Cara Jadi Agen J&T dan Persyaratannya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
22 Juni 2022 16:19
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi agen J&T Express. Foto: Abdul Latif/Kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi agen J&T Express. Foto: Abdul Latif/Kumparan
ADVERTISEMENT
Cara jadi agen J&T bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin memulai usaha. Pasalnya bisnis di bidang pengiriman ini memiliki peluang dan prospek keuntungan yang menjanjikan.
ADVERTISEMENT
Dengan menjadi agen J&T kamu akan meraup keuntungan mengingat jasa pengiriman kian dibutuhkan di era pandemi yang membatasi mobilitas. Sistem franchise J&T juga dinilai ringan bagi agen dan persyaratannya pun mudah untuk dipenuhi.
Terlebih lagi J&T menjadi salah satu bisnis di bidang logistik atau pengiriman barang maupun paket yang telah bekerja sama dengan berbagai toko daring. Contohnya, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan lainnya.

Syarat Agen J&T

Sebelum mengetahui cara jadi agen J&T, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi terlebih dahulu. Menurut laman resmi Mitra Bukalapak, berikut persyaratan untuk menjadi agen J&T Express selengkapnya:
  1. Mengisi formulir pendaftaran keagenan (aplikasi pengajuan).
  2. Fotokopi KTP.
  3. Fotokopi NPWP.
  4. Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (3 rangkap).
  5. Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) atau bukti pembayaran IMB terakhir.
  6. Denah atau peta lokasi outlet.
  7. Foto outlet (interior dan eksterior).
  8. Memiliki tempat khusus untuk kantor agen.
  9. Komputer dan printer.
  10. Timbangan digital minimal bisa menimbang 30 kg (biasanya disediakan oleh pihak J&T Express).
  11. Dalam 1 agen memiliki setidaknya 1-2 karyawan. Karyawan tersebut juga disarankan memiliki kemampuan untuk mengoperasikan komputer dengan baik.
ADVERTISEMENT

Cara Jadi Agen J&T

Ilustrasi petugas J&T Express mengirimkan paket ke pelanggan. Foto: J&T Express.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi petugas J&T Express mengirimkan paket ke pelanggan. Foto: J&T Express.

Cara Jadi Agen J&T

Cara Jadi Agen J&T
Cara jadi agen J&T terbilang mudah untuk kamu lakukan. Mengutip dari laman resmi Mitra Bukalapak, berikut ini beberapa langkahnya:
1. Lengkapi syarat
Hal-hal yang perlu kamu siapkan untuk memiliki franchise J&T, di antaranya formulir pengajuan keagenan, fotokopi KTP, NPWP, SKDU, bahkan memiliki timbangan digital.
2. Kunjungi kantor J&T
Bawa persyaratan yang sudah dilengkapi ke kantor J&T Express tingkat provinsi. Kamu bisa mencari alamat kantor J&T pusat melalui laman resminya di https://jet.co.id/finddroppoint.
3. Isi aplikasi pengajuan
Ketika sudah sampai di kantornya, sampaikan bahwa kamu ingin menjadi agen J&T Express ke petugas. Berikutnya kamu akan diminta mengisi formulir pendaftaran ataupun pengajuan keagenan, silakan isi secara lengkap dan benar.
4. Serahkan persyaratan
Jika sudah selesai mengisi formulir pengajuan, kamu akan diminta untuk memberikan persyaratan dan juga dokumen. Setelah itu, petugas akan memeriksa kembali semua persyaratan dan memberitahu apabila ada informasi atau data yang kurang.
5. Ajukan lokasi
Selanjutnya, kamu akan ditanyakan mengenai lokasi, fasilitas outlet, dan juga infrastruktur. Lokasi outlet harus bisa diakses oleh kendaraan besar beroda empat secara mudah. Akan lebih bagus jika lokasi yang kamu pilih memiliki lahan parkir yang luas. Apabila lokasi sudah siap, pihak J&T akan melakukan survei ke alamat pendaftaran lokasi yang akan menjadi agen J&T.
6. Bayar paket keagenan
Setelah lolos seleksi administrasi dan survei lokasi, kamu akan mendapatkan panggilan ke kantor J&T terdekat untuk melakukan perjanjian. Kamu akan diminta membayar biaya agen dan juga menandatangani surat perjanjian.
7. Jalani pelatihan agen
Langkah berikutnya, setiap agen J&T perlu melakukan pelatihan yang akan dilakukan sesuai jadwal. J&T Express akan memberikan undangan untuk mendatangi kantor cabang kemudian melakukan pelatihan mengenai layanan dan operasionalnya.
Demikian penjelasan lengkap mengenai cara jadi agen J&T. Apabila masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu dapat menghubungi layanan pelanggan J&T berikut ini:
  • Call Center: 02180661888
  • Telepon: 08001001188
  • WhatsApp :08118466188
(FNS)