Cara Mematikan Alarm Token Listrik dengan Aman

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
3 Februari 2022 13:18 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mematikan alarm token listrik. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mematikan alarm token listrik. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara mematikan alarm token listrik perlu kamu ketahui agar tidak mengganggu ketenangan sekitar. Saat ini rumah-rumah warga telah menggunakan sistem listrik prabayar atau disebut sebagai token.
ADVERTISEMENT
Agar listrik prabayar dapat menyala, kamu harus membeli token atau mengisinya terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu dapat mengontrol jumlah biaya listrik per bulan.
Tidak hanya itu, keberadaan alarm pada meteran listrik dapat menjadi pengingat saat listrik sudah menipis, sehingga kamu perlu mengisinya kembali. Alarm itu akan berbunyi dengan suara nyaring dan interval yang dekat.
Suara alarm tersebut kerap mengganggu ketenangan. Sebenarnya kamu bisa mematikan alarm tersebebut. Bagaimana cara mematikan alarm token listrik prabayar yang akan habis? Untuk mengetahui jawabannya, simak uraian berikut ini.

Cara Mematikan Alarm Token Listrik Prabayar yang Menyala

Ilustrasi mematikan token listrik. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Alat meteran listrik prabayar yang umumnya berada di rumah disebut dengan bargainser. Melalui alat ini kamu dapat memasukkan nomor token listrik untuk mengisinya kembali
ADVERTISEMENT
Untuk membeli token listrik kamu bisa melakukannya secara daring melalui niaga elektronik maupun mobile banking. Namun transaksi daring tidak dapat dilakukan pada pukul 23.00 malam sampai 1.00 dini hari.
Dengan demikian kamu tak akan bisa mengisi token listrik jika alarm berbunyi pada tengah malam. Namun, kamu tetap bisa mematikannya dengan mudah dan aman.
Itulah cara mematikan alarm token listrik agar kamu tak terganggu dengan suaranya. Pada meteran listrik bermerek Itron, kode ini mampu menunda suara alarm agar tidak berbunyi selama 5-10 menit. Sedangkan pada meteran bermerek Hexing dan Glomet kode 812 bisa mematikan alarm selama satu jam.

Cara Mengubah Batas Minimal Sisa Daya di Meteran Listrik Prabayar

Selain cara mematikan alarm token listrik prabayar, kamu juga perlu mengetahui cara mengubah batas minimal sisa daya listrik sebelum alarm bunyi.
ADVERTISEMENT
Batas standar minimal dari PLN adalah 20 kwh. Artinya alarm akan berbunyi jika kuota listrik di rumah sudah mencapai angka tersebut. Namun, kuota 20 kwh dinilai masih cukup untuk dua sampai tiga hari ke depan.
Cara mengubah batas minimal sisa daya terbilang mudah. Misalnya kamu akan mengubah menjadi 15 kwh, maka ketik kode 456 dan atur angka kwh yang diinginkan, yaitu 15. Dengan begitu, masukkan kode 45615 dan tekan enter.

Kode Meteran Listrik Prabayar Lainnya

Selain kode untuk mematikan alarm token listrik dan mengubah batasan minimal, ada pula kode lain yang dapat dicoba. Berikut rinciannya:
ADVERTISEMENT
(ZHR)