Berapa Lama Proses Pencairan KUR BRI? Ini Jawaban dan Cara Pengajuannya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
15 Februari 2022 17:56
·
waktu baca 3 menit
comment
7
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi KUR BRI. Foto: Dokumentasi Bank BRI
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi KUR BRI. Foto: Dokumentasi Bank BRI
Apabila kamu ingin mengajukan pinjaman di bank BRI, mungkin kamu bertanya-tanya berapa lama proses pencairan KUR BRI. Simak syarat dan tata cara pengajuan pinjaman KUR BRI bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui artikel berikut.
Mengutip dari laman resmi kur.bri.co.id, KUR adalah singkatan dari Kredit Usaha Rakyat yang merupakan produk dari bank BRI untuk memberikan bantuan dana pinjaman modal usaha bagi para pelaku usaha yang membutuhkan pinjaman modal.
KUR BRI merupakan program pinjaman yang didukung oleh pemerintah untuk usaha mikro sehingga memiliki bunga yang kecil dalam setiap bulannya. Setiap debitur diberikan batas pinjaman sampai paling banyak 500 juta.
Jika sudah mencapai angka maksimal 500 juta maka tidak dapat mengajukan pinjaman lagi. Misalnya ingin mengajukan pinjaman uang tunai sebesar Rp 100 juta secara langsung akan dikirim ke nomor rekening nasabah yang bersangkutan.
Sebelum mengetahui persyaratan, tata cara, dan berapa lama proses pencairannya, simak keunggulan mengajukan pinjaman di KUR BRI untuk para nasabah UMKM berikut ini.
  • Plafon KUR Mikro maksimal pinjaman hingga Rp 50 Juta.
  • Suku bunga KUR ringan, yakni sebesar 6 persen/tahun.
  • Jangka waktu KUR yang fleksibel, yaitu 12 bulan, 18 bulan, atau 24 bulan.
  • Bebas biaya administrasi dan provisi.

Syarat KUR BRI 2022

Ada beberapa syarat dan ketentuan untuk mengajukan KUR Mikro BRI yang harus kamu penuhi sebelum mengajukan pinjaman KUR BRI. Mengutip dari laman situs kur.bri.co.id, berikut adalah syarat KUR di bank BRI 2022.
  1. Individu (perorangan).
  2. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan.
  3. Menjalankan usahanya di salah satu platform niaga elektronik (misalnya, Shopee, Tokopedia, dan lain-lain) dan/atau penyedia jasa transportasi (ride hailing) seperti Gojek atau Grab.
  4. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.
  5. Persyaratan administrasi, yakni identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha (bisa berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh niaga elektronik atau ride hailing).
UMKM minuman Suboba milik Rojali. Foto: Muhammad Darisman/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
UMKM minuman Suboba milik Rojali. Foto: Muhammad Darisman/kumparan

Cara Pengajuan KUR BRI 2022

Selanjutnya, setelah mengetahui persyaratan yang harus disiapkan di atas, apabila ingin mengajukan KUR BRI, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut.
  1. Kunjungi laman kur.bri.co.id.
  2. Login dengan alamat email dan masukkan kata sandi jika sudah memiliki akun.
  3. Jika belum memiliki akun, klik daftar.
  4. Pilih "Ajukan Pinjaman".
  5. Baca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik "Setuju".
  6. Setelah itu, isi seluruh kolom dalam formulir pengajuan yang tersedia, seperti data diri dan segala informasi yang diperlukan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  7. Setelah mendaftar, kamu perlu menunggu hingga menerima informasi persetujuan dan pencairan pun dapat dilakukan.

Berapa Lama Proses Pencairan KUR BRI?

Dalam buku Cara Cepat Dapat Modal (2013) karya Supriyono Soekarno, semakin cepat syaratnya terpenuhi, maka pinjaman KUR juga kian singkat dicairkan.
Jangka waktu dalam proses pencairan KUR BRI cukup fleksibel yakni berkisar antara 7 sampai 14 hari kerja sejak dilakukan survei hingga kabar approval datang dan pencairan dilakukan.
Pada umumnya, hal ini akan disesuaikan dengan cepat atau tidaknya seseorang dalam memenuhi syarat yang ada.
Demikian syarat, tata cara, dan proses pencairan KUR BRI. Apabila kamu mengalami kendala atau memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar pinjaman KUR BRI, kamu bisa langsung menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau 1500017. Atau, kamu juga bisa konsultasi melalui email BRI di [email protected]. Semoga bermanfaat!
(SRS)