Cara Cek Faskes BPJS Kesehatan Terdaftar di Mana

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
22 April 2022 16:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Cek Faskes BPJS Kesehatan Terdaftar di Mana (367147)
zoom-in-whitePerbesar
Tampilan layanan BPJS Kesehatan. Foto: BPJS Kesehatan.
ADVERTISEMENT
Cara cek faskes BPJS Kesehatan terdaftar di mana dapat dilakukan dengan mudah. Umumnya, BPJS Kesehatan memberlakukan sistem rujukan, sehingga nantinya peserta harus mengikuti rujukan sesuai dengan ketentuan Faskes BPJS Kesehatan.
ADVERTISEMENT
Faskes BPJS Kesehatan dibedakan menjadi tiga tingkat, yakni Faskes 1, Faskes 2, dan Faskes Lanjutan. Faskes tingkat 1 merupakan layanan kesehatan pertama yang wajib dikunjungi peserta BPJS untuk mendapatkan pengobatan. Contoh faskes 1 antara lain puskesmas, klinik, dokter umum, dan dokter pribadi yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan.
Sementara itu, faskes tingkat 2 merupakan fasilitas kesehatan yang dapat dikunjungi setelah peserta mendapat surat rujukan dari dokter pada Faskes 1. Bentuk fasilitasnya berupa dokter spesialis, seperti dokter gigi spesialis.
Adapun faskes BPJS Tingkat Lanjutan bisa didatangi jika fasilitas penunjang pada Faskes 2 tidak memadai. Contoh faskes Tingkat Lanjutan ialah rumah sakit umum dan rumah sakit khusus yang telah bekerja sama dengan BPJS kesehatan. Misalnya, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).
ADVERTISEMENT

Cara Cek faskes BPJS Kesehatan Terdaftar di Mana

Bagi yang masih bingung di mana faskes BPJS kamu terdaftar, simak penjelasan berikut ini mengenai cara cek faskes BPJS Kesehatan terdaftar di mana.

1. Melalui aplikasi mobile BPJS Kesehatan

Kamu bisa mengecek faskes BPJS Kesehatan melalui aplikasi mobile JKN-KIS BPJS Kesehatan. Sebelum itu silakan unduh aplikasinya terlebih dahulu.
Berikut cara cek faskes BPJS Kesehatan terdaftar di mana melalui aplikasi yang disadur dari laman resmi BPJS Kesehatan.
  1. Pastikan aplikasi JKN-KIS BPJS Kesehatan sudah diunduh. Kamu bisa memperolehnya di Google Play Store atau App Store
  2. Buka aplikasi, lalu lakukan login dengan memasukkan nomor kartu BPJS atau email, dan password. Setelah itu klik Login.
  3. Bagi yang belum pernah mendaftar, klik Register. Lalu isi nomor kartu BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email, nomor handphone, dan password. Setelah itu ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan pendaftaran.
  4. Kemudian pada menu utama aplikasi akan terlihat beberapa fitur JKN-KIS.
  5. Klik Peserta untuk mengecek faskes BPJS Kesehatan kamu terdaftar di mana. Kamu akan melihat informasi mengenai keanggotaan BPJS Kesehatanmu.
  6. Selesai
ADVERTISEMENT

2. Melalui Call Center BPJS

Cara selanjutnya untuk mengetahui faskes BPJS Kesehatan, yaitu dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan. Layanan tersebut bisa diakses melalui panggilan di nomor 1500 400. Nantinya peserta akan terhubung ke pusat Customer Service BPJS yang siap melayani selama 1x24 jam.
Pastikan kamu sudah menyiapkan bebapa dokumen seperti KTP dan nomor BPJS Kesehatan karena petugas akan menanyakan identitas penelepon. Begitu terhubung dengan petugas, silakan sampaikan keperluanmu yang ingin memastikan faskes BPJS Kesehatan kamu terdaftar di mana.

3. Melalui SMS Getaway

Cara Cek Faskes BPJS Kesehatan Terdaftar di Mana (367148)
zoom-in-whitePerbesar
Logo BPJS Kesehatan. Foto: Fanny Kusumawardhani/Kumparan
Cara cek faskes BPJS Kesehatan terdaftar di mana juga bisa dilakukan via SMS. Berikut format SMS yang bisa kamu gunakan saat mengirimkan pesan ke BPJS Kesehatan di nomor 08777-5500-400:
Format SMS BPJS Kesehatan
NIK <spasi> Nomor Kependudukan
ADVERTISEMENT
NOKA <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan
NIP <spasi> Nomor Induk Pegawai
Jika sudah, kirim format tersebut ke nomor telepon yang disebutkan tadi. Selanjutnya, tunggu SMS balasan dalam kurun waktu 1x24 jam.

4. Mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat

Beberapa cara di atas merupakan metode yang dilakukan secara online. Namun, kamu juga bisa mengecek faskes kepesertaan BPJS Kesehatan secara langsung atau offline.
Caranya, dengan mendatangi langsung kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Siapkan dokumen pendukung karena petugas akan meminta kamu menyebutkan data diri sebagai validasi. Setelah itu sampaikan juga bahwa kamu ingin mengecek di mana faskes BPJS Kesehatanmu terdaftar.
(ZHR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·