Bisnis
·
6 Mei 2021 5:29

Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK yang Praktis

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK yang Praktis (45718)
Ilustrasi kartu BPJS Ketenagakerjaan. Foto: Shutterstock
Nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau yang kemudian dikenal dengan nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah urutan nomor yang wajib kamu simpan, terutama bagi kamu yang merupakan peserta BPJS.
ADVERTISEMENT
Sebab, nomor BPJS Ketenagakerjaan akan sangat diperlukan ketika kamu ingin mengurus perihal BPJS. Misalnya saja ketika ingin mengajukan pencairan uang JHT atau Jaminan Hari Tua, maka kamu perlu mengisi nomor BPJS Ketenagakerjaan di formulir pengajuan.
Akan tetapi, bagaimana kalau nomor BPJS sudah terlanjur hilang dan kartu BPJS-nya pun hilang? Tenang saja, kamu masih bisa mengecek nomor BPJS melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) di KTP.
Berikut adalah cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK kamu.

Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK

Melalui Call Center BPJS
Untuk cara yang pertama, kamu bisa melakukannya melalui call center BPJS Ketenagakerjaan. Kamu cukup melakukan panggilan telepon ke nomor 175. Nantinya kamu akan tersambung dengan call center dari BPJS. Jangan lupa, untuk melakukan panggilan ke call center BPJS kamu juga memerlukan pulsa.
ADVERTISEMENT
Melalui Media Sosial BPJS
Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK kedua adalah dengan menghubungi kontak layanan BPJS melalui media sosial resminya. Untuk mengetahui apa saja media sosial resmi milik BPJS, kamu bisa kunjungi www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak.html.
Kontak layanan BPJS juga tersedia melalui WhatsApp, yaitu di nomor +62 811-9115910 dan +62 855-1500910. Namun, layanan BPJS Ketenagakerjaan melalui WA hanya terbatas untuk Pekerja Migran Indonesia (TKI) di luar Negeri saja.
Melalui Kantor Cabang BPJS
Cara ini bisa kamu lakukan apabila kamu memiliki cukup waktu untuk mendatangi langsung kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdaftar di daerah kamu.
Kamu bisa mengecek nomor BPJS melalui kantor BPJS di sekitarmu dengan membawa Kartu Keluarga, e-KTP, dan paklaring jika diperlukan. Sampaikan maksud dan tujuan kamu datang ke petugas setempat.
ADVERTISEMENT
(AMP)