Cara Main Crypto bagi Pemula, Begini Tahapan Mudahnya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
22 Juli 2022 14:48
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bermain crypto. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bermain crypto. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia trading, tentu sudah tak asing dengan cara main crypto. Namun bagi pemula, metode investasi yang satu ini mungkin masih baru sehingga perlu pemahaman lebih lanjut mengenai apa saja tahapan yang harus dilakukan.
ADVERTISEMENT
Seperti yang diketahui, uang kripto memungkinkan pemiliknya mendapatkan keuntungan dalam waktu yang singkat. Hal itu tentu membuat siapa pun tertarik untuk terjun di bidang investasi yang satu ini. Kendati demikian, menjadikan kripto sebagai instrumen untuk berinvestasi tak luput dari berbagai risiko.
Untuk itulah, penting bagi setiap pemula mengetahui lebih dalam terkait definisi dan cara main crypto lebih mendalam.

Apa yang Dimaksud dengan Crypto?

Cryptocurrency atau kripto adalah istilah yang familier di bidang investasi. Sebab, jenis aset digital tersebut bisa memberikan keuntungan fantastis dalam jangka waktu singkat.
Ilustrasi jenis-jenis kripto. Foto: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis-jenis kripto. Foto: Pixabay.com
Menyadur buku Ilmu Crypto oleh Belvin Tannadi, crypto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk bertransaksi layaknya mata uang pada umumnya. Akan tetapi, mata uang digital itu hanya bisa digunakan oleh sesama pengguna kripto.
ADVERTISEMENT
Sementara menurut Investopedia, cryptocurrency adalah bentuk aset digital berdasarkan jaringan yang didistribusikan di sejumlah besar komputer. Melalui sistem tersebut, keberadaannya berpotensi di luar kendali pemerintah dan otoritas pusat.
Jenis mata uang virtual itu didukung oleh sistem kriptografi sehingga memungkinkan pembayaran daring yang aman tanpa menggunakan perantara pihak ketiga. Seperti yang diketahui, jenis mata uang kripto dapat ditambang ataupun dibeli dari crypto exchanger. Lebih lanjut, simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Cara Main Crypto

Ilustrasi membeli kripto. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membeli kripto. Foto: Unsplash.com
Untuk memulai bermain crypto, kamu harus memiliki rekening Pedagang Komoditi Aset Kripto atau crypto exchanger. Selanjutnya, kamu bisa melakukan transaksi kripto. Karena kripto bersifat terdesentralisasi atau tanpa perantara, maka transaksi akan berlangsung antara pengirim dan penerima.
Cara Main Crypto bagi Pemula
Bagi pemula, berikut langkah-langkah dasar yang bisa dipraktikkan untuk bermain kripto, dihimpun dari Coin Telegraph dan sumber lainnya:
1. Pelajari aset kripto yang akan dipilih
Pelajari jenis aset kripto yang ada di pasaran. Dengan mempelajari jenis-jenisnya terlebih dahulu, itu dapat memudahkan kamu saat akan mulai bertransaksi kripto.
2. Buka rekening di crypto exchanger
Buka rekening di crypto exchanger atau Pedagang Komoditi Aset Kripto. Nantinya, terdapat berbagai prosedur yang harus dijalankan. Jika berbagai prosedur terpenuhi, kamu bisa memiliki akun untuk bertransaksi kripto.
3. Setor deposit
Setor sejumlah dana ke rekening yang telah dibuka.
4. Pilih jenis kripto untuk mulai berinvestasi
Setelah itu, pilih jenis mata uang kripto yang telah kamu tentukan sebelumnya. Simpan kripto tersebut di Wallet Crypto.
5. Terapkan strategi untuk mencapai keuntungan maksimal
Terapkan strategi yang matang untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Jangan terburu-buru untuk menjual kripto yang kamu miliki. Pun demikian halnya saat kamu ingin membeli aset kripto lainnya. Pastikan kamu memahami pergerakan harga di pasaran untuk mendapatkan keuntungan maksimal.
Itulah uraian mengenai cara main crypto yang dapat dipraktikkan. Dengan memahami tahapan-tahapan di atas, kamu bisa memulai bertransaksi kripto dengan investor lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
ADVERTISEMENT
(ANM)