Bisnis
·
12 Juni 2021 5:51
·
waktu baca 2 menit

Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Mudah

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Mudah (250346)
Ilustrasi cara cek nomor yang terdaftar di NIK. Dok: Pixabay
Dalam tulisan ini kami akan sajikan bagaimana cara cek nomor yang terdaftar di NIK. Caranya cukup mudah, kamu bisa melakukannya secara online maupun offline. Untuk setiap provider menyediakan cara yang berbeda untuk melakukan pengecekan nomor yang telah terdaftar di NIK.
ADVERTISEMENT
Hal ini bisa kamu lakukan untuk memastikan apakah nomor telepon kamu telah terdaftar atau untuk mencari tahu nomor mana saja yang terdaftar di NIK kamu agar menghindari penyalahgunaan oleh orang lain.
Untuk mengetahui cara cek nomor yang terdaftar, simak selengkapnya berikut ini.

Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK

Kamu bisa cek nomor telepon yang terdaftar di NIK melalui beberapa fitur sesuai layanan operator seluler yang kamu gunakan.
1. Indosat
Untuk mengecek nomor yang terdaftar di NIK khusus Indosat, kamu bisa melakukannya dengan cara mengirimkan pesan singkat. Cukup ketik SMS dengan format INFO#NIK atau INFO#MSISDN, lalu kirim ke nomor 4444.
Jika ingin melakukannya secara online, kamu bisa melakukannya dengan mengunjungi situs https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index
ADVERTISEMENT
Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Kunjungi situs tersebut
2. Masukkan data seperti NIK dan nomor KK
3. Klik captcha yang tertera
4. Lalu pilih menu “Periksa”
2. Smartfren
Kamu bisa mengecek nomor Smartfren yang terdaftar di NIK jika secara online, yaitu dengan mengunjungi https://my.smartfren.com/check_nik.php. Kemudian, masukkan data yang diminta. Setelah itu pilih menu “Cek status”.
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Mudah (250347)
Ilustrasi cara cek nomor yang terdaftar di NIK. Dok: Pixabay
3. Axis
Untuk pengguna Axis, berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Kunjungi situs axis.co.id/cek-nik
2. Ikuti semua petunjuknya seperti memasukkan NIK dengan benar
3. Klik ceklis persetujuan pengguna
4. klik captcha yang tertera
5. Jika sudah, pilih menu “Cek NIK”, data akan diketahui di layar monitor atau ponsel.
4. Tri (3)
Bagi kamu yang menggunakan kartu Tri, bisa mengeceknya langsung ke situs resmi operator tersebut. Kunjungi situsnya di https://registrasi.tri.co.id.
ADVERTISEMENT
5. XL
Untuk cek nomor yang terdaftar di NIK bagi pengguna XL, kamu bisa lakukan dengan cara USSD di layar panggilan. Cukup ketik *123*4444# di layar panggilan dan ikuti instruksi selanjutnya.
6. Telkomsel
Pengecekan nomor bagi pengguna kartu Telkomsel bisa menggunakan situs resminya. Untuk Telkomsel, misalnya, bisa dicek melalui laman www.telkomsel.com/cek-prepaid. Kamu juga bisa melakukan pengecekan melalui bantuan call center di nomor 08071811811. Di samping kedua cara ini, kamu juga bisa datang ke gerai Grapari untuk pengecekan secara langsung.
7. Net1 Indonesia
Bagi kamu yang menggunakan Net1 Indonesia atau N1, bisa juga mengecek apakah nomor kamu terdaftar di NIK atau tidak. Operator ini dulunya adalah Neon dan Ceria yang merupakan produk dari PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia. Caranya kunjungi situs Net1 Indonesia di https://my.net1.co.id. Ikuti semua instruksinya termasuk login terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
(AMP)