Berapa Denda Shopee Pinjam per Hari?

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
10 Maret 2023 9:50
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Logo Shopee. Foto: Shopee
zoom-in-whitePerbesar
Logo Shopee. Foto: Shopee
Denda Shopee Pinjam per hari penting diketahui pengguna sebelum mengaktifkan layanan ini. Shopee Pinjam (SPinjam) merupakan produk pinjaman tunai yang ditawarkan untuk pengguna Shopee dengan fitur pengajuan yang mudah dan aman.
Bagi yang pengajuan Shopee Pinjamnya disetujui, akan mendapatkan dana pinjaman secara tunai yang ditransfer langsung ke rekening pribadi pengguna. Adapun limit awal Shopee Pinjam adalah sebesar Rp200.000 dan maksimal Rp15.000.000.
Shopee Pinjam aman dan terpercaya karena dikelola langsung oleh PT Lentera Dana Nusantara dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pastikan untuk membayar cicilan Shopee Pinjam sesuai tanggal jatuh tempo agar tidak dikenakan sanksi berupa denda.

Denda Shopee Pinjam per Hari

Ilustrasi Shopee Pinjam. Foto: Shopee
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Shopee Pinjam. Foto: Shopee
Menurut informasi dari laman resmi Shopee, batas waktu pembayaran cicilan Shopee Pinjam adalah tanggal 5 setiap bulannya. Jika kamu telah bayar, maka akan dikenakan denda yang berlaku setiap harinya.
Oleh karena itu, semakin lama kamu menunggak cicilan Shopee Pinjam, akan semakin besar pula denda yang harus kamu bayarkan. Lantas, berapa besaran denda Shopee Pinjam per hari apabila telat bayar cicilan?
Pihak Shopee sudah menerapkan denda telat bayar Shopee Pinjam sebesar 5% dari total pinjaman. Artinya, jika kamu punya pinjaman sebesar Rp5.000.000 dan telat bayar satu hari saja, maka akan menerima denda sebesar Rp250.000.
Tidak hanya denda 5% dari nominal pinjaman, Shopee pun telah menetapkan sanksi lainnya bagi pengguna Shopee Pinjam yang tidak mau membayar tagihan lebih dari 30 hari (1 bulan). Salah satu sanksinya berupa disebarluaskan data milikmu, kerabat, dan saudara.

Syarat dan Cara Menonaktifkan Shopee Pinjam

Ilustrasi sedang menonaktifkan Shopee Pinjam. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sedang menonaktifkan Shopee Pinjam. Foto: Unsplash
Pada dasarnya, layanan Shopee Pinjam bertujuan untuk membantu pengguna ketika membutuhkan dana darurat. Namun, beberapa pengguna mungkin ada yang akhirnya merasa bahwa layanan ini memberatkannya karena harus bayar cicilan setiap bulan.
Belum lagi jika telat bayar cicilan, maka akan dikenakan denda yang cukup besar. Tak heran jika banyak pengguna yang akhirnya memutuskan untuk menonaktifkan Shopee Pinjam miliknya. Mengutip laman resmi Shopee, berikut syarat dan cara menonaktifkan Shopee Pinjam:

Syarat menonaktifkan Shopee Pinjam

  • Akun Shopee aktif atau tidak sedang ditangguhkan
  • Tidak ada tagihan berjalan di Shopee Pinjam maupun layanan Shopee lainnya
  • Tidak ada transaksi pembelian atau penjualan yang belum selesai
  • Nomor handphone aktif

Cara menonaktifkan Shopee Pinjam

  1. Buka aplikasi Shopee pada ponsel, serta pastikan kamu sudah melakukan login ke akun Shopee yang akan dinonaktifkan Shopee Pinjam nya.
  2. Masuk ke bagian profil Shopee, yakni dengan cara ketuk ikon Profil atau Saya di pojok kanan bawah pada tampilan utama aplikasi Shopee.
  3. Kemudian scroll hingga menemukan menu Pusat Bantuan Shopee.
  4. Lalu pilih email pada menu Pusat Bantuan tersebut.
  5. Selanjutnya isi formulir dengan memilih sebagai Pembeli, lalu pilih layanan SPayLater & SPinjam.
  6. Masukkan username akun Shopee yang akan dinonaktifkan layanan Shopee Pinjam-nya.
  7. Setelah itu, ajukan penghapusan atau proses menonaktifkan Shopee Pinjam dengan memberikan keterangan pada kolom deskripsi.
  8. Jika sudah memberikan informasi penonaktifkan SPinjam, kirim pengajuan tersebut ke pihak Shopee dengan cara ketuk tombol Kirim di bagian bawah.
  9. Setelah email terkirim, tunggu pihak Shopee membalas email tersebut. Waktu email dibalas sekitar 1-3 hari kerja.
  10. Apabila sudah mendapatkan email balasan, segera lakukan konfirmasi.
  11. Kemudian tunggu proses sampai pihak Shopee menonaktifkan layanan SPinjam milikmu. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sampai dengan 7 hari kerja.
  12. Jika berhasil, maka kamu akan mendapatkan konfirmasi dari pihak Shopee.
(NDA)
Apa itu Shopee Pinjam?
chevron-down
Apakah aman pinjam uang di Shopee?
chevron-down
Berapa limit awal Shopee Pinjam?
chevron-down