi JNE memiliki beberapa ketentuan, begitu pun perihal ganti ruginya. JNE yang dijalankan oleh PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, adalah suatu perusahaan yang salah satu kegiatannya adalah memberikan jasa pengantaran, pengiriman dokumen, dan barang.
ADVERTISEMENT
JNE merupakan salah satu anggota terdaftar di Asosiasi IATA (International Air Transport Association), ASPERINDO (Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia), Agen Maskapai Penerbangan dan tunduk pada ketentuan yang berlaku khusus Penyelenggara POS.
Mengenai asuransi, asuransi JNE memberikan layanan asuransi yang akan menjamin risiko yang terjadi pada barang yang dikirim menggunakan JNE. Asuransi dilakukan sebagai bentuk perlindungan dan juga pengalihan risiko atas kehilangan, kerusakan, sampai keterlambatan pengiriman.

Asuransi JNE

Menyadur dari laman situs JNE, berikut adalah rincian mengenai ketentuan asuransi JNE.
  1. Barang atau dokumen yang mempunyai harga/nilai di atas 10 (sepuluh) kali biaya kirim disarankan untuk diasuransikan oleh pengirim.
  2. Perhitungan besaran nilai premi dan klaim barang atau dokumen yang dikirimkan diatur terpisah dari SSP ini.
  3. Asuransi hanya diberikan oleh JNE berdasarkan instruksi dari pengirim kepada JNE secara tertulis.
Asuransi JNE dan Ketentuan Ganti Ruginya (1003055)
searchPerbesar
Transaksi di kios JNE Express. Foto: Abdul Latif/kumparan

Ganti Rugi JNE

Menyadur kembali dari laman situs JNE, berikut adalah ketentuan mengenai ganti rugi pengiriman menggunakan JNE.
ADVERTISEMENT
  1. JNE bertanggung jawab untuk mengganti kerugian yang dialami oleh pengirim akibat keterlambatan, kerusakan, kehilangan, atau kesalahan dalam pengiriman Kiriman yang timbul akibat kelalaian JNE.
  2. Tanpa mengesampingkan ketentuan lainnya yang diatur dalam SSP, JNE tidak bertanggung jawab terhadap kerugian konsekuensi yang timbul akibat dari kejadian tersebut di atas, yaitu yang termasuk dan tanpa dibatasi atas kerugian komersial, keuangan, dan kerugian tidak langsung lainnya termasuk kerugian yang terjadi dalam pengangkutan atau pengantaran yang disebabkan oleh hal-hal yang di luar kemampuan pengawasan JNE atau kerugian tidak langsung lainnya termasuk atas kerusakan akibat keadaan kahar dan sebab lainnya yang terjadi diluar kemampuan JNE.
  3. Jaminan pemberian ganti rugi atas kerusakan, kehilangan, atau kesalahan dalam pengiriman kiriman yang terbukti sebagai akibat kelalaian dan kesalahan JNE, paling tinggi 10 (sepuluh) kali tarif pengiriman untuk pengiriman domestik atau paling tinggi 100 USD untuk pengiriman Internasional kecuali kiriman yang diasuransikan.
  4. Jaminan pemberian ganti rugi atas keterlambatan kiriman hanya dapat diberikan kepada pengguna layanan YES dan/atau Super Speed.
  5. Jaminan pemberian ganti rugi atas keterlambatan Kiriman dengan menggunakan layanan YES dan/atau Super Speed dalam pengiriman kiriman yang terbukti sebagai akibat kelalaian dan kesalahan JNE adalah berupa pengembalian Tarif Pengiriman kepada Pengirim.
ADVERTISEMENT
Demikian adalah beberapa ketentuan dan peraturan mengenai asuransi JNE dan mengenai ganti ruginya. Apabila ingin mencari tahu lebih lanjut seputar informasi terkait jasa ekspedisi JNE, bisa hubungi contact center JNE di (62-21) 5086 8880 atau (62-21) 566 5262. Selain itu bisa juga melalui Fax. (62-21) 567 1413 atau via email ke [email protected]
Semoga bermanfaat.
(AMP)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white