Cara Mematikan Bunyi Token Listrik agar Tidak Mengganggu

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
24 Januari 2024 10:06 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara mematikan bunyi token listrik. Foto: PLN
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mematikan bunyi token listrik. Foto: PLN
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara mematikan bunyi token listrik perlu diketahui pengguna agar tidak mengganggu masyarakat sekitarnya. Alarm token listrik biasanya berbunyi untuk mengingatkan pengguna bahwa kuota sudah menipis dan perlu diisi.
ADVERTISEMENT
Bagi pelanggan yang token listriknya bunyi, namun tidak tahu cara mematikannya, di bawah ini akan dijabarkan langkah-langkahnya yang bisa dijadikan sebagai panduan.

Cara Mematikan Bunyi Token Listrik

Ilustrasi mengisi token listrik. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Saat ini, mayoritas rumah warga yang menggunakan layanan listrik prabayar dengan sistem pengisian melalui token. Berbeda dengan penggunaan layanan listrik pada umumnya, sistem token listrik dibayar sesuai dengan kebutuhan.
Melalui layanan listrik prabayar, keterlambatan pembayaran yang dapat mengakibatkan pemutusan sambungan dapat segera dicegah. Namun, saat persediaan listrik menipis, terdapat sebuah alarm sebagai pengingat bagi penggunanya untuk segera mengisi token.
Alarm tersebut memiliki bunyi yang berulang. Oleh karenanya, pengguna harus segera mengisi token untuk menghentikan suara alarm tersebut. Selain itu, alarm token listrik yang berbunyi juga bisa dimatikan dengan cara berikut:
ADVERTISEMENT
Pada meteran listrik bermerek Itron, kode ini mampu menunda suara alarm agar tidak berbunyi selama 5-10 menit. Sedangkan pada meteran bermerek Hexing dan Glomet kode 812 bisa mematikan alarm selama satu jam.

Cara Mengubah Batas Minimal Sisa Daya di Meteran Listrik Prabayar

Petugas memeriksa meteran listrik prabayar di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Tegal, Jawa Tengah, Selasa (7/2/2023). Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Selain cara mematikan bunyi token listrik, pengguna sebaiknya juga perlu mengetahui cara mengubah batas minimal sisa daya listrik sebelum alarm bunyi.
Batas standar minimal daya listrik dari PLN adalah 20 kwh. Artinya, alarm meteran listrik akan berbunyi jika daya listrik di rumah sudah mencapai angka tersebut.
ADVERTISEMENT
Namun, kuota 20 kwh dinilai masih cukup untuk dua sampai tiga hari ke depan. Adapun cara mengubah batas minimal sisa daya dalam meteran listrik, yakni sebagai berikut:

Kode Meteran Listrik Prabayar Lainnya

Ilustrasi memasukkan token listrik. Foto: PLN
Selain kode untuk mematikan alarm token listrik dan mengubah batasan minimal, ada pula kode lain yang dapat dicoba. Berikut rinciannya:
ADVERTISEMENT
(NDA)