Barang Paling Mahal di Dunia, Ini Daftarnya yang Bisa Disimak

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
7 Maret 2023 15:47 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Barang Paling Mahal di Dunia. Foto: Unsplash.com/redcharlie|@redcharlie1
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Barang Paling Mahal di Dunia. Foto: Unsplash.com/redcharlie|@redcharlie1
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Barang paling mahal di dunia dapat berupa aksesori seperti kalung, kendaraan, lukisan atau yang lainnya. Umumnya harganya mencapai miliaran hingga triliun dan akan meningkat seiring zaman.
ADVERTISEMENT
Selain inflasi, faktor yang membuat suatu barang menjadi mahal adalah bahan yang digunakan untuk membuat, jumlah permintaan dan penawaran, dan lainnya.

Barang Paling Mahal di Dunia

Mengutip laman www.thetealmango.com, berikut barang paling mahal di dunia:

1. Kapal Pesiar History Supreme

Ilustrasi Barang Paling Mahal di Dunia Kapal Pesiar. Foto: Unsplash.com/EugeneChystiakov
Mengutip jurnal Strategi Pengembangan Usaha Kapal Wisata Berbasis Model Bisnis Kanvas di Pulau Pahawang Lampung oleh Wati, Hubeis, dan Sarma, Kapal Yacht atau kapal pesiar merupakan bagian dari wisata bahari dunia yang digunakan sebagai salah satu pilihan alternatif saat berwisata bentang laut.
Kapal Yacht termahal di dunia adalah History Supreme yang bernilai sekitar $4,8 atau sekitar Rp73 triliun. Kapal pesiar ini dirancang Stuart Hughes, seorang desainer mewah terkenal di dunia asal Inggris.
ADVERTISEMENT
Hampir tiga tahun waktu yang dibutuhkan Hughes untuk menyelesaikan pengerjaan kapal yang memiliki panjang 100 kaki ini. Kapal ini dibeli seorang pengusaha Malaysia dengan harga 4,5 miliar dolar atau sekitar Rp69 triliun.

2. Teleskop Hubble Space

Ilustrasi Barang Paling Mahal di Dunia Teleskop. Foto: Unsplash.com/MatthewAnsley
Teleskop luar angkasa Hubble adalah benda termahal kedua dalam daftar ini dan memegang Guinness World Record sebagai teleskop termahal di dunia.
Harga teleskop ini adalah $2,1 miliar atau sekitar Rp32 triliun. Teleskop ini diluncurkan pada 1990 dan bertanggung jawab atas banyak penemuan besar sejak saat itu, termasuk membantu memahami usia alam semesta.

3. Lukisan The Card Players

Ilustrasi Barang Paling Mahal Lukisan di Dunia The Card Players. Diambil dari laman www.newvisiontheatres.com
Mengutip jurnal Penetapan Harga Lukisan: Sebuah Kajian Teoritik oleh Susanto, Simatupang, dan Haryono, lukisan sebagai komoditas paling berharga karena memiliki hakikat sebagai benda hasil keterampilan kreatif, dikerjakan secara manual, memiliki keunikan, menggunakan pula rasa dan jiwa, serta bersifat terbatas dan abadi.
ADVERTISEMENT
Lukisan termahal di dunia ini ialah Lukisan 'The Card Players' atau 'Pemain Kartu'. Lukisan ini merupakan karya seni dari seniman Prancis terkenal, Paul Cezzane.
Saat ini, lukisan ini dimiliki oleh keluarga Kerajaan Al Thani dari Qatar yang dibeli dengan harga $275 juta atau Rp4,2 triliun. Hal tersebut dalam upaya untuk menjadi pusat intelektual internasional.

4. Lukisan Garçon à la pipe

Ilustrasi Barang Paling Mahal di Dunia Lukisan Garçon à la pipe. Diambil dari laman www.newvisiontheatres.com
Seni tidak mengenal batas dan waktu. Begitu juga dengan lukisan Garçon à la pipe yang berusia lebih dari satu abad. Lukisan ini merupakan karya dari Pablo Picasso pada 1905.
Lukisan ini menampilkan seorang anak laki-laki Persia dengan sebuah pipa. Lukisan ini terjual seharga $104 juta atau Rp1,6 triliun di lelang Sotheby's pada 5 Mei 2004. Lukisan ini merupakan lukisan kelima dengan penjualan tertinggi karya Picasso.
ADVERTISEMENT

5. Kalung Berlian L’Incomparable

Ilustrasi Barang Paling Mahal di Dunia Kalung Berlian. Foto: Unsplash.com/Sabrianna
Di antara barang termahal di dunia terdapat Kalung Berlian L’Incomparable atau 'Tak Tertandingi' yang dijual dengan harga $55 juta atau sekitar Rp850 miliar.
Kalung ini terdiri dari 407,48 karat berlian dan secara tidak sengaja ditemukan seorang gadis Kongo pada 1980-an dari tumpukan puing-puing pertambangan.
Mengutip dari laman francisalukkas.com, berlian mahal karena langka, kesulitan dalam menambang, daya tahan, potongan, kejernihan, warna, dan karat yang dimiliki.
Sekian informasi mengenai barang paling mahal di dunia yang dirangkum oleh Berita Bisnis. Semoga bermanfaat!
(MQ)