Cara Membedakan Emas Asli dengan Kuningan Sebelum Berinvestasi

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
23 Maret 2022 14:30
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Illustrasi Emas. Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Illustrasi Emas. Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
Cara membedakan emas asli dengan kuningan tidak terlalu sulit. Bagi kamu yang ingin membeli logam mulia sebagai salah satu investasi, kamu perlu mengetahui beberapa cara membedakan emas asli dengan kuningan.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari website Prudential, emas merupakan pilihan investasi yang praktis dan jangka panjang. Hal ini pun menjadi alasan orang-orang untuk memilih emas sebagai investasi. Selain praktis, investasi emas mudah dicairkan dan memiliki grafik harga yang cenderung naik.
Emas sendiri bisa kamu beli berupa batangan maupun perhiasan. Keduanya bisa kamu jadikan investasi jangka panjang. Mengutip dari PT. ANTAM Tbk, adanya peluncuran 24 desain perhiasan emas oleh perusahaan mereka diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk investasi emas murni. ANTAM sendiri membawa tema “Investasi & Gaya” untuk meningkatkan minat masyarakat dalam investasi emas.
Sebelum memutuskan untuk membeli emas, ada baiknya kamu mengetahui cara membedakan emas asli dengan kuningan. Membeli di tempat terpercaya merupakan salah satu cara terhindar dari emas palsu, tapi kamu perlu mengetahui cara mengecek apakah emas yang kamu beli asli atau palsu. Simak penjelasan berikut ini.
ADVERTISEMENT

Cara Membedakan Emas Asli dengan Kuningan

Illustrasi Emas. Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Illustrasi Emas. Foto: Unsplash.
Cara Membedakan Emas Asli dengan Kuningan
Cara membedakan emas asli dengan kuningan terbilang mudah. Walaupun memiliki warna yang mirip, kamu tetap dapat membedakannya dengan mudah. Mengutip dari PT. Agincourt Resources, kamu dapat mengikuti langkah berikut ini.
1. Perbedaan Warna
Walaupun sekilas memiliki warna yang sama, emas dan kuningan memiliki perbedaan warna yang cukup kentara. Emas memiliki warna kuning yang berkilau sedangkan kuningan memiliki kuning yang kusam dan tidak terlalu mengkilat. Warna kuning yang dimiliki emas pun lebih kuat ketimbang kuningan.
2. Perbedaan Fisik
Untuk menguji perbedaan fisik antara emas dan kuningan, kamu dapat mencobanya dengan menggosokkan keduanya di keramik. Setelah digosok, emas akan meninggalkan bekas keemasan pada keramik sedangkan kuningan akan meninggalkan bekas kehitaman.
3. Kepadatan Logam
Kamu dapat melempar emas dan kuningan secara bersamaan. Bandingkan berat keduanya. Emas memiliki kepadatan yang lebih berat daripada Kuningan.
4. Besaran Karat
Karat merupakan ukuran untuk kemurnian emas. Pada emas murni akan tertulis sebesar 24 karat sedangkan kuningan tidak ada.
5. Cap Permukaan
Kuningan memiliki cap di permukaan berupa kata “brass”. Tidak hanya di permukaan terkadang juga diukir di dalam potongan logam.
6. Harga
Apabila dilihat dari harganya emas asli memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan kuningan. Tergantung tingkat campurannya.
7. Penggunaan Cairan Asam
Salah satu cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan meneteskan cairan asam pada dua logam tersebut. Emas tidak akan bereaksi apa pun pada cairan asam sedangkan kuningan akan memunculkan gelembung kecil.
Setelah dapat membedakan emas murni dan kuningan, kamu bisa memilih emas sebagai investasi jangka panjang kamu. Transaksi emas terbilang cukup mudah dilakukan di mana pun serta membutuhkan modal yang terjangkau. Mengutip dari website CIMB Niaga, berikut beberapa keuntungan apabila kamu memilih emas untuk investasi.

Keuntungan Investasi Emas

1. Nilai Aset Cenderung Stabil
Emas memiliki nilai yang cenderung stabil dikarenakan adanya penawaran dan permintaan di pasar yang jelas. Selain itu, emas tidak hanya menjadi alat investasi tetapi juga perhiasan yang merupakan bagian dari gaya hidup seseorang. Hal ini membuat transaksi emas kuat.
2. Mudah Dicairkan
Emas mudah dicairkan dalam bentuk tunai karena menyerupai tabungan konvensional. Selain itu, emas merupakan logam mulai yang masih diakui keabsahannya, baik itu fisik maupun digital, sehingga mudah dicairkan.
ADVERTISEMENT
3. Bebas Bunga
Emas terbebas dari bunga yang termasuk dalam bagian nilai investasi. Apabila kamu melakukan penjualan emas, harga yang kamu dapatkan sesuai dengan tabungan yang kamu miliki.
4. Dana Darurat
Karena menyerupai tabungan konvensional, semakin banyak kamu menabung emas semakin banyak juga tabungan yang kamu miliki. Investasi emas dapat memperkuat finansial kamu.
5. Melindungi Kekayaan
Harganya yang stabil dan cenderung naik membuat hasil balik penjualan emas dapat melindungi kekayaan seseorang.
Sekian ulasan mengenai cara membedakan emas asli dengan kuningan serta keuntungan berinvestasi menggunakan emas. Pastikan kamu sudah memahami beberapa hal terkait emas agar investasi kamu berlangsung aman. Apakah kamu tertarik untuk mencoba investasi emas?

(NDA)