Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi di Indonesia, Hanya dalam Hitungan Detik

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
17 November 2021 11:40
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi di Indonesia, Hanya dalam Hitungan Detik (164069)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ekspedisi di Indonesia. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Jika dahulu kita sering merasa kesulitan saat ingin mengirim barang, paket, maupun bahan logistik, maka kini dengan adanya jasa ekspedisi, mengirim paket menjadi semakin mudah. Apalagi, saat ini sudah tersedia banyak layanan ekspedisi dengan pelayanan dan kualitas yang baik. Namun, bagaimana ya cara cek ongkir semua ekspedisi di Indonesia untuk mendapatkan tarif yang ekonomis?
ADVERTISEMENT
Banyaknya layanan ekspedisi di Indonesia membuat kita seringkali bingung dalam memilih ekspedisi mana yang bagus dan tentunya ramah di kantong. Setiap ekspedisi memiliki tarif yang berbeda-beda. Tarif ongkir reguler dengan berat kurang dari 5 kilogram, tentu akan berbeda dengan layanan pengiriman menggunakan kargo.
Pengiriman kargo sendiri lebih sering digunakan untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar dan banyak sekaligus. Umumnya, minimum berat yang masuk ke dalam kategori pengiriman kargo adalah barang yang mencapai minimal 10 kilogram atau 50 kilogram.

Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi

Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi di Indonesia, Hanya dalam Hitungan Detik (164070)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cek Ongkir Semua Ekspedisi. Foto: Pexels
Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi
Untuk mengecek ongkir semua ekspedisi di Indonesia, kamu hanya perlu mengunjungi laman https://cek-ongkir.com/. Kamu bisa langsung membandingkan ongkir dari setiap ekspedisi yang berbeda, melalui laman ini. Berikut langkah mudahnya:
1. Kunjungi Laman Cek Ongkir
Kunjungi laman https://cek-ongkir.com melalui smartphone.
2. Pilih dan Masukkan Kota/Kecamatan
Untuk mulai mencari tarif ongkir, silakan masukkan nama kota/kecamatan tempat kamu berada, selanjutnya pilihan nama kota akan muncul. Pilih yang paling sesuai.
3. Pilih dan Masukkan Kota Tujuan/Kecamatan
Selanjutnya tentukan kota tujuan pengiriman barang/paket yang diinginkan, yaitu dengan cara yang sama saat memasukkan nama kota/kecamatan tempat kamu berada.
4. Masukkan Berat Paket yang akan Dikirim
Setelah itu masukkan berapa berat paket yang akan kamu kirim. Opsi yang tersedia adalah ukuran berat dalam kilogram.
5. Pilih Ekspedisi
Berikutnya, pilih ekspedisi yang ingin kamu cek dengan cara klik kotak yang berada di samping nama ekspedisi tersebut.
6. Pilih tombol menu “Cek”
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, selanjutnya adalah kamu langsung saja pilih tombol menu berwarna hijau bertuliskan "Cek” yang berada di samping kanan kolom input berat paket. Hasil pencarian tarif ongkir nantinya akan muncul di bagian bawah kolom pencarian.

Rekomendasi Ekspedisi Terbaik di Indonesia

Perkembangan e-commerce di Indonesia, ternyata juga membawa keuntungan bagi pihak jasa ekspedisi. Bagaimana tidak? Dengan jasa ekspedisi, kebutuhan untuk mengirim barang menjadi lebih mudah dan bisa memengaruhi kepuasan pelanggan.
ADVERTISEMENT
Dari sekian banyak jasa pengiriman barang di Indonesia, penulis merangkumnya menjadi tiga rekomendasi ekspedisi terbaik di Indonesia.
1. JNE
Salah satu pionir jasa ekspedisi di Indonesia adalah JNE. Memiliki pemasaran dan distriibusi yang cukup baik, membuat JNE terhitung sangat mudah mengembangkan bisnisnya. Apalagi, jual beli online yang kini semakin ramai. JNE memiliki berbagai kelebihan, salah satunya tim Customer Service yang beroperasi 24 jam, sistem tracking yang baik sehingga memudahkan pelanggan melacak paket.
Selain itu, JNE sudah memiliki cabang yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Yang menjadi kekurangan JNE ialah tarif pengiriman yang terbilang mahal jika dibanding dengan jasa pengiriman lainnya di Indonesia.
2. J&T Express
Berdiri sejak 2015, jasa pengiriman satu ini kini semakin berkembang. J&T pun banyak mendapatkan kepercayaan sebagai partner dari para pebisnis online di Indonesia. Meskipun terbilang pendatang baru, J&T mampu bersaing, dalam memberikan pelayanan terbaik, seperti pengiriman barang lebih cepat dan ongkos kirim yang lebih ekonomis.
ADVERTISEMENT
Pengiriman dengan menggunakan J&T dilakukan 24 jam bahkan pada hari Minggu, maupun libur nasional sekalipun. Namun, kekurangan J&T ialah tim customer service yang kurang kooperatif, dan tidak bisa melacak resi di tengah malam.
3. SiCepat
Dengan visi misi yakni memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, SiCepat hadir sebagai jasa pengiriman yang juga memiliki berbagai paket pengiriman extra cepat dan regular. Ekspedisi yang berdiri pada 2004 ini menyediakan layanan kirim barang dengan klaim waktu pengantaran “15 Jam Sampai”.
Jika pelanggan mau mengirimkan paket lebih cepat sampai di tujuan, maka pelanggan bisa menggunakan paket BEST atau singkatan dari Besok Sampai Tujuan. Sayangnya, jasa pengiriman barang SiCepat ini belum tersebar secara merata di Indonesia. Jasa ekspedisi ini baru membuka layana kirim paket di Jabodetabek, dan beberapa kota besar di Indonesia.
ADVERTISEMENT
(AAG)