Cara Login DJP Online Lupa Password dengan Praktis

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
18 April 2022 16:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tangkapan layar laman DJP Online. Foto: djponline.pajak.go.id
zoom-in-whitePerbesar
Tangkapan layar laman DJP Online. Foto: djponline.pajak.go.id
ADVERTISEMENT
Cara login DJP online lupa password tidaklah sulit. Umumnya, situs DJP online digunakan untuk membayar pajak maupun melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT).
ADVERTISEMENT
Melansir laman www.pajak.go.id, wajib pajak harus membayar pajak setiap satu tahun sekali dan wajib melaporkan SPT maksimal hingga akhir Maret untuk pajak perorangan.
Karena hanya dilakukan setahun sekali, tak jarang banyak yang lupa dengan password akun DJP online. Meski begitu, saat ini suda ada cara untuk mengatasi lupa password DJP online.
Dengan cara ini wajib pajak tetap bisa membayar pajak dan melapor SPT secara tepat waktu. Lalu, bagaimana cara login DJP online lupa password? Simak tutorial selengkapnya di bawah ini.

Cara Login DJP Online Lupa Password

Laman Layanan DJP online. Foto: Abdul Latif/Kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Laman Layanan DJP online. Foto: Abdul Latif/Kumparan
Pada dasarnya wajib pajak bisa melaporkan SPT secara offline dan online. Cara kedua lebih banyak dipilih karena praktis dan tak perlu mengantre di kantor pajak.
ADVERTISEMENT
Agar berhasil melaporkan SPT secara online, wajib pajak harus masuk ke situs resmi DJP online, kemudian masukkan email dan password yang terdaftar. Namun terkadang password akun DJP kerap terlupa.
Hal ini bisa saja karena kata sandi yang digunakan terlalu sulit. Jika lupa sebaiknya jangan masukkan password lain secara berulang karena akun berisiko akun diblokir (suspend).
Adapun yang harus dilakukan wajib pajak ialah mereset password lalu menggantinya dengan yang baru. Secara lebih jelas, berikut cara login DJP Online lupa password yang dilansir dari laman resmi Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia.
  1. Buka peramban lalu kunjungi www.djponline.pajak.go.id
  2. Karena lupa password DJP online, tekan opsi Lupa Kata Sandi
  3. Masukkan kode Electronic Filing Identification Number (EFIN) lalu klik Submit
  4. Selanjutnya akan muncul informasi berupa tulisan “permintaan berhasil, link reset password telah dikirim ke email Anda.” Lalu, klik OK
  5. Buka email yang terdaftar di DJP online, buka pesan dari DJP online lalu klik link “reset password”
  6. Setelah itu ubah kata sandi dari sistem dengan memasukkan yang baru
  7. Setelah berhasil membuat password baru, silakan kembali ke situs DJP online dan lakukan login ulang dengan memasukkan kata sandi terbaru.
ADVERTISEMENT

Bagaimana Jika Lupa Kode EFIN?

Pada langkah di atas, terlihat jelas bahwa ketika ingin membuat kata sandi baru kamu harus memasukkan EFIN. Lantas bagaimana kalau ternyata kamu juga tak ingat dengan kode EFIN tersebut?
Caranya mudah, kamu bisa menghubungi Kring Pajak atau datang langsung ke KPP terdekat dengan menyiapkan beberapa dokumen pendukung. Adapun beberapa dokumen yang harus kamu siapkan sebelum menghubungi Kring Pajak atau ke KPP setempat ialah sebagai berikut:
  • Nama lengkap Wajib Pajak
  • NPWP
  • Alamat yang terdaftar saat registrasi Nomor EFIN
  • Alamat email dan nomor telepon yang terdaftar
  • Tahun pajak SPT terakhir
Jika melapor lewat Kring Pajak dan seluruh data di atas sudah sesuai, kamu akan menerima email dari [email protected] yang berisi kode EFIN.
ADVERTISEMENT
Sebaiknya simpan kode EFIN, email, dan password DJP Online kamu di tempat yang aman. Hal ini dilakukan agar kamu tak ada masalah yang sama saat melapor SPT dan membayar pajak di tahun selanjutnya.
(ZHR)